CHINA COFFEE SHOP

Saturday, August 15, 2020

Merasa ada yang menganjal apabila di coffee shop series yang biasa saya blog, saya tidak menyertakan coffee shop edisi China ini. Walaupun sebenarnya saya tidak begitu cocok dengan coffee di China tetapi karena ada beberapa coffee shop yang saya kunjungi waktu berkunjung ke Shanghai dan Beijing beberapa waktu lalu maka saya putuskan untuk membuat blog post ini juga. Seperti biasanya blog post ini sebagai media bagi saya untuk share pengalaman saya waktu berkunjung ke coffee shop tersebut dan siapa tau bisa memberi gambaran bagi kalian yang ingin berkunjung ke China dan ingin mencicipi beberapa coffee shop nya.

Sebenarnya list coffee shop yang ingin saya datangi ada lebih dari yang akan saya bahas ini, tetapi seperti yang sudah saya jelaskan beberapa waktu lalu kalau di China itu mereka tidak menggunakan instagram untuk update layaknya di Indonesia jadi untuk informasi jam buka atau sudah gulung tikar atau belom, susah saya peroleh sehingga ada beberapa coffee shop yang saya datangi ternyata sedang tutup atau sudah pindah ke tempat lain dan untuk berkunjung lagi pun sudah tidak sempat lagi.

  • BEIJING
    • BARISTA COFFEE ROASTER
Terletak di Wudaoying Hutong (gang), disebut-sebut sebagai salah satu first new wave coffee shop in Beijing.



Tempatnya memang sempit, tetapi coffee shop satu ini juga disebut-sebut best brews in town with it's in house roasted beans.

Metal Hands
Wudaoying Hutong, Dongcheng,
China.
Opening Hours : 8am -8pm (Mon-Fri), 10am - 8pm (Sat,Sun) 

    • METAL HANDS
Masih di lokasi yang sama dengan Barista Coffee Roasters, mereka hanya berjarak beberapa rumah. Coffee shop ini bahkan punya 2 tempat di Wudaoying Hutong, alasannya kenapa mereka punya berdekatan saya pun tidak tahu.



Metal Hands mengusung tema minimalist nordic inspired interior decor. Selain kalian bisa minum coffee dan makan cake dine in, mereka juga menjual beans untuk kalian yang demen ngopi di rumah.

Metal Hands
61 Wudaoying Hutong, Dongcheng,
China.
Opening Hours : 10.30am - 9pm (daily)

    • BASIC COFFEE
Alasan utama saya ingin pergi ke coffee shop ini karena mereka pernah masuk dezeen.com karena interiornya yang begitu pertama ku lihat berbeda dari coffee shop kebanyakan.




Bersebelahan dengan co-working space Xian Yu Kou, coffee shop bertema serba pink ini tidak hanya tempat nya yang outstanding tetapi coffee nya pun patut untuk dicoba, jangan lupa cobain cold brew mereka. Btw mereka juga punya cabang selain di tempat yang saya kunjungi ini, outlet yang lain berada di Jinwai SOHO East, Dongcheng.

Basic Coffee
98 Xianyukou, Qianmen,
Beijing.
Opening Hours : dunno.

    • % ARABICA COFFEE ROASTERS
Arabica memang punya daya tarik sendiri untuk dikunjungi di berbagai negara, dikarenakan tiap-tiap store selalu berbeda dan kebanyakan menarik untuk difoto.



Arabica sendiri di Beijing mempunyai 4 outlet, dan di outlet ini waktu saya kesana mereka baru saja buka dan menjadi roastery pertama di Beijing sekaligus di China.

% Arabica Beijing Roastery
No. 15, 38 Qianling Hutong, 95 Longfu Si Street,
Dongcheng District, Beijing.
Opening Hours : 10am - 8pm (daily)

    • VOYAGE COFFEE
Coffee shop terakhir yang saya kunjungi di Beijing, yang juga merupakan salah satu coffee shop third wave terkenal di kota itu.

Selain menjual berbagai beans dan merchandise, cake tiramisu mereka juga terkenal enak dan banyak yang menyarankan untuk memesannya untuk teman minum kopi disana dan ternyata memang enak! Oh iya di banyak coffee shop di China memiliki menu dirty coffee termasuk di voyage coffee ini, bisa kalian coba jika kalian penasaran ingin mencoba jenis minuman ini.

Voyage Coffee
80 Bei Luoguxiang, Dongcheng District,
Beijing.
Opening Hours : 9am - 9pm (daily)

  • SHANGHAI
    • SEESAW COFFEE
Seperti saya bilang di awal blog, cafe or coffee shop atau bahkan restaurant di China sangat susah dicari infomasi seperti jam buka ataupun masih buka di tempat yang tertulis atau tidak, dan itu pun terjadi di coffee shop satu ini. Awalnya saya datang ke lokasi yang tercatat ternyata sudah tutup, walaupun awalnya saya sempat heran kenapa kok tutup karena kabarnya coffee shop satu ini cukup terkenal di Shanghai. Tetapi tidak sengaja waktu jalan-jalan ke sebuah pusat perbelanjaan malahan saya melihat ada Seesaw coffee di sana, dan setelah itu baru saya tau ternyata coffee shop ini memang sudah tutup di lokasi awalnya tetapi mereka buka banyak cabang dan kebanyakan cabang nya di pusat perbelanjaan / mall.


Mereka bahkan sekarang sudah punya cabang di 4 kota besar di China selain Shanghai ini yaitu di Beijing, Shenzhen, dan Suzhou. Mereka mempunyai specialty bean dalam negri yaitu dari provinsi Yunnan, yang coffeenya pun bisa kalian beli selain dalam bentuk bean juga dalam bentuk drip coffee bag untuk diseduh di rumah.

Seesaw Coffee
5F Reel Departement Store
No. 1601 Nanjing Road West,
Jingan, Shanghai.
Opening Hours : 10am - 10pm (daily)

    • RUMOURS
Owner nya berasal dari Jepang dan menikah dengan wanita Shanghai, lalu mereka  pada tahun 2011 membuka Japanese coffee shop yang hanya menjual hand drip.

Mereka menjual berbagai bean mulai dari bean dalam negeri sampai bean-bean terkenal seperti gesha, tetapi sangat disayangkan walaupun coffee shop nya asik tetapi untuk harga yang ditawarkan teralu pricy untuk kopi-kopi nya, dan juga kopi saya saat itu tidak enak sampai-sampai saya tidak ingin memfotonya.

Rumours Coffee
1, Alley 372, Xingguo Road,
Shanghai.
Opening Hours : 11am - 7.30pm (Sun - Thu), 11am - 10pm (Fri - Sat)

    • SUMERIAN
Pretty coffee shop with clean and bright inside ini punya jendela yang menghadap langsung ke jalan raya, sehingga jika kita bisa dengan leluasa melihat keadaaan luar dan menikmati udara saat itu yang bikin betah berlama-lama di tempat ini.


Sumerian Coffee
415 Shaanxi Bei Lu,
Shanghai.
Opening Hours : 8.30am - 7pm (daily)

    • STARBUCKS ROASTERY SHANGHAI
Dibuka pada December 2017, Starbucks Roastery Shanghai ini pernah menjadi Starbucks terbesar se-asia bahkan dunia. Kenapa saya memasukan Starbucks ke dalam blog post ini? Karena Starbucks ini pernah menjadi yang terbesar dan juga experience yang akan kamu dapat akan jauh berbeda jikalau kalian mengunjungi Starbucks biasanya.







Disini saya akan menjumpai yang tidak saya jumpai di Starbucks lainnya, disini selain kopi yg biasa saya jumpai juga ada single origin, tempat roasting, coffee cocktails, dan bahkan merchandise limited yang hanya akan kalian jumpai disini.

Starbucks Roastery Shanghai
789 West Nanjing Rd, Unit 110 & 201,
Jingan District, Shanghai.
Opening Hours : 9am - 11pm (daily)

    • FUMI COFFEE
Another coffee shop yang menarik saya bukan hanya coffee nya tetapi juga karena interiornya. Interiornya hampir mirip dengan Sumerian yang sudah saya bahas diatas, yaitu dengan konsep open air di bagian depannya dengan jendela besar yang terbuka untuk menikmati udara dan mengamati orang-orang yang sedang berlalu-lalang di daerah tersebut. Di dalamnya pun berhiaskan ornamen silver berbentuk dripper.





Fumi Coffee
215 Fumin Lu (near Changle Lu),
Shanghai.
Opening Hours : 8am - 9pm (daily)
 
    • % ARABICA SHANGHAI
Di Shanghai sendiri ada 6 cabang % Arabica, dan walapun tidak disengaja ternyata saya sudah mengunjungi 3 diantaranya yaitu % Arabica Wukang Lu, Roastery, dan Xintiandi Plaza.










% Arabica Shanghai Roastery
Associate Mission Building, No. 169,
Yuanmingyuan Road, Shanghai.
Opening Hours : 8am - 8pm (Mon-Thu), 8am - 9pm (Fri-Sun)

    • CAFE ON AIR
Save the best for the last. Di coffee shop ini saya benar-benar merasakan kopi yang benar-benar enak selama di China. Waktu itu mereka mempunyai guest bean dari coffee shop tersohor seperti April dan juga house blend mereka saya cocok. Selain coffeenya mereka juga punya equipment yang tidak sembarangan seperti gelas untuk menghidangkan pun memakai milik Tim Wendelboe. Selain coffee nya makanannya pun not bad, sehingga apabila lapar, kita pun tidak sayang spend uang di coffee shop yang biasanya tidak terlalu enak.






Cafe on Air
Lane 650, 634 Huaihai Zhong Lu (near Ruijin Er Lu),
Huangpu District, Shanghai.
Opening Hours : 10am - 6pm (Mon - Fri), 10am - 7pm (Sat, Sun)


***

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe