KOREA STREET FOOD YOU MUST TRY IN SEOUL

Tuesday, June 13, 2017

Seperti halnya negara lain, Korea juga mempunyai street food yang sangat banyak jenisnya dan Korea street food sudah terkenal bukan hanya di negara Korea sendiri, tetapi juga terkenal di negara lain. Korea street food adalah salah satu dari street food favorite saya dan seperti halnya street food lain, di negara asalnya Korea street food jauh lebih enak daripd yang di jajakan di luar Korea, oleh karena itu kalian wajib cobain Korea street food di Koreanya langsung walapun kalian sudah pernah mencobanya di negara lain.
Berikut ini saya akan mereview beberapa Korea street food yang harus kalian coba kalau berkunjung ke Korea;
  • Tteok-bokki (떡볶이)











Untuk street food yang pertama ini pasti kita semua sudah mengetahuinya, karena makanan asli Korea ini sudah sangat terkenal dan bisa kita temukan di negara lain selain Korea, yap makanan ini namanya tteok-bokki. Nama lain dari tteok-bokki adalah stir-fried rice cake, makanan ini terbuat dari tepung beras berbentuk panjang, silinder dan berwarna putih dan dimasak dengan saus gochujang atau chili paste dan biasanya dimasak dengan fish cake, telor dan daun bawang. Rasanya dari tteok-boki ini adalah pedas, manis dan gurih. Kalian tidak akan kesulitan mencari street food satu ini, banyak dijual dibeberapa sudut kota Seoul.




  • Odeng (오뎅)
Odeng atau yang biasa juga disebut fish cake (eomuk) ini merupakan makanan asli Korea tetapi makanan ini namanya terinspirasi dari makanan dari Jepang yang bernama oden.




Eomuk terbuat dari ikan yang dihaluskan dan campur dengan tepung terigu, dan di rebus bersama dengan eomuk-tang (fishcake soup) sehingga rasanya gurih, pedas, dan teksturnya kenyal. Fishcake ini disajikan bersama dengan kuah yang di sajikan dalam segelas cup kecil dari kertas. Odeng ada juga yang di masak menggunakan saus gochujang seperti layaknya tteok-bokki.





  • Corn Dog





Yang ini sejatinya bukan merupakan makanan asli Korea, Sosis yang berbalut tepung ini entah mengapa banyak sekali stall makanan di Korea yang menjual makanan ini, cuma di Korea mereka ada yang memodifikasi corn dog dengan balutan kentang di luar nya lalu digoreng bersama, supaya lebih kenyang kali ya. lol

  • Gimbap (김밥)




Gimbab atau kadang disebut Kimbab ini adalah makanan favorite saya selama di Korea, foto nya pun sampai berjibun memenuhi memory kamera saya, karena terlalu sering nya jajan ini makananan. Gimbab yang saya coba di korea sangat amat jauh berbeda dengan gimbab yang selama ini pernah saya makan, di Korea gimbab nya super duper enak! Tidak hanya di pinggir jalan, mereka juga mempunyai stall khusus di station-station tertentu yang khusus menjual gimbab, di restaurant pun yang menjual makanan khas Korea pasti mempunyai menu gimbab ini.
Gimbab terbuat dari nasi yang sudah dimasak, diroll dengan rumput laut, dan umumnya berisi danmuji or yellow pickled radish, ada juga yang diberi kimchi. Untuk gimbab original biasanya hanya danmuji atau kimchi isinya, tetapi sekarang mereka mengembangkannya dengan mengisi gimbab memakai berbagai macam varian bermacam-macam daging atau ikan.

  • San-nakji (산낙지)



Yang satu ini bagi orang yang tidak suka makanan mentah semacam sushi dan sashimi mungkin bisa tergolong kuliner extreme. San-nakji adalah baby octopus yang cara penyajiannya dalam keadaan hidup langsung diambi dari aquarium kecil yang biasanya terletak di depan stall penjualnya dan langsung di potong menggunakan pisau tajam, pertama dipotong kepalanya dahulu, lalu bagian kepalanya dibuang (tidak ikut disajikan), lalu tentakelnya di potong kecil-kecil, sehingga waktu disajikan tentakelnya masi dalam keadaan bergerak-gerak, lalu diberi sesame oil dan di taburi sesame seeds.
Cara memakannya harus dikunyah dl agak lama supaya lebih lembut sehingga mudah ditelan, sewaktu dimakan jangan geli ya waktu ada sensasi gerak-gerak atau tentakelnya lengket2 di lidah atau langit2 mulut ya, untuk rasanya? Rasanya sangat gurih dan manis seperti kalau kita makan sashimi, mungkinkarena baby octopus nya jg sangat fresh.
Untuk lebih jelasnya langsung lihat di IG aku aja ya, kmrn aku sempat ada upload video tentang san-nakji. Untuk san-nakji ini aku hanya menjumpainya di Gwangjang Market (광장시장)





  • Bindae-tteok (빈대떡)





Bindae-tteok atau nama lainnya mung bean pancake. Bindae-tteok adalah sejenis pancake yang terbuat dari kacang hijau yang digiling, lalu di tambah sayuran dan (beberapa) daging lalu digoreng dengan minyak. Selain mung bean (original) ada juga jenis lain, seperti seafood.







  • Gyeran-bbang (계란빵)



Gyeran-bbang adalah Korean street style egg bread. Sebenarnya simpel, Gyeran-bbang adalah roti dengan rasa dominan manis dengan telor diatasnya menghasilkan rasa yang manis dan asin, gurih jadi satu. Ada beberapa juga yang menambahkan bacon sebagai pelengkap.


  • 32cm Ice Cream

32cm ice cream ini unik dan iconic banget sama yang namanya Korea dan saya menjumpainya ada beberapa yang menjual ice cream ini di daerah Myeongdong. Softserve dengan berbagai pilihan rasa ini harganya ₩3,000 dan awalnya saya berfikir hanya tampilannya saya yang unik dan menarik, tetapi ternyata rasanya juga enak.


  • Sundae (순대)




Sundae atau blood sausage biasanya disajikan bersama jerohan babi. Blood sausage bisa dibilang lebih mirip dengan sosis babi tetapi didalam nya berisi nasi, darah babi, pasta kacang kedelai yang difermentasi, dan daun bawang. Rasa dari sundae ini gurih.

  • Dakgangjeong (닭강정)


Dakgangjeong atau Korean fried chicken adalah ayam yang dimasak dengan tepung, deep fried dan dibalut saus yang rasanya manis dan pedas. Ada beberapa penjual yang menjual potongan ayam ada juga yang menjual hanya chicken wings nya saja. Di resto-resto yang ada di Indonesia sudah mulai banyak bermunculan Korean fried chicken semacam ini, tp tidak ada salahnya mencoba yang street food version kan?


  • Bacon Wrapped Sausages & Seaweed Wrapped Sausages

Kedua makanan ini pada dasarnya sama, berbahan dasar sausages/sosis tetapi yang satu dibalut dengan bacon dan di goreng dan yang satunya dibalut dengan tepung dan rumput laut lalu digoreng.


  • Steamed Octopus Legs
Seperti san-nakji tetapi yang ini bukan baby octopus, melainkan octopus dewasa. Dan ini sudah di masak dengan cara di steam terlebih dahulu baru disajikan, mungkin bagi yang geli dengan san-nakji bisa beralih ke street food ini.. 


  • Steamed Corn


Jajanan tepat bila udara di Korea lagi dingin, di rebus begitu saja tanpa bumbu. Rasa manis asli dari jagung lokal menjadi daya tarik nya, apabila ingin rasa tambahan mereka biasanya menyediakan bumbu penambah asin atau manis.


  • Flower Gelato
Flower ice cream ini sangat populer di daerah Myeongdong, dan stall nya yang bernama Gelato De La Rosa tidak pernah sepi pembeli. Mereka sudah menyiapkan berbagai kombinasi warna(rasa) sehingga pembeli tidak perlu menunggu lama ketika memesan. Sama halnya dengan 32cm ice cream, flower gelato tidak hanya menarik tetapi juga rasanya enak, entah mengapa semua ice cream yang saya makan di Korea enak-enak semua.


  • Cheese Butter Baked Scallop

Fresh Scallops bahkan mereka baru membuka scallop nya secara langsung sebelum diberi mozarella dan cheddar diatasnya lalu di torch. Gurih, asin, manis dari fresh scallopnya.



  • Mandu (만두)


Mandu adalah versi Korea dari Dumpling/Pangsit. Mandu ada beberapa versi, apabila digoreng bernama mul-mandu, jika di steamed bernama jjin-mandu, dan apabila di rebus berana mul-mandu. Biasanya mandu disajikan bersama kuah gurih.


  • Korean Chicken Skewer

Korean Chicken Skewers ini enak banget lho, potongan ayam yang empuk banget tanpa tepung di masak dengan saus kecap dan gurih, bumbunya meresap lalu ditusuk dan disajikan hangat. Rasanya manis, gurih, dan kebanyakan versi ini tidak pedas.


  • Cabbage Omelette Pancake
Savoury pancake dengan isi bacon or chicken, cabbage dibungkus dengan kulit pancake, lalu diatasnya dibeli telor cepok, lalu diberi sauce dan mayonaise.


  • Sausage with Cheese


Seperti halnya bacon wrapped sausages dan bacon wrapped yang satu ini juga berbahan dasar sosis, tetapi yang ini mereka mengisi nya dengan keju. Yumz!


  • Binggrae Banana Milk
Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Susu rasa pisang merk Binggrae ini selain bentuk itu juga ada yang berbentuk kotak, dan banyak dijual di online shop di Indo. Mumpung di negara asal dari susu pisang ini, puas-puasin deh daripada waktu di Indo mesti beli lewat online shop.. lol


  • Korean Strawberry
Selain Jepang, Korea juga terkenal dengan strawberry nya. Strawberry yang berukuran lumayan besar dengan rasa yang manis dan hanya sedikit berasa kecut nya, bahkan cenderung tidak kecut sama sekali. Se-pax strawberry dihargai ₩5,000 dan dapat ditemui di beberapa sudut Seoul, apalagi di Myeongdong area.


  • Strawberry Red Bean Mochi


Selain dijual alami dalam bentuk buahnya langsung, Korean strawberry juga dijual dengan "di-modif" terlebih dahulu. Strawberrynya di balut dengan mochi yang didalamnya di beri red bean.


  • Blood Sausages with Gochujang Sauce


Bagi penggemar blood sausages, kalian wajib coba yang pakai gochujang sauce. Yang ini lebih berasa dibanding yang versi original yang rasanya hanya gurih dan sedikit asin.





  • Myeongdong Croquette (명동 고로케)


Croquette yang terletak di depan Myeongdong Cathedral tidak sengaja saya temui, karena penasaran dengan adanya antrian panjang di sebuah outlet makanan tidak ada salahnya ikut mengantri, walaupun outletnya pun bertulisakan Korea. Ternyata selidik punya selidik mereka menjual croquette yang mirip dengan Korean beef croquette tetapi disini mereka mempunyai berbagai macam isi, saya mencoba yang isi vegetable dan mustard, dan ternyta antrian panjang kali ini tidak percuma, ini enak!




  • Isaac Toast (이삭토스트)
Isaac Toast adalah suatu gerai yang berasal dari Korea Selatan dan cabangnya sudah ada banyak sekali, tidak hanya di Korea tetapi juga di Macau dan Taiwan. Mereka punya menu andalan yaitu sandwich. Yang saya suka dari Isaac Toast adalah secret sauce nya. Isaac Toast punya berbagai macam pilihan menu seperti; ham cheese, bacon best, bulgogi mvp, dll. My favorite adalah bacon beast, dengan rasa yang sedikit manis dan gurih.



***


Sedikit banyak itulah Korean street food yang harus kalian coba kalau berkunjung ke Seoul, Korea. Sebagian besar jajanan itu bisa kalian dapatkan di Myeongdong, Ewha University, dan market-market seperti Gwangjang Market, Namdaemun Market, ataupun ada beberapa stall street food yang berada di depan pusat perbelanjaan seperti Dota Mall, Dongdaemun Design Plaza dan di dalam beberapa subway station tertentu.





---------------------------------------------------


You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe