TAIWAN BREAKFAST STYLE - BREAKFAST LIKE A LOKAL!

Thursday, August 10, 2017

Di suatu negara pasti mempunyai makanan khas negara/daerah itu, dalam hal ini saya akan membahas tentang breakfast ala Taiwan. Seperti halnya di Hong Kong yang mempunyai Breakfast Hong Kong Style yang dulu pernah saya bahas juga di blog saya, Taiwan juga mempunyai breakfast dengan gaya mereka sendiri. Menu breakfast Taiwan style biasanya adalah sesuatu yang berasal dari Soy Bean Milk, ada yang manis dan ada juga yang asin, dan juga You Tiao atau yang biasa kita sebut cakwe. Ada 2 tempat breakfast Taiwan style yang terkenal dan menurut orang lokal Taiwan dan saya sendiri, kedua tempat ini adalah the best breakfast Taiwan style.

  • FU HANG DOU JIANG (阜杭豆漿)
Yang pertama bernama Fu Hang Dou Jiang. Fu Hang Dou Jiang ini terletak di foodcourt lantai 2 sebuah gedung yang terletak di Zhongzheng Distric. Sudah menjual Taiwan breakfast style sejak 1958. Bila kalian naik MRT dan turun di Shandao Temple exit 5 kalian pasti langsung melihat antrian yang tidak wajar. Seperti yang saya bilang tadi tempat makan mereka berada di lantai 2 tetapi antriannya mengular sampai lantai 1 dan kalau kalian tidak beruntung antriannya bahkan sering sampai mengitari gedung nya, dan keadaan antrian yang mengular itu terjadi setiap hari.














Walaupun antri nya terlihat sedikit mengerikan tetapi, antriannya berjalan cepat kok dan estimasi antrinya kurang lebih 30menit aja, dan dengan baik hati Dou Jiang membagi-bagikan camilan dan minuman gratis kepada para pengantri.




















Menu yang mereka tawarkan cukup beragam tetapi sebagian besar berjenis sama hanya bentuknya dan rasanya saja yang beragam seperti soy milk (hot or cold) atau biasa disebut dou jiang, salty soy milk, cakwe atau you tiao, sesame flatbread or sao bing dengan isi yang bermacam-macam pilihan.
You Tiao
You Tiao mereka ukurannya lebih panjang dari cakwe Indonesia pada umumnya. Cara makan You Tiao nya adalah dengan mencelupkan ke dalam do jiang atau sweet soy milk hot atau hot salty soy milk tergantung selera.
Salty Soy Milk


My favorite dari Taiwan Breakfast style ini adalah Salty Soy Milk nya. Salty soy milk dengan rasa soy sauce yang kuat dan sedikit asin, gurih, bertekstur soy milk nya yang menggumpal menyerupai tofu dan dicampur dengan sedikit you tiao.
Do Jiang (Ice)




Sao Bing
Sao Bing mereka mempunyai tekstur yang sangat chewy, sehingga saat digigit akan menimbulkan kesan agak alot tetapi rasanya gurih dan asinnya pas. Selain diisi telor, sao bing ini juga bisa diisi you tiao.
Makanan yang mereka tawarkan berkisar antara NT$22 - NT$54, dan tenang bagi kalian yang tidak bisa bahasa Chinese mereka menyediakan menu dalam bahasa Inggris kok, lengkap dengan foto masing-masing menu.
Bagi yang ingin mencoba Fu Hang Dou Jiang sangat disarankan menghindari weekend karena bisa jadi antri nya lebih panjang daripada hari biasanya dan semakin pagi semakin baik, dan sekali lagi selamat mengantriii.

***


Fu Hang Dou Jiang (阜杭豆漿)
Hua Shan Market Level 2, No. 108, Zhongxiao East Road, Sec. 1 
MRT : Shandao Temple Station, exit 5.
華山市場 2F忠孝東路一段108號紹興南街 (善导寺)
Tel: +886 2 2392 2175
Opening Hours: 
5.30am – 12.30pm (Tue – Sun), Closed Mon

阜杭豆漿谷歌地图


    • YONG HE DOU JIANG DA WANG (永和豆漿大王)

    Berbeda dari Fu Hang, Taiwan breakfast style yang satu mempunyai cabang dan di beberapa cabangnya ada yang buka 24 jam seperti di cabang Yong He yang saya datangi ini, dan juga karena memiliki beberapa cabang antrinya tidak terlalu panjang dan mereka mempunyai jalur antrian yang berbeda untuk yang akan dine in dan untuk take away. Yong He juga mempunyai menu Inggris lengkap beserta foto menu mereka. 
    Menu yang mereka tawarkan pun sama persis dengan milik Fu Hang, dan apabila bicara soal rasa, saya lebih menyukai Yong He karena menu mereka lebih mempunyai rasa dibanding milik Fu Hang, maklumlah ya saya anak micin. lol
    Untuk penampakan tempat, keadaan dan menu di Yong He akan saya upload di YouTube Channel saya, foodandfeast YouTube. Jangan lupa like dan subscribe yaa. Dan jangan lupa kalau makan di kedua tempat ini selalu bereskan sendiri alat-alat makan kalian ya agar saat dipakai orang lain meja sudah dalam kondisi bersih. 😁


    ***

    Yong He Dou Jiang Da Wang / Yong He Soy Milk King (永和豆浆大王)
    No. 102, Section 2, Fuxing South Road, Da’an District, Taipei City, Taiwan 106
    MRT : Daan Station, exit 5.
    106 台北市大安區, 復興南路二段102號, 大安區
    Tel: +886 2 2703 5051
    Opening Hours:
    Tue - Sat (24 hours)
    Sunday (12am - 12pm)
    Monday (6am - 12am)

    永和豆浆大王 谷歌地图

    You Might Also Like

    0 comments

    Like us on Facebook

    Subscribe