ULTIMATE GUIDE BABI GULING BALI

Tuesday, November 13, 2018

Bagi  saya, babi guling adalah kuliner wajib yang harus saya makan apabila berkunjung ke Pulau Bali. Kuliner satu ini memang khas Bali, walaupun mungkin kita bisa menenemukannya di tempat lain tetapi saya jamin rasanya tidak akan seenak dengan di  tempat asalnya. Desas desus yang saya dengar juga di beberapa tempat babi guling, mereka menetapkan harga yang lebih murah bagi penduduk asli Bali (bukan pendatang) dan juga untuk pesanan take away / tidak makan di tempat, that's why bagi warga Bali mereka lebih memilih untuk beli lalu bungkus untuk dimakan di rumah. Desas desus ini saya sendiri mendengar dari orang Bali nya sendiri, tidak tahu memang benar adanya atau tidak.
Selama beberapa waktu belakangan ini saya sedang mempunyai hobi baru yaitu "Babi Guling Hunter" dimana misi saya yaitu mencoba semua babi guling di bali yang tentunya terkenal enak. Di satu porsi babi guling biasanya kita akan menemui nasi putih bersanding dengan bermacam lauk seperti daging babi putih, lawar, kulit babi crispy, gorengan babi (biasanya daging atau jerohan), sate babi, dan sambal. Seperti biasa culinary journey saya dalam berburu babi guling masih belom lengkap, dan akan saya update setiap saya selesai berkunjung ke Bali. Langsung aja saya mulai perjalanan saya memburu babi guling!
  • BABI GULING PAK MALEN
Dimulai dari babi guling Pak Malen, babi guling favorite turis ini bisa disebut babi guling sejuta umat dikarenakan banyaknya orang yang suka babi guling ini, dan babi guling ini juga salah satu favorite saya juga.


Kenapa kok babi guling Pak Malen ini jadi salah satu favorite saya? Karena hampir di semua part babi guling ini enak, hanya saja yang kurang di bagian gorengannya yang buat saya terlalu kering sehingga ada alot di beberapa bagian. Owh iya disini ada lauknya ada kerupuk babi yang tidak di semua babi guling ada. Seporsi nasi babi guling komplit Pak Malen harganya 40k.

Babi Guling Pak Malen

Jalan Sunset Road No. 554,
Seminyak, Bali.

Opening hours : 8.30am - 7pm (everyday)


Babi Guling Pak Malen Google Maps


  • BABI GULING SARI NADI
Salah satu pemain lama dalam dunia babi guling di Bali, Babi Guling Sari Nadi ini punya 3 cabang di Bali yaitu di daerah Pesanggaran, Sesetan, dan Kerobokan.


Untuk soal rasa, babi guling Sari Nadi ini tidak ada yang menonjol. Jenis lauknya seperti babi guling pada umumnya, dengan harga yang lebih murah dan juga babi guling ini juga lebih pedas dibanding babi guling lainnya. Babi guling ini seporsi harganya 35k.

Babi Guling Sari Nadi
Jalan Raya Canggu,
Kerobokan, Bali.

Opening Hours : 6am - 6pm (everyday)

Babi Guling Sari Nadi Google Maps


  • BABI GULING IBU DAYU
Babi guling yang satu ini hanya buka pada malam hari hingga tengah malam, dan biasanya selalu ramai pembeli baik yang di makan di tempat ataupun yang dibawa pulang. Untuk kalian yang hendak makan di tempat langsung mencari tempat duduk saja, tidak perlu antri di depan. Setelah mendapat tempat duduk kita otomatis akan di datangi oleh pramusajinya.
Untuk babi guling yang satu ini, saya sebenarnya mengharapkan rasa yang lebih kalau dilihat antriannya yang lumayan panjang tetapi setelah mencobanya sendiri tidak ada yang special dari babi guling ini, bumbu nya nanggung sehingga hanya rasa pedas yang dominan di mulut saya. Untuk harga seporsi babi guling Bu Dayu ini 35k. 

Babi Guling Ibu Dayu

Jalan Raya Kuta No. 116,
Kuta, Bali.

Opening Hours : 7pm - 2am (everyday)


Babi Guling Ibu Dayu Google Maps


  • BABI GULING KARYA REBO
Babi guling berikutnya bernama babi guling Karya Rebo. Porsi yang disajikan disini lebih banyak dari porsi babi guling lainnya. Yang saya suka dari babi guling ini adalah daging goreng nya yang renyah dan gurih, untuk masalah keseluruhan rasa babi guling ini tergolong enak. Untuk  harga, seporsi babi guling disini harganya 50k.

Babi Guling Karya Rebo
Jalan Toyaning No. 1,
Kedonganan, Kuta, Bali.

Opening Hours : 8am -  7pm (everyday)

Babi Guling Karya Rebo Google Maps


  • BABI GULING PAK DOBIL (SARI DEWI)
Babi guling yang satu ini mungkin sudah sering kalian dengar, karena memang babi guling yang satu ini sangat terkenal di Bali bahkan di luar Bali. Babi guling yag terletak di daerah Nusa Dua ini mempunyai banyak fans dan jadi favorite banyak orang termasuk saya.
Hampir semua part di sepiring babi guling Dobiel yang seporsi harganya 40k ini enak! Favorite saya yang paling enak adalah bagian daging putih nya dan juga daging goreng nya, bahkan daging goreng disini saya nobatkan sebagai yang paling enak seantero Bali. Tetapi walaupun banyak orang yang bilang babi guling ini the best di Bali, saya kurang sependapat. Ada satu babi guling lagi yang mampu mengalahkan kelezatan babi guling disini yang akan saya bahas selanjutnya.

Babi Guling Pak Dobiel (Sari Dewi)
Jalan Srikandi No. 9,
Nusa Dua, Benoa, Bali.

Opening Hours : 10am - 4 pm (everyday)

Babi Guling Pak Dobiel (Sari Dewi) Google Maps


  • BABI GULING SARI KEMBAR 99
Salah satu babi guling enak di daerah Denpasar, pertama-tama saya pesan porsi babi guling yang paling lengkap seharga 40k. Pertama dihidangkan saya sedikit kaget, dikarenakan lauk yang tersaji yang menemani nasi sangat beragam, jenisnya lebih banyak jika dibanding lauk babi guling di tempat lain. Gorengannya enak, bagi saya babi guling disini bumbunya soft, jadi mungkin bagi kalian yang tidak suka dengan rasa yang terlalu berempah akan suka babi guling ini.

Babi Guling Sari Kembar 99
Jalan Teuku Umar Barat No. 99,
Denpasar Barat, Bali.

Opening Hours : 6am - 10pm (everyday)

Babi Guling Sari Kembar 99 Google Maps


  • BABI GULING JERO KAWAN
Babi guling yang satu ini saya tidak datang langsung ke tempatnya, alias saya beli lewat perantaraan Gojek. Kabarnya babi guling yang satu ini jika makan ditempatnya selalu ramai pengunjung, dikarenakan babi guling nya yang enak dan juga harganya yang bisa dibilang murah. Buka mulai jam 5 sore, dan sangat disarankan tidak datang terlalu malam karena biasanya kalau malam kulit nya habis, padahal kulitnya cripsy dan enak. Babi guling ini bumbunya strong, dan seporsi dibanderol 30k saja.


Babi Guling Jero Kawan
Jalan Nakula (seberang selatan Br. Pande Pemaron)
Munggu, Mengwi, Bali.

Opening Hours : 5pm - 1am (everyday)

Babi Guling Jero Kawan Google Maps


  • BABI GULING MOGLONG [CLOSED]
Babi guling yang satu ini adalah babi guling paling baru di Bali. Lokasinya dikelilingi sawah yang membuat kita nyaman untuk berlama-lama di tempat ini. Selain babi guling mereka punya menu lain yaitu babi sambal matah. Mengenai rasa saya tidak menemukan yang special dari babi guling ataupun babi sambal matahnya. Seporsi babi guling nya 35k. 



Babi Guling Moglong

Jalan Umalas I No. 3,
Seminyak, Bali.

Opening Hours : 10am - 6pm (everyday)


Babi Guling Moglong Google Maps



  • BABI GULING SLINGSING IBU SUCI
Akhirnya tiba juga di bagian best babi guling in Bali versi foodandfeast! Berlokasi di daerah Tabanan dekat dengan babi Guling Jero Kawan yang sudah saya bahas di atas, lokasinya lumayan jauh dari pusat kota. Warung babi guling  Ibu Suci ini selalu ramai pembeli, disarankan untuk datang tidak terlalu malam karena bisa dipastikan kita tidak akan kebagian!





Selain enak, babi guling disini murah banget, seporsi babi guling komplit dihargai hanya 25k saja. Seporsi nasi babi guling disini menggunakan sambal kelapa goreng, semua lauk nya enak banget, sampai-sampai saya tambah lauknya 2 macam yaitu lauk lengkap tanpa nasi dan  babi gorengnya. Daging putihnya empuk berasa rempah-rempahnya sehingga lebih terasa authentic Bali, kulitnya krispi gurih. Dengan bumbu yang tidak terlalu kuat menjadikan babi guling ini PERFECT!



Babi Guling Slinsing Ibu Suci
Jalan Desa Cempaka No. 33
Cempaka, Tabanan, Bali.
Opening Hours : 5pm - 12am (everyday)

Babi Guling Slinsing Ibu Suci Google Maps


  • BABI BAGUS
Babi guling ini adalah salah satu babi guling yang saya nikmati lewat perantara Gojek. Dipacking dengan lebih proper dibanding nasi babi guling pada umumnya, pada saat membukanya pun saya sedikit heran. Kenapa heran? Hanya karena babi guling yang satu ini isinya juga sedikit berbeda.
Dari foto dapat terliat juga perbedaanya, disini kulit yang mereka pakai disini diikut sertakan lemak yang bisa dibilang banyak (sampai 4 potong) dan dalam ukuran yang besar-besar. Disini juga lauk yang tidak kalian temukan di babi guling lain adalah adanya abon babi. Untuk lauk nya saya suka part sate dan sosis nya, untuk daging putihnya tasteless dan alot. Harga per porsi untuk Nasi Special (komplit) 45k.

Babi Bagus

Jalan Bumbak Dauh No. 113,
Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Bali.

Opening Hours : 11am - 6pm (everyday)


Babi Bagus Google Maps



  • WARUNG BABI GULING SANUR
Another famous babi guling in town. Seperti namanya babi guling ini terletak di By Pass Ngurah Rai di daerah Sanur dekat dengan Mc'D. Babi guling ini mempunyai rasa yang dominan asin dan pedas. Lauk nya yaitu bagian kulit nya empuk tetapi tidak crispy, sup pendamping nya dominan asin sedikit manis, dan pedas, daging putih nya punya rasa rempah yang kuat. Walaupun babi guling ini adalah salah satu babi guling favorite warga lokal Bali, tetapi bukan salah satu favorite saya. Harga satu porsi nya 45k.

Warung Babi Guling Sanur

Jalan By Pass Ngurah Rai (opposite Mc'D)
Sanur, Bali.

Opening Hours : 11am - 7pm (everyday)


Warung Babi Guling Sanur Google Maps


  • BABI GULING SARIASTRI
Mungkin babi guling ini tidak setenar babi guling lainnya di Bali untuk kalangan turis, eits tp jangan salah babi guling ini sangat femez di kalangan warga lokal Bali. Terbukti waktu saya kesana tempatnya full oleh pembeli, baik yang makan di tempat ataupun yang antri di bawa pulang.



Hampir semua part di lauk babi guling Sariastri ini perfect, bagian saya suka yaitu lauk bagian kulit, sosis, dan rambak hanya saja pada  bagian daging putih nya yang biasa aja. Karena overall nya enak, babi guling ini jadi salah satu favorite saya dan pastinya akan beli lagi kalau ke Bali, dan kalian pun harus mencobanya! Seporsi disini dihargai dihargai hanya 25k, udah murah pol, enak lagi!

Babi Guling Sariastri
Jalan WR. Supratman No. 75,
Sumerta Kauh, Denpasar, Bali.

Opening Hours : 8am - 2.45pm (everyday)

Babi Guling Sariastri Google Maps


  • BABI GULING CANDRA
Babi guling ini adalah babi guling pertama kali yang saya coba di Bali sekitar 10 tahun yang lalu. Percobaan kedua saya kemarin ternyata rasanya masih sama dengan 10 tahun yang lalu, tempat nya pun masih sama hanya saja menunya sekarang beragam, tidak hanya menjual babi guling saja.
Babi guling yang tidak mempunyai cabang ini kalau dibandingkan dengan babi guling yang lain, babi guling Candra ini sekarang biasa saja. Tetapi meskipun begitu babi guling ini tetap menjadi favorite bagi sebagian orang. Jika kalian penasaran coba aja deh langsung.

Babi Guling Candra
Beraban, Jalan Teuku Umar No. 140,
Dauh Puri Kauh, Denpasar, Bali.

Opening Hours : 5am - 10pm (everyday)

Babi Guling Candra Google Maps


  • BABI GULING PANDE MADE OKA
Terletak di belakang Pasar Gianyar dan sudah ada sejak tahun 2007. Jika ingin ke babi guling ini dari Ubud dapat ditempuh dalam waktu kira-kira +-30 menit. Babi guling favorite warga lokal ini lumayan ramai apalagi jika kita berkunjung kesini waktu makan siang.



Yang saya suka dari babi guling ini adalah karena bumbu rempah nya berasa banget dan enak, cocok di lidah hanya saja pedas nya diatas rata-rata. Dan juga bagian dari kulitnya bukan tipe yang crispy tetapi agak alot namun gurih. Seporsi babi guling disini dihargai 35k.

Babi Guling Pande Made Oka
Jalan Jata No. 13,
Gianyar, Bali.

Babi Guling Pande Made Oka Google Maps


  • BABI GULING NADI JAYA
Another babi guling mengandung nama "Nadi" di Bali, eits tapi mereka tidak ada hubungannya ya, hanya sama-sama menjual babi guling. Jika kalian sedang di daerah Kuta, tidak ada salahnya mampir ke salah satu spot babi guling terkenal Kuta.


Walaupun babi guling ini lumayan terkenal, tetapi saya tidak terlalu menyukainya. Dengan rasa bumbu authentic Bali yang menonjol, lauk dari seporsi babi guling mereka tidak terlalu lengkap, hanya ada seperti nampak di foto di atas, padahal saya sudah memesan yang paling komplit. Yang unik dari babi guling ini adalah kulitnya yang diolah hingga menyerupai kerupuk kulit, dan itu juga menyebabkan rasa dari kulit nya berubah. Dan bagi saya nasi babi disini hampir mirip dengan nasi ayam Bali. Seporis nasi babi guling disini harganya 35k.

Babi Guling Nadi Jaya
Jalan Kubu Anyar,
Kuta, Bali.

Opening Hours : 10am - 7pm (everyday)

Babi Guling Nadi Jaya Google Maps

  • BABI GULING IBU OKA
Babi guling yang sudah punya 3 cabang ini terletak di daerah Ubud, dan ketiga cabangnya pun juga terletak di Ubud. Babi Guling ini waktu 10 tahun yang lalu pertama kalinya saya mengunjungi Bali dan berkunjung ke Ubud, saya sudah mencobanya waktu itu, di mana waktu itu babi guling ibu oka ini sudah terkenal, tetapi kemarin saya memutuskan mencobanya kembali.

Lalu apa yang terjadi setelah beberapa tahun dengan rasa sepiring babi guling nya? Rasanya masih sama kok, hanya perbedaannya cuma satu yaitu di harga jualnya menjadi lebih mahal. Yang saya suka dari babi guling Ibu Oka ini adalah bagian kulit nya yg super gurih dan crispy, ada kandungan sedikit lemak di bagian kulitnya namun tidak over sehingga tidak meninggalkan rasa eneg saat memakannya. Seporsi babi guling komplit nya di hargai 50k (campur), dan 75k (pisah).

Babi Guling Ibu Oka 3
Jalan Tegal Sari No 2,
Ubud, Bali.

Babi Guling Ibu Oka 3 Google Maps


  • BABI GULING GUNG CUNG
My favorite babi guling in Ubud. Walaupun tidak setenar babi guling Ibu Oka, tetapi untuk rasa jangan ditanyakan lagi, babi guling Gung Cung ini menang banyak!

Lauk daging putih mereka heaven banget, dengan rasa rempah dan asin gurih pedas yang pas banget. Bahkan ini daging putih paling enak diantara semua babi guling yang sudah pernah saya coba di Bali! Memang untuk makan di tempat tergolong  sepi, kebanyakan warga lokal Bali beli untuk di bawa pulang. Harga seporsi babi guling disini 50k.

Babi Guling Gung Cung
Jalan Suweta No. 23,
Ubud, Bali.

Opening Hours : 11am - 4.30pm (everyday)

Babi Guling Gung Cung Google Maps


  • BABI GULING PANDE EGI
Salah satu babi guling yang berada tidak jauh dari kawasan Ubud, dan digadang-gadang babi guling paling enak di Gianyar, oleh karena itu babi guling ini tidak jarang di padati pembeli jika kalian mampir pada saat jam makan.

Selain harganya murah (18k, tanpa sup dan sate lilit), babi guling Pande Egi ini memiliki rasa yang tajam dengan sambal yang pedas. Side dish yang wajib kalian pesan adalah sate lilitnya (15k/ 5 tusuk), yang juga menjadi menu wajib hampir setiap pengunjung yang sedang dine-in disana. Tempat makannya juga berbeda dari babi guling kebanyakan di Bali, disini kalian akan disajikan hamparan sawah hijau yang luas saat menyantap menu babi guling mereka.

Babi Guling Pande Egi
Banjar Pande, Beng, Kec. Gianyar,
Bali.
Opening Hours : 8am - 10pm (daily)

Babi Guling Pande Egi Google Maps
  • BABI GULING MEN JANJI
Dua babi guling berikutnya saya coba waktu dalam perjalanan menuju Singaraja, tepatnya di daerah Baturiti. Yang pertama bernama Babi Guling Men Janji, namun bukan karena namanya yang unik yang membuat saya mampir mencoba babi guling ini tetapi karena waktu itu banyak warga lokal yang makan di sini sehingga membuat saya penasaran untuk mencobanya.

Sepiring babi guling ini harganya 25k, datang dengan lauk komplit. Bicara soal rasa, overall lauk mereka enak-enak tetapi yang paling menonjol yaitu daging putih dan babi goreng nya. Babi guling ini bisa kalian jadikan pilihan utama jika ingin makan saat perjalanan ke Singaraja dan Buleleng.

Babi Guling Men Janji
Jl. Mekarsari - Baturiti Bedugul,
Tabanan, Bali.
Opening Hours : 8am - 10pm (daily)

Babi Guling Men Janji Google Maps
 
  • BABI GULING DEPOT BETTY
Babi guling di daerah Baturiti berikutnya yaitu Depot Betty. Depot Betty ini bahkan punya 2 cabang yang jarak nya tidak terlalu jauh satu dengan yang lainnya.


Babi guling Betty ini dalam hal rasa tidak begitu menojol alias biasa saja. Yang jelas lauk-lauk nya levelnya lebih pedas jika dibanding kan Babi Guling Men Janji di atas.

Babi Guling Depot Betty
Jl. Mekasari - Baturiti Bedugul,
Tabanan, Bali.
Opening Hours : 7am - 6pm (daily)

Babi Guling Depot Betty Google Maps
  • BABI GULING RENON
Sudah ada sejak tahun 1988 membuat saya penasaran dengan babi guling satu ini. Lokasinya persis di Bundaran Renon maka babi guling ini dinamakan Babi Guling Bundaran Renon.

Isinya seperti selayaknya babi guling, yaitu daging babi putih dengan tekstur yang basah, sosis babi, kerupuk, lawar dan juga sate dengan harga 35k. Tetapi saya kurang cocok dengan babi guling satu ini, bahkan babi guling ini masuk kedalam urutan 2 terbawah jika dibandingkan pesaingnya di blog post ini.

Babi Guling Renon
Jl. Raya Puputan No. 212, Renon,
Denpasar, Bali.
Opening Hours : 8am - 5pm (daily)

Babi Guling Renon Google Maps

Sebenarnya ada beberapa babi guling lagi yang seharusnya saya makan waktu kunjungan saya ke Bali kemarin, hanya saja untuk babi guling Ibu Ratih di Ubud ternyata menurut tetangga yang berada disekitarnya, Ibu Ratih memutuskan tidak berjualan babi guling lagi, sedih banget dengernya, padahal babi guling itu salah satu babi guling yang cukup terkenal di daerah Ubud. Dan satu lagi adalah babi guling Negari, babi guling ini karena sedikitnya informasi yang saya dapatkan dari google membuat saya kesulitan menemukan nya, barangkali ada yang mengetahuinya bisa menolong saya untuk menemukannya. List tentang babi guling di Bali yang saya coba diatas tidak 100% lengkap, tidak menutup kemungkinan ada babi guling lain yang ada di Bali yang enak yang belom saya coba. Bagi kalian yang sudah membacanya dan mempunyai rekomendasi babi guling yang enak di Bali beri tahu saya ya. Terima kasih sebelumnya.

UPDATE [LAGI]
  • BABI BULING MEN LARI
Berawal dari daerah Mengwi, babi guling ini sekarang punya 3 cabang yaitu di pusatnya di daerah Mengwi sendiri, By Pass Munggu dan yang saya coba ini di daerah Canggu. Berbeda dari kebiasaan saya yang mencoba makanan di pusat (tempat pertama buka) karena saya mencoba babi guling ini karena melihatnya waktu menjelajahi daerah Canggu.

Untuk harga, seporsi babi guling komplit nya 40k. Babi guling ini sepertinya salah satu babi guling favorite turis asing karena waktu saya makan disana banyak turis asing yang sepertinya menetap di Bali dine in di rumah makan ini. Untuk rasa dari babi guling standart aja, tidak sampai enak tapi tidak sampai tidak enak.

Babi Guling Men Lari
Br. Den Kayu, Werdi Bhuwana,
Mengwi, Bali.
Opening Hours : 8am - 6pm (daily)

Babi Guling Men Lari Google Maps
  • BABI GULING PAYANGAN BU ARI
Saya sedikit kesulitan apabila mencari babi guling yang belum pernah saya coba di daerah Ubud. Setelah mencari lewat Google, akhirnya saya memutuskan ke salah satu babi guling yang lumayan terkenal yang masih di area Ubud ini.

Untuk rasa overall lumayan (30k/porsi) tetapi waktu saya makan babi putih nya bau, entah memang standart nya seperti itu atau di hari saya datang ada kesalahan teknis sehingga rasa babi putih yang saya dapat seperti itu. Padahal jika ditilik dari review di berbagai site di Google, babi guling ini terkenal enak dan salah satu favorite warga lokal sekitar. Nampaknya lain kali saya akan mencoba lagi, memberi kesempatan kedua semoga next kunjungan rasa yang saya dapatkan tidak seperti ini.

Babi Guling Payangan Bu Ari
Jalan Raya Teges, Peliatan,
Ubud, Bali.
Opening Hours : 9am - 8pm (daily)

Babi Guling Payangan Bu Ari Google Maps
  • BABI GULING PENATIH NYOMAN SIRING
My new favorite babi guling in town (or island). Bahkan jika di urutkan, babi guling satu ini masuk ke jajaran 5 besar babi guling terenak di Bali!

Selain rasanya yang overall enak, harga nya juga tergolong murah, hanya 30k per porsi Nasi Babi Guling Komplit. Yang menyenangkan lagi mereka mengguyur nya dengan bumbu special sehingga membuat nasi nya manjadi basah dengan bumbu yang gurih dan sedikit pedas. Kulit nya juga tidak alot, karena jarang saya menemukan kulit babi yang di jadikan isi babi guling itu crispy, tidak alot. Sayur hijau dan lawarnya juga menjadi daya tarik tersendiri karna rasanya yang enak.

Babi Guling Penatih I Nyoman Siring
Jalan Trenggana No. 69, Penatih,
Denpasar, Bali.
Opening Hours : 7.30am - 5pm (daily)

Babi Guling Penatih Nyoman Siring Google Maps
  • BABI GULING PAN ANA
Saya dapat rekomendasi babi guling ini dari TikTok. Babi guling ini muncul belakangan di fyp saya karena dapat memesan kulit dengan ukuran jumbo disini. Tetapi waktu saya datang ternyata saya kesiangan kulit jumbo nya habis, mereka menganjurkan jika ingin memesan menu yang itu sebaiknya memesan di hari sebelum nya agar pasti dapat.


Walaupun tidak dapat kulit jumbo nya saya tetap semangat karena ternyata babi guling nya termasuk ke kategori yang enak. Kekuatan dari bigul ini terletak di babi putih yang berbumbu medok dan babi crispy nya yang gurih asin. Next karena masih penasaran belum keturutan pesan kulit jumbo dan bigul nya enak saya pasti akan makan kesana lagi. Seporsi bigul special (pisah) disini harganya 40k.

Babi Guling Pan Ana
Jalan Nusa Kambangan Gang 33 No. 4
Denpasar, Bali.
Opening Hours : 8am - 9pm (daily)

Babi Guling Pan Ana Google Maps
  • BABI GULING BU NING
Babi guling berikutnya sebenar nya adalah babi guling yang paling membuat saya penasaran waktu kunjungan ke Bali ini. Karena apa? Karena bigul ini mendapat banyak review positif sehingga saya pun berekspektasi tinggi untuk bigul satu ini.
Setelah mencoba saya seketika langsung kaget, bigul nya tidak sesuai ekspektasi saya. Jika ditanya bagian apa yang enak? Saya pun bingung menjawabnya. Bigul satu ini rasanya bingung mau ke arah asin kah atau manis kah atau gurih kah, klo bahasa Jawa biasanya saya menyebutnya "mondho-mondho" . Lalu saya bingung, apakah saya sedang apes di hari itu mendapat hidangan yang tidak sama seperti biasanya? Seporsi bigul nya di banderol 40k (bigul biasa campur).

Babi Guling Bu Ning
Jalan Raya Kuta No. 22,
Kuta, Bali.
Opening Hours : 11am - 10pm (daily)

Babi Guling Bu Ning Google Maps
  • BABI GULING PANDE BANGLI
Sesuai namanya bigul ini berada di daerah Bangli, dan kebetulan lokasi nya dekat dengan Desa Panglipuran jadi mungkin bisa sekalian mampir jika hendak berkunjung ke Desa Panglipuran. Bigul ini termasuk sudah lejend dan menjadi favorite warga lokal bangli jika mereka ingin makan babi guling. Benar saja waktu saya datang tempat nya sudah full dengan warga lokal yang kebanyakan ngobrol pake bahasa daerah dan saya tentunya tidak bisa menguping.


Sepiring bigul komplit di Pande Bangli ini di hargai 25k, dan semuanya enak! Bumbu nya medok masih tipe-tipe bumbu tradisional Bali nya terasa kental. Disini kalian juga bisa langsung melihat babi guling utuh yang di pasang di depan warung nya sambil sedikit demi sedikit di pereteli bagian-bagian nya oleh penjual untuk disajikan ke pembeli. Bigul ini selain buka di pagi hari mereka buka di malam hari, bisa dijadikan salah satu tujuan makan kalau kalian mencari makan malam di Bangli.

Babi Guling Pande Bangli
Jalan Erlangga No. 16,
Cempaga, Bangli, Bali.
Opening Hours : 9am - 1pm ; 10.30pm - 12am (daily)

Babi Guling Pande Bangli Google Maps

***

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe