KOREA BEST COFFEE SHOP

Monday, May 29, 2017

Saya adalah pecinta coffee, dan tiada hari yang saya lewatkan tanpa kopi, walaupun saya tidak bisa membuat secangkir coffee yang enak dan hanya penikmat coffee tetapi coffee shop adalah suatu tempat yang wajib saya masukkan ke itinerary apabila berkunjung ke sebuah negara, bahkan di dalam dan luar kota pun saya pasti menyempatkan berkunjung ke coffee shop, mencicipi coffee yang mempunyai karakteristik berbeda-beda di tiap daerah apa lagi berbeda negara dan merasakan ambience dari coffee shop tersebut yang pastinya berbeda-beda satu dari lainnya.
Di Korea dari beberapa review yang saya himpun dari google saya memutuskan untuk mengunjungi beberapa coffee shop yang ada di Korea, dan untung nya semua nya ada di daerah Seoul walaupun coffee shop tersebut terbilang jauh dari tempat saya menginap di daerah Myeongdong tetapi demi secangkir coffee dan yang tak terbatas kenikmatannya, saya rela mendatanginya satu persatu.
Berikut akan saya review sedikit pengalaman saya mengunjungi beberapa coffee shop yang ada di Korea, coffee shop yang saya kunjungi bukan hanya mempunyai coffee yang enak tetapi mereka juga mempunyai nama dan pengalaman yang tidak sedikit di Korea.

  • ANTHRACITE COFFEE ROASTERS
Anthracite yang berpusat di daerah Hapjeong ini adalah coffee shop yang mempunyai 3 cabang di Hapjeong, Jeju, dan Itaewon. Mereka juga meroasting beans nya sendiri. Sayangnya saya hanya mencoba Anthracite di cabang nya saja di daerah Itaewon. Di cabang Itaewon pun mereka punya mesin roasting sendiri. Cabang di Itaewon terdiri dari 2 lantai, dan berdesain simpel berbeda dari pusatnya di daerah Hapjeong yang kabarnya bertema rustic. Untuk coffee nya saya mencoba 버터 팻 트리오 Butter Fat Trio beans mereka dengan taste nutty dan choco nya yg dominan. Sepertinya kalau ke Korea lagi saya harus ke pusat nya yg di Hapjeong untuk mencoba jenis beans mereka yang lain dan merasakan ambience dari coffee shopnya.



Anthracite Coffee Roasters
240 1st floor - 3rd floor, Itaewon Road, Yongsan-gu, Seoul

Local Address:


Opening Hours : 
Monday - Thursday : 9am - 10pm
Friday - Sun : 10am - 11pm

Subway : Hangangjin Station exit 3



  • COFFEE LIBRE


Coffee Libre adalah salah satu best 3 coffee in Seoul versi saya. Coffee Libre berdiri sejak tahun 2009 di daerah Yoennam-dong mempunyai maskot dari American Movie, Nacho Libre. 
Saya mencoba Coffee Libre di cabangnya yang berada di Myeongdong Cathedral, di cabangnya yang ini tempatnya tidak terlalu besar hanya muat sekitar 10an orang, dan banyak yang hanya take away disini.
Beans mereka yang terkenal adalah Bad Blood dan No Surprises, saya mencoba cappuccino dan ternyata coffee nya sangat enak dengan Bad Blood sebagai beans nya dengan bright, complex flavor of fruits dan manis seperti fruit syrup.

Mereka juga mempunyai jadwal public cupping untuk semua penikmat coffee yang datang ke cafe nya, dan it's free! Untuk jadwalnya berbeda-beda di tiap cabang dan bisa langsung di cek di web nya Coffee Libre yang akan saya sertakan di bawah.



Coffee Libre (명동성당점)

Café Libre, 102ho 74 Myeongdonggil Jung-gu Seoul

Local Address :
서울시 중구 명동길 74 102호


Opening Hours : 11am - 9pm


Public Cupping for everyone : Thursday, 7pm



http://coffeelibre.kr/

Subway : Myeongdong Station, exit 9



  • COFFEE MONTAGE




Coffee shop yang satu ini letaknya saya jauh dari central Seoul dan tentunya juga jauh dari tempat saya menginap, jika kalian ada tujuan untuk ke daerah Jamsil atau Gangdong-gu Office kalian bisa sekalian ke tempat ini tetapi bila kalian memang coffee lovers, walaupun jauh kalain harus tetap datang kesini. Tempatnya di design modern, bersih dan minimalis, dengan kira-kira terdapat 8 meja didalamnya.
Awalnya saya sempat bingung apabila me-rangking coffee shop ini, dan apabila saya boleh memiliki 2 kandidat, saya memasukkan Coffee Montage di urutan 3 bersama-sama dengan Coffee Libre.
Disini saya mencoba Cold Brew Sampler yang berisi cold brew, cappuccino, dan affogato. Cold brew nya merepresentasi kan coffee shop mereka karena menggunakan first espresso blend dari Coffee Montage sendiri, dan mereka menamainya juga dengan nama A Bitter-sweet Life. A better-sweet life nya sweet & balance dengan notes choco dengan aftertaste sweet n cleaner taste. Cappuccino nya tidak kalah enak, saat itu mereka menggunakan Kenya thiririka dengan notes Raisin, Muscat, and Cocoa. Tidak ketinggalan dengan affogato nya menggunakan jenis beans yang sama dipadu dengan Hagen Dazs Vanilla Ice Cream, LEGIT!!


Coffee Montage
F1, 23-12, Olympic-ro 48-gil, Gangdong-gu, Seoul, Korea.

Local Address :
서울시 강동구 올림픽로48길 23-12, 1층 (성내동)

Opening Hours:
Mon - Fri: 8am - 8pm
Sat,Sun & holiday: 10am - 8pm

Subway : Gangdong-gu Office Station, exit 3





  • COFFEE TEMPLE
Coffee temple yang terletak di daerah Sangam-dong ini sudah ada sejak tahun 2011, memiliki seorang barista pemenang multiple awards, bernama Kim Sa-hong dan di 2016 beliau memenangkan WWCK 2016 (World Coffee Championship Korea). Mereka tidak brewing beans sendiri, mereka mendapatkan beberapa beans dari Cafe Libre dan Felt Coffee.
Menu coffee andalan mereka adalah Tangerine Cappuccino dan Yuzu Americano. Dimana tengerine cappuccino nya dimana coffee dan tangerine fruitsnya balance dan sama-sama kuat, dan untuk Yuzu Americanonya berjenis minuman coffee bersoda. Worth to try!


Coffee Temple (커피템플)

396, World cup buk-ro, Mapo-gu, Seoul.

Local Address :

03925마포구 월드컵북로 396누리꿈스퀘어

Opening Hours:

Mon - Fri 8am–9pm,
Sat 12pm–8pm.

Subway : Digitalmediacity Station (Line Airport Railroad), exit 9.



  • EL CAFE


Coffee shop satu ini adalah coffee shop yang paling jauh menurut saya dan paling susah untuk didatangi, kenapa? Karena saya untuk kesini sampai salah naek subway 3x, dan di kesempatan pertama si El Cafe ini belom buka, padahal saya datang sudah sesuai opening hours mereka dan usut punya usut coffee shop ini memang sering buka tidak sesuai dengan opening hours nya. Walaupun begitu ternyta susah payah saya itu terbayar lunas dengan coffee yang mereka miliki, dan ini di list saya urutan no 2 di best coffee in Korea!


El Cafe berada di daerah Seonyudo, coffee shopnya memiliki desain seperti bengkel dengan mesin roasting di bagian belakangnya. Saat itu mereka mempunyai 2 espresso blending yang merka pakai di store nya yaitu Classic Blend dengan tone sweet, balanced, bright dan Italian Job dengan tone brown sugar, dark chocolate, n heaby body. Tidak hanya coffee, di El Cafe pilihan Tea dan Pastry nya tidak kalah enak!





El Cafe

2-1 Yangpyeongdong 5(o)-ga, Yeongdeungpo-gu, Seoul

Local Adress :

서울특별시 영등포구 양평로21나길 7

Opening Hours :

Weekdays from 08am to 9pm
Weekends from 12pm to 9pm

http://www.elcafe.co.kr/


Subway: Seonyudo Station, exit 7




  • FRITZ COFFEE COMPANY






Coffee shop yang selalu ramai oleh pembeli ini, bahkan tidak jarang harus antri untuk memilih pastry dan membayarnya di kasir, antrian itu disebabkan di sini bukan hanya coffee nya saja yang terkenal enak, tetapi pastry nya juga enak. Fritz Coffee merupakan kumpulan dari beberapa orang yang mempunyai background yang kuat di berbagai bidang, dari mulai pemiliknya adalah salah seorang pemilik dari Coffee Libre, roasternya, dan juga baristanya ada yang ex barista El Cafe, sampai pastry chef nya juga bukan orang sembarangan.
Coffee shop yang terdiri dari 2 lantai ini terlihat seperti rumah kayu traditional jaman dulu dan di depannya ada taman kecil juga terdapat meja untuk menikmati coffee dan angin sepoi-sepoi yang  berhembus. Lantai satu nya sedikit gelap, bagi yang tidak ingin gelap bisa memilih untuk duduk di lantai atas dengan rooftop yang terbuka hanya ditutupi semacam tenda.


Jika berkunjung ke Fritz Coffee ini selain coffeenya yang enak kalian juga harus mencoba pastry nya. Saya juga awalnya bingung mau memilih pastry jenis yg mana, karena disni tidak mempunyai jenis pastry favorite, asal comot aja dan ternyta memang benar-benar enak.


Fritz Coffee
179-9 Dohwa-dong Mapo-gu, Seoul

Local Address :
서울시 마포구 도화동 179-9

Opening Hours:
Mon - Fri: 08am - 11pm,
Sat - Sun: 10am - 11pm

Subway : Gongdeok Station, exit 8.



  • MILO COFFEE
Milo Coffee Roasters mempunyai signature drink, dan hampir semua yang berkunjung ke coffee shop ini memesan minuman yang sama yaitu Mont Blanc. Mont Blanc adalah black coffee yang diatasnya diberi home made whipped cream yang sangat rich, sehinggal pahitnya coffee bercampur dengan manis nya whipped yang pas menghasilkan rasa yang pas di mulut. Mont Blanc bisa hot atau ice, tergantung selera kita, sama2 enak kok!


Milo Coffee Roasters

170-32 Donggyo-dong, Mapo-gu, Seoul, South Korea

Local Address:

마포구 양화로 18안길 36


Opening Hours:
Tue – Sun : 1pm–11pm, closed on Monday.

Subway : Hongik University Station,exit 5 or 7.




  • NAMUSAIRO COFFEE (나무사이로)
This is it, No. 1 best coffee in Seoul! Namusairo yang juga berarti through the trees sudah berdiri sejak tahun 2002, awalnya berlokasi di Sillim-dong lalu di tahun 2013 mereka pindah ke daerah Gwanghamun sampai sekarang. Lokasi ini juga dekat dengan Gyeongbokgung Palace, jadi kalian bisa sekalian menikmati coffee dengan masih memakai hanbok. Namusairo memiliki coffee shop bergaya tradisional, dengan bangunan yang tidak begitu besar dan berbentuk old Hanok, walapun tidak terlalu besar tetapi tempat nya sangat cozy. Namusairo terkenal memiliki beans-beans yang terbilang langka dan premium, seperti Panama Geisha.
Walaupun terbilang coffee disini lebih mahal tetapi memang worth it dengan coffee yang mereka sajikan. Disini saya mencoba cappuccino dan Rite of Spring hand drip mereka dengan notes blackberry, strawberry, red grape, chocolate, and sweet.
Jenis lain dari beans yang terkenal dari Namusairo adalah Love Letter Blend , sayangnya waktu saya kesana mereka sedang out of stock. Namusairo adalah destinasi wajib bagi kalian penggemar coffee, sayapun demikian pasti akan berkunjung lagi ke coffee shop ini.


Namusairo Coffee (나무사이로)
21, Sajik-ro 8-gil, Jongno-gu, Seoul

Local Address:
서울시 사직로 8길 21, 110-053

Opening Hours: 10am - 10pm (daily)


Subway: 

From Gyeongbokgung Station on Line 3:
Exit out of Exit 7 and follow main road to your left (Saemunan-ro 3-gil)
Take first right (Sajik-ro 8-gil)
Walk for about 2-3 minutes; Namusairo will be on the right-hand side

From Gwanghwamun Station on Line 5:
Exit out of Exit 1 and walk straight
Take second left (Sajik-ro 8-gil)
Walk for about 5 minutes; Namusairo will be on the right-hand side.


  • THE PANCAKE EPIDEMIC

Yang terakhir ini adalah coffee shop yang bukan asli Korea, The Pancake Epidemic sebenarnya hanyalah nama dari tempatnya yang didalamnya terdapat coffee shop yang merupakan salah satu coffee roasters terbaik dari Los Angeles yaitu Stumptown Coffee. TPE adalah semacam advertising creative yang terletak di pusat Apgujeong, memiliki tempat yang luas dan Stumptown Coffee nya berada di lantai 2 tetapi bisa menikmati coffee mereka di lantai 1 yang merupakan area oudoor berupa taman.
Walaupun tergolong mahal, tetapi saya suka cold brew mereka sampai-sampai saya take away.. lol


The Pancake Epidemic - Stumptown Coffee
42, Apgujeong-ro 46-gil, Gangnam-gu, Seoul 06020, South Korea

Opening Hours :9am - 11pm (daily)


Subway : Abgujeong Rodeo Station, exit 5.





------------------------------------------------------

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe