SATE BABI WAR

Wednesday, February 17, 2021


Setelah beberapa waktu yang lalu saya menjelajahi nasi babi guling yang juga merupakan salah satu makanan khas Bali, saya penasaran. Saya mencari makanan khas apa lagi di Bali yang kurang tereksplor, di benak saya langsung terfikir suatu makanan yaitu Sate Babi. Dahulu jika ditanya apa sih sate babi yang enak di Bali, paling saya hanya bisa menjawab "Sate Babi Bawah Pohon", maklum lah sate babi ini amat terkenal dan selalu jadi pilihan utama turis (terutama lokal) jika ingin makan sate babi. Tetapi apa iya tidak ada sate babi lain yang enak untuk dicoba. Setelah mencari kesana kemari dengan bermodalkan google saya akhirnya menemukan beberapa penjaja sate babi yang enak bahkan juga ada beberapa yang sudah berjualan lumayan lama di Bali. Apa sajakah itu? Yok langsung saja saya mulai memberikan review singkat sate babi apa saja yang sudah berhasil saya coba.

  • SATE BABI PAK DEWA
Letaknya di Sanur dan mungkin jarang orang yang tau sate babi ini, karena beliau hanya berjualan di emperan rumah makan dan jika saya lihat waktu itu hanya membawa stock sate mentah dalam jumlah sedikit, mungkin karena memang Bali masih sepi waktu itu.



Sate babi milik pak dewa ini daging nya empuk, rasa manis, gurih, dan pedas nya pas bagi orang yang tidak suka pedas seperti saya. Selain enak, harga nya juga murah yaitu hanya 15k seporsi (isi 10). Kalian bisa sekalian mampir cobain sate babi ini jika kalian ingin mengunjungi objek wisata yang berada di daerah Sanur. Untuk jam buka sebenarnya mereka buka dari siang tetapi karena Bali masih relatif sepi, sebaiknya berkunjung ke sini sore hari saja karena ditakutkan jika siang hari mereka belum buka.

Sate Babi Pak Dewa
Jalan Sekuta No. 32A,
Sanur, Denpasar, Bali.
Opening Hours : 11am - 8.30pm (daily)

Sate Babi Pak Dewa Google Maps

  • SATE BABI BAWAH POHON
Siapa yang tidak kenal sate babi satu ini, bisa dibilang sate babi kebanggaan warga Surabaya karena jika makan di sana kalian pasti bertemu dengan orang Surabaya, tul gak? Bahkan sate babi ini sampai punya cabang di kota lain selain Bali.

Memang benar, sate babi ini enak tetapi bagi saya setelah mencoba sate babi dari vendor lain bisa dibilang sate babi mereka paling alot dan bumbu nya over pedas.

Sate Babi Bawah Pohon
Jalan Dewi Sri IV No. 1,
Legian, Kuta, Bali.
Opening Hours : 8am - 9pm (daily)

Sate Babi Bawah Pohon

  • SATE BABI PATIMURA
Di namakan demikian karena sate babi ini terletak di jalan Patimura, dekat dengan Kantor Bali Post. Sate babi ini jualan di pinggir jalan alias ngemper. Waktu pertama tiba di lokasi saya sempat bingung karena ada 2 penjual sate babi yang berdekatan di Jalan Patimura, karena saya tidak ingin salah makan maka saya coba kedua sate babi tersebut, dan setelah selidik punya selidik ternyata keduanya kakak beradik. Jadi kalian bebas memilih mau makan yang mana karena satenya sama hanya tempatnya berbeda namun jaraknya sangat dekat (50m).






Jika dibandingkan dengan sate babi sejenis, daging milik mereka paling kecil. Tetapi tetap empuk kok, dengan bumbu yang meresap. Seporsi sate babi disini harganya 15k saja.

Sate Babi Patimura
Jalan Patimura No. 63,
Denpasar Utara, Bali.
Opening Hours : 9am - 5pm (daily)

Sate Babi Patimura Google Maps

  • SATE BABI WARUNG KEMBAR "BENG"
Letak nya berada di Gianyar, perlu sedikit perjuangan untuk mencicipi sate babi yang satu ini karena bukan berada di daerah turis. Letak nya persis di perempatan Beng, Gianyar.


Selain empuk dan enak, yang special dari sate babi disini adalah sambal nya, selain pedas sambal nya menggunakan jeruk limau sehingga ada hint asam yang bisa kalian rasakan. Selain itu disini menjual sate kulit babi, bagi penggemar kulit kalian wajib coba karena selain gurih, menu ini mungkin tidak bisa kalian temukan di sate babi lain. FYI sate babi ini juga mempunyai beberapa cabang di tempat lain, tetapi saya prefer berkunjung ke pusatnya karena kadang di beberapa kasus rasa makanan di cabang berbeda dengan pusatnya.

Sate Babi Kembar Beng
Perempatan Beng, Gianyar,
Bali.
Opening Hours : 7.30am - 3pm (daily)

Sate Babi Kembar Beng Google Maps

  • SATE BABI WARENDA
Dari beberapa sate babi, ini yang paling enak! Sate babi ini juga berjualan di pinggir jalan alias ngemper, tepat nya berada di depan Secret Gelato Canggu. Kalian dijamin tidak akan kesulitan karena lumayan ramai orang beli untuk dimakan di tempat ataupun di take away.




Sate babi disini menggunakan bumbu kacang, tetapi jika kita tidak menginginkan kalian bisa request ke ibu nya untuk tidak di beri bumbu kacang. Dari segi ukuran dan bumbu yang meresap sate babi ini paling perfect, tidak lupa bungkus untuk dimakan di hotel walaupun sudah makan di tempat juga. 

Sate Babi Warenda
Jalan Pantai Batu Bolong No. 56,
Canggu, Bali.
Opening Hours : 5pm - sehabisnya (daily).

Sate Babi Warenda Google Maps

  • SATE BABI SULI
Sate babi berikutnya berasal dari rumah makan yang tidak hanya punya menu andalan sate babi seperti sate babi di bawah, di sini mereka juga punya menu siokee dan siobak tetapi saya hanya akan membahas sate babi nya saja.

Sate babi disini jika dilihat dari jenis dan penampakannya berbeda dari lainnya, sate babi disini termasuk sate babi "normal" yang bisa kita jumpai di luar Bali. Variasi lemak dan daging yang empuk dipadukan dengan bumbu yang manis gurih menjadikan sate babi ini salah satu yang layak kalian coba, tidak ada salahnya untuk memesan hidangan unggulan lain jika berkunjung ke tempat ini.

Siokee Siobak Sate Babi Suli
Jalan Suli No. 28,
Denpasar, Bali.
Opening Hours : 8am - 5pm (Sun Closed)

Siokee Siobak Sate Babi Suli Google Maps

  • SATE PLECING ARJUNA
Sate berikutnya juga berbeda dari sate diatas. Sate mereka menggunakan bumbu plecing (biasanya juga digunakan untuk memasak sayur seperti kangkung) karena bahan utama mereka tetap sate babi maka saya masukkan ke dalam list ini.


Sate Plecing Arjuna menggunakan daging dengan potongan tidak terlalu besar dan juga tusuk sate seperti sate normal pada umumnya. Plecing yang digunakan untuk sate babi nya mempunyai rasa yang pedas, manis, dan juga sedikit asam. Sate nya juga empuk, manis, dan gurih menjadikan makanan ini salah satu makanan wajib jika saya berkunjung ke Bali. Bagi kalian yang belum pernah mencoba makan Sate Plecing Arjuna ini, kalian wajib menyelipkan kuliner ini ke list makanan yang akan kalian coba di Bali. Oh iya, disini mempunyai beberapa menu lain selain sate plecing, antara lain soto babi dan satu lagi menu yang jarang saya temui dan wajib bagi kalian penggemar sumsum sapi yaitu sate sumsum sapi nya. D'BOOM!

Sate Plecing Arjuna
Jalan Arjuna No. 47,
Denpasar, Bali.
Opening Hours : 9am - 4.30pm (daily)

Sate Plecing Arjuna Google Maps

  • SATE PLECING MAK LUKLUK
Sejenis dengan Sate Plecing Arjuna, sate babi yang diberi bumbu plecing. Saya tidak tau siapa yang lebih dahulu terjun ke dalam dunia sate plecing tetapi jika disuruh memilih saya condong ke Sate Plecing Arjuna.

Sate Plecing Mak Lukluk ini bukan nya tidak enak, enak kok hanya saja dari bumbu plecing mereka lebih pedas dan rasanya lebih dominan manis. Sate plecing Mak Lukluk ini bisa jadikan referensi lain jika ingin makan sate plecing yang enak di Bali selain Sate Plecing Arjuna.

Sate Plecing Mak Lukluk
Jalan Raya Puputan No. 210A,
Renon, Denpasar, Bali.
Opening Hours : 8am - 9 pm (daily)

Sate Plecing Mak Lukluk Google Maps

Berburu sate babi di Bali sama halnya dengan berburu Babi Guling, tidak akan habis dalam 1 atau 2 kali kunjungan. Walaupun mungkin sate babi di Bali tidak sebanyak nasi babi guling tetapi juga tidak bisa dibilang sedikit. Ada beberapa list incaran sate babi lainnya yang belum sempat saya coba kemarin, dan tentunya pada kunjungan ke Bali berikutnya saya akan babat habis sehingga blog post ini akan lebih lengkap. Doakan!

***

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe