COFFEE SHOP IN JOGJA THAT YOU SHOULD TRY!! (PART I)

Saturday, April 21, 2018

Setelah beberapa waktu yang lalu saya sempat membuat blog post tentang 10 BEST COFFEE SHOP IN YOGYAKARTA, kali ini saya membuat coffee shop selain "10 terbaik" di dalam list dengan harapan dapat memberikan referensi kalian jika kalian ingin lebih hunting coffee di Jogja. Berikut list nya;

  • MARAVILLE COFFEE
Coffee shop satu ini sudah ada di Jogja dari Maret 2017, termasuk baru ga? Kalaupun tidak Maraville ini belom pernah saya bahas di blog saya. Maraville sering menjadi tempat hinggap saya apabila mencari coffee shop di daerah Jalan Kaliurang, tempatnya lumayan besar dan nyaman, namun jangan terlalu lama nongkrong di sini ya soalnya kursi nya bikin pinggang dan pantat pegal (please diganti, lol).




Favorite saya disini adalah Ice Monokrom yaitu campuran coffee, charchoal, dan susu. Ada varian baru belakangan ini yaitu Blue Velvet, rasanya agak asam karena menggunakan yogurt.

Maraville Coffee
Gang Sitisonya 1B, Jalan Kaliurang KM 5,
Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.
(Gang sebelah McD Jakal ke barat, pertigaan pertama belok kanan)
Opening Hours : 9am - 12am (everyday)
  • BLANCO COFFEE & BOOKS

Dari 10 coffee shop yang ada di daftar saya ini, Blanco adalah coffee shop yang buka paling pagi, coffee shop ini hampir selalu ramai menjelang siang sampai dengan malam saat mereka tutup. Tempat nya walaupun tidak terlalu besar tetapi nyaman, disini kalian juga bisa membaca buku-buku yang lumayan banyak tersedia. Di Blanco selain minuman mereka juga menyediakan pastry yang bisa menemani minum coffee, tetapi disini mereka tidak menyediakan makanan berat.











Blanco Coffee & Books
Jl. Kranggan No. 30,
Cokrodiningratan, Jetis,
Yogyakarta.
Opening Hours : 7am - 12.30am

  • TILASAWA COFFEE
Coffee shop sekaligus roastery yang satu ini termasuk baru dan langsung mencuri perhatian saya. Walaupun tempatnya tidak bisa dikatakan luas tetapi jangan salah, minuman buatan mereka hampir semua enak!


Minuman yang unik dari Tilasawa ini adalah cascara (fermentasi kulit kopi) mereka yang sangat jarang saya temui yang enak di Jogja, cascara mereka disini diberi berbagai flavour seperti pisang, strawberry, peach, dan lain sebagainya. Varian lain minuman mereka yang ga kalah enak adalah kopi susu mereka yaitu cereal coffee dan pine kopi, wajib coba!


Tilasawa Coffee
Jalan Rajawali No. 3a,
Mrican, Yogyakarta.
Opening Hours : 7am - 1am

  • TANAMERA


Saya memutuskan memasukkan coffee shop ini untuk menggantikan coffee shop sebelumnya yang ada di list 10 best coffee shop Jogja yang saya anggap sudah tidak "layak" nongkrong di list ini. Tanamera seperti yang kita semua sudah tau berasal dari Jakarta dan bukan coffee shop sembarangan. Mereka baru saja buka cabang di Yogyakarta yang lokasinya dekat dengan Tugu Pal Putih Jogja.






Favorite saya di sini adalah Cold Brew mereka, ada 3 varian yaitu cold brew, white cold brew, dan white cold brew caramel.

Tanamera Coffee Jogja
Jalan Jend. Sudirman No. 3 (jadi satu dengan Shabu Auce)
Gowongan, Jetis, Yogyakarta.
Opening Hours : 8am - 12am (everyday)

  • COUVEE
Yang ini bukan coffee shop baru ya guys. Bagi warga Jogja, khususnya pecinta coffee siapa sih yang ga kenal coffee ini?! Couvee menurut saya adalah coffee fenomenal yang asli berasal dari Jogja dan sekarang sudah mempunyai 2 outlet, menjamurnya kopi susu akhir-akhir ini pun dilirik pemiliknya untuk ikutan buat kopi susu dan ternyata berhasil, Couvee bisa dibilang menjadi coffee wajib bagi yang ingin mencicipi kopi di Jogja, dan 90% orang yang saya tau dan cobain kopi ini ketagihan, dahsyat bukan? Bagi kalian yg singgah di Jogja harus cobain kopi ini, favorite saya adalah Necta (latte plus honey), Melacca (latte plus palm sugar), dan Java (latte plus condensed milk). Harus coba!!
Coffee shop ini awalnya sebelum mempunyai banyak cabang berlokasi di Jalan Kaliurang, tetapi pusat mereka yang awal sudah tutup dan berpindah tetapi tetapi di Jalan Kaliurang. Lokasi nya yang baru berada di seberang Ayam Hayam Wuruk, dengan tempat yang lebih spacious dan lebih nyaman bila ingin ngopi di sini. Juga di tempat baru mereka ini punya menu makanan tetapi karena saya blom coba, saya belom dapat mereview lebih lanjut.






Couvee
Jalan Kaliurang (seberang RM Hayam Wuruk)
Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Opening Hours : 8am - 11pm (everyday)


*UPDATE*

  • GUDANG KOPI
Coffee shop satu ini berada di lantai 2 salah satu camera shop terlengkap di Jogja yaitu Gudang Digital. Di coffee shop ini juga kadang mereka gunakan apabila Gudang Digital mempunyai acara seperti workshop. Tempatnya tidak terlalu besar namun mereka mempunyai ruangan smoking dan non smoking.








Minuman favorite saya disini adalah Ice Coffee Papandayan nya mereka, yaitu Ice Coffee dengan hint pandan. Guest bean disini kadang juga asik-asik dari roastery terkenal di negara lain. Makanannya pun lumayan disini, layak dicoba.

Gudang Kopi
Jalan Affandi No. 6-8,
Demangan, Yogyakarta.

Opening Hours : 7am - 11pm

  • SAPULU
Bertempat jadi satu dengan bnb The Chendela yang merupakan salah satu bnb kece yang ada di Yogyakarta. Mempunyai hanya beberapa meja tetapi suasana nya yang minimalis dan bar yang simpel membuat coffee shop ini menarik dan cocok untuk nongkrong sore hari.




Untuk soal coffee, mereka punya menu signature yaitu Es Kopi Wedang yaitu es kopi dengan hint rempah-rempah yang tersedia dalam bentuk hot ataupun ice. Campuran coffee dan wedang nya yang balance bagi saya menjadi yang terbaik di Jogja, yang setau saya hanya ada 2 coffee shop yang mempunyai menu minuman kopi campur rempah yang enak.


Sapulu Coffee
Jalan P. Mangkurat No. 10,
Kraton, Yogyakarta.

Opening Hours : 7am - 10pm

  • SEBELAS COFFEE
Coffee shop yang baru buka cabang ke-2 di Jalan Kaliurang ini adalah kopi langganan saya di Jogja. Dari mulai mereka hanya buka di halaman rumah sampai sekarang mereka punya 2 cabang sampai sekarang saya adalah salah satu pelanggan setia mereka.




Hanya ada 3 minuman wajib saya klo order coffee disini yaitu Kaara (salted caramel), Jeeva (condensed milk), dan Neera (palm sugar).

Sebelas Coffee Crafter
Monjali No. 111 (Perempatan Jembatan Teknik)
Kaliurang KM 5 No. 94 (Utara PhotoTalk)

Opening Hours : 8am - 12am

  • RAY COFFEE [PERMANENTLY CLOSED]
Coffee shop terbaru di Jogja ini seperti oasis di antara beberapa coffee shop baru yang bisa dibilang hanya modal tempat bagus tetapi kopi yang mereka sajikan asal-asalan. Bersebelahan dengan cafe bernama "The Canopy" di daerah Kota Baru ini sejatinya tidak terlalu besar, tetapi coffee buatan mereka sebagian besar enak, wajib kalian coba. Minuman favorite saya disini adalah Java Signature yaitu es kopi rempah mirip seperti milik Sapulu di atas tetapi disini rempahnya lebih tidak menonjol.





Ray Coffee
Jalan Abu Bakar Ali 20,
Kota Baru, Yogyakarta.
Opening Hours : 9am - 12am

  • LE TRAVAIL 2.0
Coffee shop ini awalnya terletak di seberang pintu selatan UPN, dan pernah ada di list 10 BEST COFFEE SHOP IN YOGYAKARTA tetapi dengan berat hati tersingkir dari sana. Sekarang mereka punya cabang baru yang bisa dibilang terletak di pusat kota, yaitu di Jalan Adisucipto. Tempat nya modern futuristik kalau aku bilang, bahkan design interior nya membuat serasa mengunjungi coffee shop di luar negri.








Untuk menu kopi nya saya lihat tadi sama dengan lokasi pertamanya yang di belakang UPN. Menu signature mereka yang saya suka itu White Cookie, BL, dan Letralatte. Cobain deh!


Le Travail 2.0
Jalan Laksda Adisucipto (Sebelah Bank Permata Syariah)
Yogyakarta.
Opening Hours : 12pm - 11pm (daily)

  • SAORSA
Coffee shop ini dulu sempat tutup sementara kemudian setelah selang beberapa waktu mereka buka kembali di tempat baru dengan nuansa yang hampir sama dengan tempat terdahulunya. Dan mereka sekarang mempunyai 2 cabang, yang pertama dinamakan Saorsa Selatan dan cabang kedua mereka berada di daerah Condongcatur. Coffeeshop ini sudah saya bahas di post tersendiri.








Saorsa Selatan
Jl. Nitiprayan RT 01,
Bantul, Yogyakarta.
Opening Hours : 12pm - 12am (daily)

  • KOPI HOJA
Berlokasi di kawasan stadion Mandala Krida bersebelahan dengan kedai Mie bernama Mie & Yu, coffee shop ini mematahkan asumsi kebanyakan orang kalau coffee shop yang bagus itu harus mempunyai area yang luas.

Mereka menawarkan menu kopi susu yang sedikit berbeda dengan kebanyakan coffee shop sejenis. Favorite menu kopi susu saya disini adalah Earl Gray Moon & Star dan menu non kopi favorite saya adalah Matcha St. Ocean. Jajaran beans manual brew mereka juga tidak main-main, buktinya waktu saya mencoba saat mereka buka di awal mereka punya beberapa beans dari roastery terkenal asal Australia.
Sekarang mereka berpindah tempat ke Jln. Agro No. 5A jadi satu dengan Mie & Yu.

Kopi Hoja
Jl. Agro No. 5A,
Kaliurang, Yogyakarta.
Opening Hours : 9am - 10pm (daily)
  • TSUDZUKU.CO
Tsudzuku yang berarti to be continued (bahasa Jepang kali ya) termasuk salah satu pendatang baru dalam dunia coffee shop di Jogja. Sesuai namanya yang berbau Jepang, ambience dari coffee shop ini juga bernuansa ke-Jepang2-an.








Untuk menu coffee nya nothing special ya. Saya suka tempat nya sih yang punya ruangan indoor dan outdoor, tidak terlalu spacious tp nyaman.

Tsudzuku
Jl. Kusumanegara (barat taman makan pahlawan)
Yogyakarta.
Opening Hours : 8am - 10pm

  • PRETTY ODD COFFEE BAR
Yang satu ini coffee shop yang belakangan ini sering saya sambangi, karena yang pertama kopi nya enak dan bervariasi dan yang kedua buka sampai malam. Selain menu kopi susu dan manual brew mereka enak, mereka juga punya menu coffee mocktails yang unik dan pastinya enak!




Coffee shop ini masih berhubungan dengan Ruang Seduh Jogja, tetapi menu nya sudah jelas berbeda satu sama lain. Must try menu coffee mocktails mereka yang juga jadi favorite saya adalah Espresso Old Fashioned dan Stop Me If You Think You've Heard This One Before (ribet ya namanya? lol).

Pretty Odd Coffee Bar
Jl. Nogopuro No. 35 (di depan Hotel Paku Mas)
Sleman, Yogyakarta.
Opening Hours : 10am - 10pm

  • IMBA COFFEE
Coffee shop sekaligus roastery yang satu ini sebenarnya bukan pendatang baru di dunia coffee shop di Jogja, tetapi baru saya masukkan kali ini karena setelah renovasi tempatnya jadi makin cozy dan saya suka, selain itu menu coffee mereka tambah bervariasi sehingga makin banyak pilihan kalau mau ngopi disini.





Imba Coffee
Soropadan, Condongcatur,
Yogyakarta.
Opening Hours : 10am - 12am (daily)
  • KALA COFFEE & SOCIETY
Termasuk new coffee shop baru yang terletak di bagian utara Jogja. Coffee shop 2 lantai ini sebenarnya mempunyai design yang simpel tidak banyak yang dapat saya bicarakan, hanya coffee nya yang membuat saya datang kembali ke tempat ini.






Kala Coffee & Society
Jalan Damai No. 111,
Sleman, Yogyakarta.
Opening Hours : 9am - 11pm (daily)

  • TIGA ROEPA
Tidak hanya coffee shop, Tiga Roepa ini juga merupakan galeri seni. Ruangan outdoor nya dikelilingi berbagai tumbuhan sehingga walapun mereka buka mulai jam 2 siang, cuaca panas pun dapat sedikit teratasi. Hanya saja bila malam datang bersiap-siaplah menghadapi serangan serangga. Di sini kalian juga bisa melihat langsung pembatik yang sedang berkarya. Disini selain coffee nya yang enak, camilannya pun ga kalah enak nya.








Tiga Roepa
Pandega Marta Raya No. 43
Yogyakarta
Opening Hours : 2pm - 10pm (daily)

  • SATU LOKASI
Salah satu coffee shop baru di kota Jogja yang masuk kategori harus kalian coba berikutnya adalah satu lokasi. Letaknya di daerah Kota Baru, di belakang rumah sakit Bethesda.




Minuman favorite saya disini antara cappuccino atau picollo, sedangkan coffee mocktail nya saya kurang begitu suka. Coffee shop ini buka mulai pukul 7 pagi, cocok bagi kalian yang ingin ngopi sehabis berolahraga pagi.

Satu Lokasi
Jalan Sareh No. 5,
Kota Baru, Yogyakarta.
Opening Hours : 7am - 10pm (daily)
  • LARS HEADQUARTERS
Bukan coffee shop baru, hanya saja tempat nya yang baru. Sebelum pindah di tempatnya yang sekarang saya jujur belom pernah mampir ke coffee shop ini, setelah mereka pindah baru kemarin saya berkesempatan mencoba coffee shop ini dah ternyata coffee nya enak. Waktu itu saya memesan hot cappuccino.




Lars Headquarters
Gg. Ratih No. 28, Gandok,
Sleman, Yogyakarta.
Opening Hours : 7.30am - 11pm (daily)

  • SANGU COFFEE [PERMANENTLY CLOSED]
Sama dengan coffee shop di atas, Sangu Coffee ini juga bukan coffee shop baru tetapi hanya tempatnya saja yang baru. Coffee shop ini terkenal dengan kopi susu dipadukan dengan roti semir polos, cara makannya roti nya disobek lalu dicelupkan ke kopi susu nya tapi terserah kalian juga sih mau dimakan dengan cara apa. Ga hanya itu coffee mocktails disini juga enak-enak, hampir semua minuman disana yang aku cobain ga ada yang aku ga cocok.


Tempat nya walapun tidak terlalu besar tetapi banyak ijo-ijoannya karena mereka juga sembari menjual tanaman, setiap hari Sabtu dan Minggu mereka juga ada menu soto. Yang asik lagi dari coffee shop ini letak nya bersebrangan dengan Mie Banteng (warga Jogja pasti tau apa ini), bisa kalian numpang makan disini sambil makan mie Banteng tapi jangan lupa jajan, ga hanya numpang makan doang ya.

Sangu Coffee
Jalan Banteng Utama No. 30A,
Sleman, Yogyakarta.
Opening Hours : 8am - 8pm (Mon Closed)

  • COSAN
Coffee shop terbaru dan jadi favorite akhir-akhir ini, bukan cuma karena coffee nya enak-enak tapi mereka punya cookies yang enak bahkan jadi salah satu cookies terenak di Jogja. Di coffee shop ini tersedia ruangan indoor dan outdoor, di indoor nya ada meja panjang yang biasanya dipilih orang yang datang kesini untuk nugas sedangkan meja-meja yang muat sekitar 4 orang untuk ngobrol yang letak nya agak berjauhan sehingga tidak menganggu bagi mereka yang sedang nugas.










Sekarang mereka punya menu special Christmas yaitu Mr. Grinch (matcha tonic) dan Chai Latte, saya lebih menyukai Mr. Grinch nya di banding Chai Latte karena minuman ini unik, mirip dengan sparkling matcha punya Sangu Coffee tetapi versi mereka lebih creamy. Dan mereka punya menu Oat Latte menggunakan Oatly Milk sehingga latte kalian menjadi vegan dan sepertinya satu-satunya coffee shop yang menyediakan susu jenis ini di Jogja.

Cosan
Jalan Kaliurang KM 5, Gg. Srinindita No. 8 Kocoran,
Sleman, Yogyakarta.
Opening Hours : 8am - 10.30pm (daily)

  • SPACE ROASTERY at CRONICA
Salah satu coffee shop yang ada di daftar 10 BEST COFFEE SHOP IN YOGYAKARTA buka cabang baru yang juga tidak jauh dari pusatnya, tetapi cabang mereka yang baru punya tempat yang lebih spacious sehingga lebih nyaman buat nongkrong ataupun nugas karena tempatnya yang baru ini juga merupakan creative workspace. Untuk coffeenya bisa kalian lihat di blog post saya tentang 10 Best Coffee Shop in Yogyakarta.






Space Roastery at Cronica
Jalan AM. Sangaji No. 62,
Yogyakarta.
Opening Hours : 7am - 11pm (daily).
  • CUENA
Coffee shop yang satu ini bisa dibilang unik, kenapa unik? Yang pertama coffee shop ini letak nya di samping rumah, dan walaupun space nya tidak terlalu besar mereka bisa memanfaatkannya menjadi sebuah coffee shop yang minimalis namun artistik.





Jika ngopi disini kalian akan disajikan hamparan sawah yang membentang layaknya di Ubud, dan juga di bagian selokan di bersihkan hingga dapat digunakan untuk memelihara ikan. Di coffee shop ini juga punya menu makanan yaitu burger, tetapi sayangnya saya belum sempat mencobanya, dan pasti apabila saya berkunjung kesini lagi akan saya cicipi.

Cuena Coffee House
Perumahan Darussalam III No. C14,
Jetis, Wedomartani, Yogyakarta.
Opening Hours : 8am - 8pm (Mon Closed)

  • COLDHEART BEC
Saya lebih prefer menyebut mereka sebagai experimental bar, tetapi karena mereka mempunyai menu coffee baik coffee mocktail maupun kopi susu maka saya memasukkan nya ke salah satu  coffee shop terbaik di Jogja. Sama dengan pusatnya yang di Jakarta, Coldheart cabang Jogja ini juga merupakan bagian dari M Bloc yang berlokasi di dalam Jogja National Museum.






Jika ditanya minuman apa yang favorite disini saya akan kesulitan menjawab, karena disamping banyaknya pilihan menu disini saya memesan minuman berdasarkan sedang ingin minum minuman yang seperti apa di hari itu, sedang ingin minum yang asam yang manis atau yang mengandung coffee kita tinggal langsung konsultasikan dengan bartender nya. Enak nya lagi disini mereka mempunyai pilihan mocktail (no alkohol) dan cocktail (with alkohol), untuk alkoholnya mereka collab dengan brand lokal asal Bali bernama Twalen.

Coldheart BEC
JNM Bloc Jalan Prof. DR. Ki Amri Yahya No. 1,
Wirobrajan, Yogyakarta.

  • SIMETRI COFFEE ROASTERS

Yang terakhir ini juga sangat baru di Jogja, Simetri juga merupakan cabang dari Jakarta seperti layaknya Ruang Seduh. Untuk soal coffee nya enak dan saya suka, dari yang single origin dengan beans dari berbagai daerah, milk base, sampai speciality coffee mereka seperti smores mocha, coco spro, fat lime americano, dan lain sebagainya. Owh iya mereka juga punya menu makanan yang lumayan lengkap. Tempatnya besar dan terletak di pusat kota, walaupun menurut saya untuk masalah harga tergolong pricy untuk kota Jogja.






My favorite here is Fat Lime Americano, adalah campuran antara cola, espresso, dan jeruk nipis! Seger dan kopinya dapet banget.


Simetri Coffee Roastery
Jl. Sabirin No. 20,
Kotabaru, Yogyakarta

  • RUANG SEDUH JOGJA [PERMANENTLY CLOSED]

Ruang Seduh Jogja atau disingkat RSJ ini adalah cabang dari Ruang Seduh yang sudah terlebih dahulu buka dan terkenal di Kemang, Jakarta. Untuk nuansa cafe nya hampir sama dengan yang di Jakarta yaitu bernuansa putih-putih, cuma di Jogja tempatnya lebih kecil, walaupun lebih kecil tetapi tetap aja nyaman dan cozy. Speciality di RSJ adalah single origin bean dari berbagai daerah bukan hanya dari Indonesia tetapi dari daerah di luar Indonesia.











My favorite here is single origin nya sih apapun yang pas sama mood di hari itu.. lol


Ruang Seduh Jogja
Arkadia, Jalan Prawirotaman I / 16,
Yogyakarta.

  • PITUTUR KOPI
Pitutur Kopi sebenarnya bukanlah coffee shop baru di Jogja, mereka sudah ada kira-kira sejak tahun 2016, tetapi jujur walaupun lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal saya tetapi saya baru mencobanya belum lama ini.














Pitutur mempunyai ruang yang amat cozy, pengunjung dipersilahkan melepas alas kakinya sebelum masuk ke bagian indoor mereka, itu untuk mejaga agar ruangan tetap bersih dan kita berasa nyaman seperti di rumah sendiri. Selain indoor, mereka juga mempunyai ruang outdoor yang cukup nyaman.
Untuk masalah coffee nya, favorite saya disini adalah Es Kopi Susu mereka yang bernama Mandaka. Mandaka adalah es kopi susu dengan flavour bunga mawar di dalam nya. Mereka juga punya homemade cake yang mereka sebut olahan rumah, dan favorite saya adalah cheesecakenya.
*UPDATE*
Untuk saat ini Pitutur sudah pindah ke lokasi baru di sebelah utara Jogja, dan untuk saat ini mereka hanya menyediakan manual brew dengan bean-bean roasting an mereka sendiri, dan untuk jam buka juga belum ada jadwal tetap. Untuk mengetahui opening hours nya langsung cek Instagram mereka (@pituturkopi) ya, dan lokasinya juga sudah ready di Gmaps. Untuk rupa Pitutur saat ini kira-kira seperti ini;







Pitutur Kopi
Jalan Sumber Waras No. 120,
Panggung Sari, Sleman,
Yogyakarta.
***

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe