5 BEST COFFEE SHOP IN YOGYAKARTA

Saturday, April 15, 2017

Di kota kita tercinta Yogyakarta ini kian hari makin marak bermunculan coffee shop baru yang makin menambah pilihan kita untuk menikmati coffee setiap hari nya. Walaupun banyak muncul coffee shop baru yang menawarkan berbagai keunggulan sehingga dapat mencuri perhatian para penikmat coffee di Jogja, tetapi pemain lama di dunia coffee shop Jogja tetap mempunyai konsep yang kuat dan coffee yang enak sehingga tetap tidak tergantikan di hati konsumen setianya. Saya sendiri hanya tidak bisa membuat coffee, hanya sekedar penikmat coffee, di bawah akan saya berikan sedikit 10 best coffee shop di Jogja, semoga bisa menjadi refrensi para penikmat coffee yang ingin menikmati coffee enak di Jogja dengan tempat yang juga cozy, cozy disni tidak harus besar tetapi nyaman untuk nongkrong atau hanya sekedar mengobrol dengan teman. 10 coffee shop ini bukan hanya menyajikan coffee yang enak tp juga konsisten dalam hal rasa dan pelayanan sehingga kapanpun kita berkunjung ke coffee shop tersebut kita juga akan selalu dimanjakan dengan coffee enak buatan mereka.

This is it, 5 best coffee shop in Yogyakarta :

  • EPIC COFFEE


Coffee shop yang satu ini adalah pemain lama di dunia coffee di Jogja, walapun bukan coffee shop baru tetapi Epic Coffee tetap ramai di datangi oleh masyarakat dari Jogja dan luar kota, bukan hanya untuk sekedar menikmati coffee nya tetapi juga untuk yang hobi berfoto tempat ini dikarenakan banyaknya tumbuhan hijau dan tempat nya yang luas, Epic yang di bagian belakang nya juga merupakan toko furniture dan ada ruang khusus untuk me-roasting sendiri coffee nya.













Epic mempunyai konsep yang kuat untuk coffee shop, dengan coffee nya yg enak dan ada berbagai macam makanan dari mulai makanan ringan hingga makanan berat dan dessert, hanya yang kurang dari coffee shop ini adalah tidak ada nya pendingin ruangan / AC sehingga apabila cuaca sedang sangat panas maka di coffee shop ini juga akan terasa panas juga.

My favorite here is Hot Piccolo with Metis Espresso Blend.



Epic Coffee
Jl. Palagan Tentara Pelajar No. 29 KM 7.5,

Sariharjo, Ngaglik, Sleman,
Yogyakarta.

  • KLINIK KOPI

Coffee shop satu ini sekarang berhubungan erat dengan suatu film asli Indonesia, penggemar ato minimal orang sudah nonton film Ada Apa Dengan Cinta 2 pasti tau Klinik Kopi ini. Kopi yang mereka tawarkan hanya single origin, tidak menediakan yang milk base, dan setahu saya kebanyakan menggunakan metode V60.







Klinik Kopi ini yang sebelumnya sudah ramai, semakin ramai sekarang karena mereka sempat muncul di adegan AADC  2. Di Klinik Kopi mereka mempunyai berbagai macam beans arabica pilihan dari seluruh Indonesia seperti Blue Batak, Bajawa, Papua, dan lain sebagainya. Kebanyakan mereka memperoleh bijinya dengan cara datang langsung ke daerah yang dituju dan ikut dalam proses produksinya.
Proses untuk order di coffee shop ini adalah pertama datang kalian akan diberi nomor antrian, sambil menunggu antrian kalian bisa bersantai di coffee shop nya yang sejatinya itu adalah rumah Mas Pepeng, sang pemiliknya. Setelah tiba giliran kalian akan langsung disapa oleh Mas Pepeng, sang owner dan kalian akan ditanya sedang ingin coffee seperti apa dan karakteristik seperti apa, dan dengan senang hati Mas Pepeng bakalan memilihkan biji kopi yang cocok untuk kalian, dan asiknya disini selama mereka membuat kopi kalian bisa sambil mengobrol dengan Mas Pepeng, dan proses inilah kadang yang membuat antriannya jadi lebih lama. 😅

My favorite here is Yellow Caturra Bajawa & Arabica Ibu Nur Koto Baru.


*UPDATE*
Untuk saat ini Klinik Kopi yang biasanya buka pada sore hingga malam hari, kini mereka buka di siang hari bersama Dapur Tetangga, dengan menu yang lebih beragam, tidak hanya manual brew, kini mereka punya milk tea hingga kombucha.
Awalnya ku sempat sedikit bingung mau memasukkan tempat ini ke dalam coffee shop atau tidak. Dapur tetangga ini adalah side project dari klinik kopi milik Mas Pepeng yang dikelola oleh istrinya, lokasi nya pun terletak persis di sebelah Klinik Kopi hanya Dapur tetangga ini buka pagi hingga siang hari.




Menu unggulan dari Dapur Tetangga ini adalah bermacam jenis cake seperti cheese cake, banana cake, chocolate cake, dsb. Selain itu mereka juga punya minuman coffee dan non coffee. Favorite minuman saya disini itu Lemon Soda mereka, sekilas mirip dengan buatan % Arabica, so refreshing! Kalian juga bisa memesan kopi milik klinik kopi ya disini.


Klinik Kopi x Dapur Tetangga
Jl. Kaliurang KM 7.5, Gang Madukoro (sebelah utara gardu PLN),
Sinduhardjo, Ngaglik,
Yogyakarta.

  • TEKOFF

Yang ini bisa dibilang baru banget di Jogja, saat saya tulis ini mereka baru buka kira-kira 1 mingguan. Pertama saya coba saya langsung suka coffee buatan mereka, dan saya masih peansaran dengan konsistensi coffee mereka, beberapa hari setelahnya saya mencoba nya lagi dan ternyata masih tetap enak!
My favorite here is flat white.


Tekoff
Jl. Sagan Timur GK V 1053 B,
Terban, Yogyakarta.

  • SPACE COFFEE ROASTERY 
Merangsek masuk ke deretan 10 best coffee shop menggantikan coffee shop terdahulunya yang saya anggap sudah tidak layak menjadi 10 coffee shop terbaik di Yogyakarta. Setelah merombak cafe nya sedikit, kini Space Coffee Roastery menjadi semakin nyaman, dan menjadi favorite saya jika ingin ngopi di luar.


Coffee shop ini pernah saya masukkan ke blog post "COFFEE SHOP IN JOGJA THAT YOU SHOULD TRY" tetapi sudah saat nya saya pindah ke sini. Apa yang membuat coffee shop ini layak masuk ke sini, yang pertama bean-bean yang mereka roasting almost semua saya suka. Entah itu bean lokal ataupun bean impor, mereka roasting sehingga menghasilkan bean yang disukai banyak orang termasuk saya. Mereka punya bean signature yang mereka namakan Halu Pink Banana layak kalian coba jika berkunjung ke sini. Tidak hanya manual brew, mereka juga mempunyai menu kopi susu dan kopi botol yang hampir semua saya suka, terlebih lagi Kopi Susu Geisha (kopi susu dengan hint lavender, bergamot, dan lime).
Apalagi beberapa waktu belakangan ini mereka punya menu makanan yang ga kalah enak, ada beberapa jenis dan yang menjadi favorite saya adalah Wagyu Mentai Don. Lengkap sudah kalau mau nongkrong disini, mau ngopi sudah pasti enak kalau lapar tinggal pesan menu makanannya yang ga kalah enak nya.
 
Space Coffee Roastery
Gg. Loncang No. 88,
Rogoyudan, Sinduadi, Yogyakarta.

  • TOKO KOPI OETAMA
Coffee shop yang tergolong baru bahkan bisa disebut sangat baru ini dulunya bernama moody coffee. Mereka buka dengan nama baru dan lokasi yang baru namun dengan menu yang lebih beragam, dari white kopi, mocktail coffee hingga minuman non coffee. Selain minumannya banyak yang enak, tempat nya juga bagus ala-ala coffee shop di Chiang Mai.











Tidak butuh waktu lama untuk saya memasukkan nya ke dalam list 10 Best Coffee Shop in Yogyakarta, karena mereka punya menu mocktail yang juga merupakan yang terbaik in town dan setelah beberapa kujungan saya ke sana mereka cukup konsisten. Mereka juga mempunyai menu makanan berat tetapi saya tidak tertarik untuk mecobanya. Good job Toko Kopi Oetama, semoga betah ada di dalam blog post ini.

Toko Kopi Oetama
Jalan Mayjend Sutoyo No. 36,
Mantrijeron, Yogyakarta.


Sekiranya itu 5 best coffee shop yang saya buat di bulan Juli 2022. Ada perubahan yang cukup besar di update kali ini dimana saya yang biasanya memasukkan 10 coffee shop terbaik di Jogja kali ini saya mengerucutkan menjadi 5 saja, kenapa? Ada beberapa alasan, yang pertama ada beberapa coffee shop yang mempunyai tipe yang sama sehingga saya hanya memilih satu yang terbaik di antaranya, faktor lainnya ketidak konsistenan mereka. Waktu saya coba dalam waktu dekat ini kopi nya sudah tidak seenak dulu lagi entah karena bean yang mereka gunakan ganti atau karena faktor lain yang saya tidak perlu mencari tahu. Faktor terakhir mencari 10 coffee shop terbaik di Jogja adalah sesuatu yang sulit bagi saya, banyak yang tidak sesuai dengan kriteria-kriteria yang saya inginkan, jadi ya sudahlah 5 saja lebih baik.
Jika saya ditanya akankah tahun depan akan menjadi 10 lagi? Ya tergantung coffee shop yang ada di Jogja ya, kan saya hanya mereview. lol

***

You Might Also Like

3 comments

  1. Kak diantara cafe yg kakak sebutin.ada mushollanya yg mana ya? Tengkyu

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Subscribe