LU ROU FAN (滷肉飯) - TAIWANESE BRAISED PORK RICE

Sunday, August 20, 2017

Lu Rou Fan (滷肉飯) adalah salah satu makanan khas dari Taiwan. Mungkin di benak kalian muncul pertanyaan apa sih lu rou fan itu? Saya disini akan sedikit menjelaskan apa itu lu rou fan dan dimana tempat makan lu rou fan enak kalau lagi ke Taiwan.
Lu rou fan biasanya disajikan dengan bowl kecil lalu diatas nasinya diguyur dengan potongan kecil-kecil pork belly lengkap dengan kulit dan lemak yang direbus bersama jamur shitake lalu dimasak kecap manis dan bumbu khusus lainnya. Porsi daging dari lu rou fan ini tidak seimbang dengan porsi nasinya alias nasinya lebih banyak dibanding daging nya, kalau kalian orang yang suka makan lauk banyak dipastikan harus pesan satu porsi lagi tanpa nasi alias daging aja. Lu rou fan ini rasanya dominan manis gurih.
Lalu kalau di Taiwan mau makan lu rou fan yang enak kemana donk?
  • FORMOSA CHANG (鬍鬚張)
Salah satu resto yang memiliki menu lu ruo fan pertama kita adalah Formosa Chang (鬍鬚張), resto yang satu ini memiliki lebih dari 30 cabang tersebar di Taiwan tidak heran bila kalian bisa menemukan salah satu cabang nya ketika sedang jalan-jalan di kota Taiwan. Sebetulnya selain lu rou fan restaurant ini juga punya menu beragam lainnya tidak hanya lu rou fan.
Lu rou fan milik Formosa Chang ini rasanya dominan ke manis, dan tidak gurih, tidak segurih dua lainnya. Untuk braised pork nya lebih banyak lemak daripada daging nya, itu berakibat menjadi lebih oily. Tetapi lu rou fan disini paling murah dibanding dua lainnya, semangkok harganya hanya sekitar NT$35.

Formosa Chang (鬍鬚張)
60, Xinglong Rd Sec 3, Taipei City
(台北市文山區興隆路三段60號)
Zhongshan Middle School MRT Station
Opening Hours : 11am - 10pm


  • LU SANG / LV SANG (呂桑食堂)
Lu Sang bisa dikategorikan chinese restaurant, menu yang mereka punya lebih beragam lagi dari Formosa Chang tetapi berhubung ini adalah family restaurant menu makan mereka cenderung berjenis menu tengah (menu sharing). Saat jam makan siang biasanya kalian akan menemui antrian yang tidak terlalu panjang, restaurant berlantai dua ini mempunyai peraturan minimal order (seperti beberapa restaurang/cafe di Taiwan juga memberlakukan peraturan ini) yaitu minimal NT$100/orang. Saat itu saya memesan 3 menu untuk memenuhi kuota minimal per orang. Saya hanya akan membahas lu rou fannya saja, lu rou fan disini porsi braised pork nya lebih sedikit lagi juga kuah nya minim, tetapi untuk rasa manis dan gurih nya pas.

Lu Sang / Lv Sang (呂桑食堂)

No. 12-5, Yongkang Street, Da’an District, Taipei City, Taiwan 106
中山區中山北路二段59巷5-1號
Dongmen Station, exit 5.
Opening Hours : 11.30am - 2pm, 5pm - 9pm (daily)



  • JIN FENG (金峰魯肉飯)

Jin Feng restaurant punya lu rou fan paling enak yang pernah saya coba di Taiwan! Restaurant yang masih menampilkan restaurant khas Taiwan ini selalu dipadati pembeli apalagi pada saat jam makan siang. Bisa dipastikan kalian pasti akan mengalami antrian yang lumayan panjang tetapi hanya perlu waktu yang cukup singkat hingga mendapatkan meja, antriannya pun dipisahkan menjadi 2 bagian yaitu untuk dine in dan take away. Untuk makan disini kalian tidak perlu khawatir bagi yang tidak bisa bahasa Mandarin, mereka menyediakan menu dalam bahasa Inggris dan waitress nya pun sedikit bisa bahasa Inggris dan ramah. Oh iya kalau kalian makan disini siap-siap sharing table dengan orang lain ya apabila kalian hanya datang 1-2 orang.

Menu lu riu fan disini tersedia dalam 3 ukuran yaitu small (NT$ 30), medium (NT$ 40), large (NT$ 50). Selain lu rou fan mereka mempunyai menu-menu lain yang terkenal seperti winter melon soup, pork soup, water morning glory, dan juga braised egg.
Walaupun restaurant dalam kondisi full tetapi saya tidak perlu menunggu lama hingga pesanan saya datang. Semangkok lu rou fan ukuran large yang saya pesan sudah siap diatas meja, nasi hangat disiram braised pork dan ada beberapa sliced bitter melon diatasnya langsung menggugah selera makan. Kalau yang biasanya lu rou fan lebih oily, berbeda dengan milik jin feng. Mereka lebih banyak menggunakan daging daripada lemak. Daging nya empuk dan kenyal, meleleh di mulut dan chinese soy sauce nya berasa tetapi tidak over, rasa manis dan gurih yang pas. Add braised egg ljadi lebih PERFECT!! Walaupun daging nya sudah habis hanya bersisa nasi dan kuah tetap nikmat dimakan.

Jin Feng (金峰魯肉飯)
No. 10, Section 1, Roosevelt Rd, Zhongzheng District, Taipei City, Taiwan 100.
100中正區羅斯福路一段10-1號
CKS Memorial Hall Station, exit 2.
Opening Hours : 8am - 1am

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe