WHERE TO EAT KOREAN BARBEQUE IN SEOUL

Thursday, June 01, 2017

Judul blog post saya kali ini adalah kata pertama yang juga ada di benak saya waktu pertama kali tiba di Korea. Saya sendiri notabene adalah penggemar berat menu korean barbeque ini, dulu sih di Jogja sempat pernah ada namanya Kangnam tetapi sekarang sudah tutup, letaknya ada di per4an Monjali, ownernya orang Korea asli itu aja menurut aku yang belom perna ngerasain yang bener-bener authentic uda enak banget, tetapi bagi orang Korea asli yang saya ajak makan disana mereka bilang tidak enak, maka dari itu di Korea ini saya ingin mencari yang Korean barbeque yang benar enak.
Di Seoul saya mencoba beberapa tetapi saya hanya akan mereview 3 yang mnurut saya the best dari semua yang saya coba.




  • HWAPO SIKDANG (매장외관)


Yang pertama ini namanya Hwapo Sikdang (매장외관), saya mengetahui restaurant Korean BBQ ini dari teman sayang yang asli orang Korea, dia bilang ini adalah restaurant favorite orang lokal di Seoul, dan bukan spot tourist jadi jarang orang asing yang mengetahuinya. Hwapo Sikdang sendiri punya 3 cabang, dan saya mencoba nya di cabang nya yang ada di daerah Gangnam-gu.










Yang membedakan Korean BBQ disini dengan yang lain yang saya coba di Seoul adalah disini mereka memberikan sea salt dan wasabi untuk pendamping makan dagingnya. Untuk menu semua Hwapo Sikdang tidak ada tulisan Inggris nya mereka mempunyai menu sapi dan babi, saya sendiri sih cuma pasrah kaya sapi ompong, cuma yang pasti dan saya tau yang paling endezz yang pork dan bagian neck n shoulder, dan untuk range harga nya di bobot 150gr - 180gr harganya ₩14,000 - ₩15,000.












































Dagingnya itu lho, tidak alot, empuk, kenyol-kenyol dan super juicy. Mereka memisahkan antara daging dan lemaknya, lemaknya di dibuat campuran untuk memasak dengan bawang putih. Bagi yang suka asin bisa di tambah sea salt dan wasabi jadi lebih asin dan kaya akan rasa. Sepertinya tidak perlu panjang lebar saya deskripsikan biar foto saya yang bicara.. lol
Hwapo Sikdang ini adalah the best Korean BBQ dari smua Korean BBQ yang saya coba di Seoul, bagi yang mencari Korean BBQ kalian wajib masukkan ini ke list pertama kalian.


Hwapo Sikdang (매장외관)
37-3 Nonhyeon-dong, Gangnam-gu, Seoul.

Local Address:
37-3 논현동, 강남구, 서울.

Opening Hours: 11.30am - 12am (daily)

Subway : Hakdong Station, exits 7.

매장외관 Google Maps







  • PALSAEK SAMGYEOPSAL (팔색삼겹살)

Yang berikutnya ini sedikit berbeda dengan Korean BBQ biasanya, di Palsaek daging babinya diolah dengan 8 macam bumbu berbeda, tidak seperti Hwapo Sikdang yang tidak memakai bumbu.




Disini sebelum di grill babinya dibumbui dengan 8 macam bumbu yaitu; ginger, wine, ginseng, pine leaves, herbs, curry, miso paste, and hot paste. Berat total ke 8 macam daging babi itu adalah 600gr, an harganya ₩34,00 sudah plus seafood soup dan berbagai side dish.

Semua daging nya enak dan ke 8 bumbunya cocok dengan daging babi nya. Walaupun semuanya enak, yang menjadi favorite saya gingseng, herb, dan hot paste.


Palsaek Samgyeopsal (팔색삼겹살) 18, Baekbeom-ro, Mapo-gu, Seoul

Local Address:
서울특별시 마포구 백범로 18 (노고산동)

Opening Hours: 11am - 12am

Subway: Sinchon Station (Subway line 2), e
xit 6. 
- Go straight along Baekbeom-ro for about 150m, you will see Palsaek Samgyeopsal (팔색삼겹살) across the street.



Palsaek Samgyeopsal Google Maps




  • HEUKDONGA (흑돈가)
Yang terakhir ini adalah black pig specialist. Black pig adalah babi khas Jeju, yang berukuran kecil dan berwarna hitam dengan bulu yang lembut. Jeju black pig adalah babi yang dulunya diberi makan kotoran manusia sehingga daging nya menjadi lebih juicy dan lebih chewier dan tentunya lebih gurih dibanding babi biasa, tetapi sekarang karena alasan kesehatan dan kebersihan sekarang Jeju Black Pig tidak lagi diberi makan kotoran manusia, sehingga sekarang pun tekstur daging nya tidak seperti dulu lagi.





















Tetapi walapun katanya sudah tidak seenak  dulu tetapi ini sudah enak banget kok, ga kebayang enaknya dulu seperti apa ya waktu masih makan kotoran manusia...
Untuk harganya per 150gr di harga ₩25,000.


Heukdonga (흑돈가 명동직영점)
21, myeongdong 7-gil, jung-gu, seoul
Artnouveau Centum Building B1

Local Address:
04534중구 명동7길 21아르누보센텀 지하1층

Opening hrs: 11am - 12am (daily)

Subway : Myeongdong Station, exit 6 or 7.


흑돈가 명동직영점Google Maps

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe