STREET FOOD U MUST TRY AT JALAN ALOR

Thursday, June 22, 2017

Di Kuala Lumpur, Malaysia ada spot kuliner yang berisi macam-macam jajanan khas Malaysia bernama Jalan Alor. Banyak restaurant Chinese food di Jalan Alor ini, dan mereka meletakkan tempat duduknya sampai memakan setegah jalan, dan banyak dari mereka menawar-nawarkan menu makanan mereka ke beberapa orang yang lewat.
Tidak hanya Chinese food, di Jalan Alor ini juga punya kuliner lain yang lengkap mulai dari camilan, makanan berat sampai makanan penutup yang manis seperti ice cream, dan juga tidak hanya makanan khas Malaysia, makanan dari negara lain pun tidak kalah beragam.


Lalu harus makan apa sih kalau di Jalan Alor? Secara banyak banget jajanan yang dijual disana. Owh iya Jalan Alor tidak hanya buka waktu malam lho, tetapi ada beberapa stall yang justru buka  hanya waktu siang saja dan justru tutup di malam hari. Saya akan coba share makanan apa saja yang saya beli di Jalan Alor, dan enak. Berikut listnya:

  1. Cu Cha Restaurant (粗茶食馆), Cu Cha adalah Chinese restaurant yang mempunyai beragam menu masakan seperi layaknya Chinese food lain, waktu itu saya mencoba roasted pork dan BBQ chicken wing, tetapi untuk Roast chicken wing nya masi ada yang lebih enak di banding di resto ini dan masi di Jalan Alor juga.
  2. Restaurant Wong Ah Wah (W.A.W), yang ini Chinese food juga sama seperti Cu Cha tetapi di WAW ini roast chicken nya lebih enak dibanding milik Cu Cha, dan kabarnya di WAW ini punya Roast Chicken Wing paling enak di Jalan Alor. Chicken wing nya berukuran lumayan besar, rasanya manis gurih tp manis nya pas dan tidak terlalu manis, daging nya banyak dan empuk!
  3. Fat Man Dimsum, yang satu ini bentuk nya hanya stall di pinggir Jalan Alor. Mereka khusus menjual dimsum tetapi beraneka ragam jenis seperti siomai, hakau, bakpao dan juga daging nya ada berbagai jenis seperti pork, shrimp ataupun fish. Untuk harga, dimsum disni berkisar RM1.00 per pc. Saya mencoba beberapa jenis dimsum dan semuanya enak.
  4. Fat Brother Satay Lok Lok, lok lok biasa dikatakan seperti steamboat. Berbagai macam makanan ditusuk dalam sebatang bambu lalu di rebus di dalam kuah kaldu panas atau bisa juga digoreng.
  5. Sangkaya Cafe, walaupun namanya cafe tetapi disini hanya menjual AisKrim (Ice Cream) dan aiskrim yang dijual adalah coconut ice cream. Kelapa yang berukuran kecil di kerok lalu ditambahkan ice cream rasa coconut juga lalu diberi topping sesuai selera kita.
  6. Air Mata Kucing, yang satu ini minuman khas Malaysia, walaupun di Indo sudah ada yang menjual nya, versi original dari minuman ini memang lebih enak dan kalian harus coba.
  7. Beh Brothers Kopitiam, di restaurant ini mirip seperti food court tp berukuran kecil, di dalamnya terdapat stall-stall kecil yang menjual beberapa jenis menu andalan mereka masing-masing.
  • Hong Kee, mereka punya menu andalan yaitu pork noodle, red wine mee sua, curry noodle, dan dry wan tan mee. Saya mencoba yang pork noodle, mie tipis yang seperti bihun ini bertopping serba babi seperti liver, kidney, pork meat, dan juga mince meat. Kuah nya bening tetapi berasa banget kaldunya, gurih. 
  • Sister's Drunken Chicken Noodle, menu andalan di stall ini adalah drunken chicken mee tetapi saya memesan yang babi version lengkap dengan jerohan babinya. Seperti namanya drunken noodle kuahnya diberi campuran minuman alkohol, dan di sini mereka menggunakan Huang Jiu (yellow rice wine) dicampur dengan kuah kaldu yang gurih. Mienya memakai mie putih yang bertekstur tipis seperti bihun dimasak dengan potongan jahe, jamur kuping, potongan seledri, dan potongan daging dan  jerohan babi. Kuah nya sangat berasa alkohol, rasa kuah kaldu nya kalah dengan rasa alkohol nya, bagi penggemar minumal beralkohol pasti suka mie ini, termasuk juga saya.



  • Uncle Lim Pan Mee, selain menjadi pilihan kuliner wajib jika berkunjung ke jalan Alor, Pan Mee milik Uncle Lim ini disebut-sebut juga salah satu pan mee terenak di Kuala Lumpur. Pan mee yang juga berarti flat flour noodle adalah tipikal soup di masak dengan dried anchovies, babi cacah, jamur, dan sedikit sayur. Uncle Lim pan mee ini rasanya kaldu gurih tidak asin, sedangkan rasa asinnya bisa kita dapat dari dried anchoviesnya, pas di lidah.
Untuk smua street food yang saya review di atas semua buka di malam hari kecuali Uncle Lim Pan Mee dan Sister's Drunken Chicken Noodle. Mereka buka dari siang dan hanya sampai sekitar jam 3pm saja.

***

Jalan Alor Google Maps

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe