ONE DAY AT JIUFEN OLD STREET (九份老街)

Saturday, August 19, 2017

JiuFen Old Street (九份老街), adalah suatu daerah yang cukup terkenal di Taiwan. Pertama sebelum saya memutuskan untuk ke JiuFen saya penasaran ada apa dan seperti apa sih JiuFen itu?
JiuFen dahulu hanya dihuni 9 keluarga dan sebelum perang dunia ke-2 pada saat pendudukan Jepang, JiuFen ini adalah daerah tambang emas dan penjara tahanan Jepang lalu setelah berakhirnya perang dunia ke-2 tambang emasnya ditutup dan menjadi salah satu tujuan turis bila berkunjung ke Taiwan.
Dari JiuFen kita dapat melihat pemandangan cantik dari Keelung Sea. Arsitektur nya selain memang bercorak Chinese tempo dulu juga terpengaruh arsitektur dan budaya Jepang, dengan banyaknya bermacam-macam toko yang menarik dan juga spot culinary yang terkenal enak-enak. Berada di JiuFen ini seperti berada di China jaman dulu.
Apabila kalian dari Taipei, ada beberapa cara menuju ke JiuFen yaitu yang pertama

  1. By Train; dari Taipei Main Station naiklah kereta ke arah utara ke Ruifang Station. Setelah sampai di Ruifang Station, keluarlah menuju Keelung Transit bus ke Jiufen dan Jin Gua Shi. Naek bus nya akan memakan waktu kira-kira 15 menit.
  2. By Bus; dari Zhongxiao Fuxing Station keluar ke exit 1, lalu naik Keelung Bus 1062 ke JiuFen. Perjalanan naik bus ini memakan waktu kira-kira 1jam, walaupun agak lama kalian akan disuguhi pemandangan yang indah.










Selain menikmati pemandangan dan berfoto di JiuFen, kalian wajib banget buat jajan. Dikarenakan banyaknya kios-kios yang berjualan makanan di sini saya akan sedikit membantu makanan apa yang harus kalian beli kalau ke sini.
  • JIUFEN TARO RICE BALL
Taro rice ball adalah makanan khas dari JiuFen, walaupun aslinya makanan ini dari JiuFen tetapi sekarang sudah banyak di jual di luar JiuFen, seperti di Taiwan juga sudah banyak kita temui makanan ini walaupun rasa dan tekstur taro rice ballnya tidak sama dengan yang originally Jiufen. Ada 2 penjual taro rice ball terkenal di JiuFen ini yaitu; 
Yang pertama adalah Lai Ah Po Yu Yuan 赖阿婆芋圆 (stall No. 143). Penjaja taro rice ball ini terdiri dari 3 kios yang dijadikan satu, 1 kios untuk berjualan dan 2 kios disebelahnya dipergunakan bagi yang makan ditempat. Satu porsi taro ball ini biasanya berisi sweet potato ball, green tea ball, taro ball, kidney bean, dan kacang hijau. Taro ball ini bisa dingin dan juga bisa dinikmati panas. Tekstur nya dari taro ball nya super juicy dengan rasa manis dan gurih khas taro.


Yang kedua yaitu Ah Gan Yi Yu Yuan 阿柑姨芋圆 (stall No. 5). Yang ini lebih BOOM daripada yang pertama. Ah Gan Yi Yu Yuan ini punya stall yang dibelakangnya terdapat tempat produksi. Begitu kalian masuk ke stall no 5 ini aroma wangi dari taro nya bakalan langsung kecium, dan apabila beruntung kalian bisa menyaksikan proses pembuatan taro ballnya. Disini taro ball nya lebih berasa yamnya juga lebih gurih dan lebih kenyal, sampai-sampai tambah 1 porsi lagi khusus taro ball nya saja. Seporsi taro ball ini harganya NT$50.

  • A-ZHU PEANUT ICE CREAM ROLL 九份阿珠雪在燒 (stall No. 45)











Makanan satu ini agak terdengar sedikit aneh bagi saya, dua scoops taro ice cream dicampur dengan permen kacang tanah, maltose, dan seledri di roll dengan handmade spring roll (popiah) atau mirip dengan kulit lumpia disajikan dengan cara dipotong menjadi 2 bagian. Walaupun  terdengar agak aneh, tetapi perpaduan dari bahan-bahan itu bercapur apik di mulut dan ternyata enak! Harga untuk 1 gulungnya NT$40.
  • AH LAN HAKKA GLUTINOUS RICE CAKE 阿蘭草仔粿芋粿 (stall No. 90)


Glutinous rice cake seperti ini sebenarnya ada di tempat lain di luar JiuFen, tetapi yang membedakannya adalah glutinous rice cake disini masih dibuat dengan cara yang tradisional dan menghasilkan rasa yang beda juga dengan yang dibuat dengan cara modern. Dijual dengan harga NT$10 per pc nya, glutinous rice cakenya ada 4 jenis yang berbeda yaitu yam, kacang merah, salted red bean, dan salted green bean.
  • ZHANG JI TRADITIONAL FISH BALL 張記傳統魚丸 (stall No. 23)


Fish ball yang harganya NT$45 seporsi ini emang layak dicoba. Tekstur nya yang kenyal alami dan rasa ikannya yg tidak amis menjadikan fish ball ini istimewa, apa lagi kuah kaldu ikannya super gurih! Tidak heran juga stall nya selalu ramai pengunjung.
  • WU DI "FLOWER LADY" TAIWANESE SAUSAGE 無敵香腸 (stall No. 85)
Untuk yang satu ini kenapa kok tidak ada fotonya? Karena saya tidak berhasil beli jajanan hitz satu ini. Sausage disini terkenal enak banget, tapi sayangnya waktu saya hendak kesana stallnya sudah tutup. Cukup mudah sebenarnya mencari stall ini karena si tante sang pemilik berdandan nyentrik dengan hiasan bunga besar dikepalanya dan dengan senang hati diajak foto oleh pembeli sausagenya dan juga si tante suka memanggil manggil orang yang lewat dengan suara yang keras. Kalian jangan sampai lupa ya coba jajanan satu ini, dan mungkin bisa berbagi cerita ke saya apakah memang betul sausage si tante ini benar-benar enak atau tidak.


Stall-stall di Jiufen biasanya beroperasi sampai kira-kira jam 7pm, dan 6.30pm setiap harinya dan biasanya sudah bersiap-siap untuk tutup. Perlu diperhatian juga bagi kalian yang hendak pergi ke JiuFen, kalian sebaiknya mempersiapkan jas hujan atau payung dikarenakan letak JiuFen yang berdekatan dengan laut dan di dataran tinggi menyebabkan curah hujan di sana cukup tinggi atau dengan kata lain bakalan sering hujan, beruntung tidak turun hujan waktu saya berkunjung kesana. Walaupun stall-stall disana kebanyakan sudah dilengkapi kanopi untuk berteduh sewaktu hujan tidak ada salahnya lebih melengkapi diri dengan payung atau jas hujan sendiri. Dan apabila terjadi taifun di Taiwan seperti beberapa bulan belakangan ini, ke daerah ini sebaiknya tidak dilakukan karena dampaknya akan lebih berbahaya daripada di kota-kota lain seperti di Taipei dan biasanya semua stall akan tutup.


***

JiuFen Old Street (九份老街)
Jishan Street, Ruifang District, New Taipei City, Taiwan 224

JiuFen Old Street (九份老街) Google Maps

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe