YONGMA LAND (용마랜드) - ABANDONED AMUSEMENT PARK

Sunday, May 14, 2017

Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung ke Korea Selatan atau negara yang sudah tidak asing lagi bagi saya dan mungkin bagi kalian. Negara yang bagi saya terkenal karena yang pertama karena makanannya yang terkenal enak dan yang kedua adalah budaya K-pop nya yang sudah mendunia (dan saya sendiri pun merupakan penggemar K-pop.lol)
Post di blog saya ini adalah post pertama yang akan saya tulis tentang Korea Selatan, sudah banyak yang ingin saya ceritakan tentang negara yang indah dan bikin kangen walapun baru sebentar pulang ke Indonesia. Tempat pertama yang akan saya bahas di blog adalah Yongma Land. Yongma Land adalah sebuah amusement park seperti amusement park lain yang ada di Korea seperti Lotte World dan juga Everland, tetapi bedanya Yongma Land ini jauh lebih kecil dan sudah tidak beroperasi lagi alias abandoned. 
























Yongma Land dibuka tahun 1980, dan pada awalnya amusement park ini sangat populer untuk destinasi liburan keluarga di Seoul tetapi dikarenakan Lotte World dibuka pada tahun  1989, Yongma Land ini mulai kehilangan popularitasnya. Warga Korea lebih memfavoritekan Lotte World dibanding Yongma Land. Pada akhirnya Yongma Land ditutup pada tahun 2011. Walaupun sudah resmi ditutup, masi ada beberapa orang yang tertarik untuk datang ke Yongma Land ini, untuk apa? Untuk foto-foto tentunya. Yongma Land juga seringkali dijadikan tempat dari beberapa artis K-pop untuk pemotretan seperti IU, EXO, bahkan juga running man pernah shooting di tempat ini, dan juga untuk membuat Movie Video (MV) seperti yang bisa kalian lihat di MV Crayon Pop yang pertama yang berjudul Bar Bar Bar ([Crayon Pop] 크레용팝 빠빠빠(Bar Bar Bar) - M/V (안무버젼)).












Untuk dapat masuk ke Yongma Land ini kalian diharuskan membayar ₩5,000/orang atau sekitar Rp60k. Dana yang didapat dipergunakan oleh pemilih untuk biaya perawatan dan kebersihan dari amusement park ini. Fasilitas yang disediakan disini antara lain ada kamar mandi, dan si pemilik juga menjual beberapa properti foto seperti balon yang dijual ₩1,000/pc dan juga mereka menjual minuman dingin dengan harga yang bervariasi. Untuk kalian yang ingin naik dan lampu dari merry-go-round alias komidi putar nya menyala bisa request ke sang pemilik/penjaga tempat ini dengan tarif ₩25,000 untuk 10menit, tetapi apabila kalian lg beruntung atau penjaganya lagi baik kalian akan mendapatkannya secara gratis!
Waktu saya berkunjung ke sana bisa dibilang cukup ramai dan kebanyakan hanya penduduk lokal yang berkunjung hanya untuk berfoto di tempat yang bisa dibilang tidak umum dan mungkin sulit ditemui di tempat lain.




































Untuk menuju ke Yongma Land ada dua cara, yaitu dengan naek taxi atau menggunakan subway. Karena Yongma Land ini terletak agak terpencil dari pusat kota dan tidak ada kendaraan umum selain taxi yang bisa kesana maka untuk lebih mudahnya dengan pergi ke Mangu Station terlebih dahulu dan kalian bisa langsung keluar melalui exit 1 dan berjalan kaki sekitar 15menit langsung menuju Yongma Land, ingat hidupkan Google Maps agar tidak nyasar, atau cara lainnya bisa ditempuh dengan taxi dari Mangu Station dengan biaya sekitar ₩3,500.
Ada rumor yang mengatakan bahwa tempat ini berhantu, yah mungkin juga namanya tempat yang lama tidak digunakan tetapi walapun tempatnya sedikit creepy tetapi tempatnya sangat asik kok dan worth it untuk didatangi bagi kalian yang suka difoto atau kalian yang suka dengan tempat-tempat unik.




----------------------------------------------------------



Yongma Land (용마랜드)
산69-1 Mangu-dong, Jungnang-gu,
Seoul, South Korea.
Subway : Mangu Station, exit No. 1


Address in Korea :
용마공원 놀이동산, 서울시 중랑구 망우동


Yongma Land Google Maps

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe