ULTIMATE BANGKOK FOOD GUIDE

Friday, March 13, 2020

Salah satu daya tarik dari Thailand selain temple-nya yang megah adalah kulinernya, apalagi di ibukotanya yaitu Bangkok, banyak penjaja makanan yang mempunyai menu andalan khas Thailand yang membuat saya tidak pernah bosan untuk mencicipi makanan khasnya. Tidak hanya terkenal di negaranya sendiri, tetapi makanan khas Thailand juga bisa dengan mudah kita jumpai di luar Thailand tidak terkecuali di Indonesia.
Seperti di yang sudah sering saya utarakan, mencicipi kuliner khas Thailand ini lebih authentic bila kita mencobanya langsung di negara asalnya. Berikut akan saya rangkum beberapa kuliner terbaik yang sudah sempat saya kunjungi, dan semuanya ada di kota Bangkok.

  • JEK PUI CURRY RICE
Kuliner yang pertama ini pasti sudah tak asing lagi bagi kuliner hunter, apalagi kuliner ini semakin terkenal setelah masuk ke acara Street Food di Netflix. Restaurant yang dijuluki "red stool restaurant" atau "musical chairs curry stand" ini sekarang sudah berpindah tempat dari lokasi yang semula di pinggir jalan sekarang berpindah tidak jauh dari lokasi semua dan lebih proper dibanding sebelumnya.








"Aturan" jika ingin makan disini cukup simpel, jika kalian ingin makan di tempat, cukup langsung duduk di kursi merah yang kosong lalu tunggu hingga disamperin untuk ditanya mau pesan menu apa, tetapi jika ingin take away langsung ke stand yang sudah mereka sediakan, yang biasanya take away lebih antri di banding kan dine in. Signature dish mereka adalah Khao Kaeng (Thai curry rice) dengan pilihan daging sapi atau babi, dan jangan lupa tambah chinese sausage (ini bagian terenak!). Curry nya flavourful, mau pake daging sapi ataupun babi sama enaknya.

Jek Pui Curry
25 Mangkon Rd, Pom Prap, Pom Prap Sattru Phai,
Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 3pm - 8pm (everyday)

Jek Pui Curry Google Maps



  • NUER KOO
Sebenarnya makanan yang satu ini tidak sengaja saya temukan ketika sedang kelaparan waktu jalan-jalan di Siam Paragon. Setelah makan baru saya cari info tentang restaurant ini dan ternyata cukup terkenal di Bangkok.


Di Bangkok kalian bisa dengan mudah menjumpai beef noodle seperti yang Nuer Koo tawarkan, tetapi yang membedakan dengan noodle beef yang lain adalah disini kalian dapat memilih sendiri jenis dan tingkatan daging, dari daging sapi biasa sampai kelas kobe beef, faktor lain yang membuatnya unggul dibanding beef noodle sejenisnya yaitu kuah kaldunya rich banget dan daging nya empuk.

Nuer Koo
Siam Paragon
Rama I Rd, Pathum Wan,
Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 11am - 10pm (everyday)

Nuer Koo Google Maps



  • GO-ANG PRATUNAM CHICKEN RICE

Humble chicken and rice stall yang sudah berjualan kurang lebih 50 tahun ini masuk ke dalam salah satu list Michelin Guide Bib Gourmand Bangkok 2020. Kekuatan dari chicken rice ini adalah nasinya yang sangat pulen dan gurih, kalau ayam nya ya selayaknya ayam rebus.




Go-Ang Pratunam Chicken Rice

960-962 30 Phetchaburi Alley, Ratchathewi,

Bangkok, Thailand.

Opening Hours : 6am - 2pm; 5pm - 2am (everyday)



Go-Ang Pratunam Chicken Rice

  • JAY FAI
Kebangetan kalau kalian tidak tau dengan salah satu legend culinary di Bangkok ini. Satu-satunya street food stall di Thailand yang mendapatkan 1 star Michelin sejak 2018, dengan chef nya yang iconic dengan goggles yang selalu dipakai waktu masak. Untuk lebih jelas mengenai Jay Fai, sudah pernah saya bahas di blog tersendiri silahkan bisa dibaca disini.

Jay Fai
327 Maha Chai Rd, Khwaeng Samran Rat,
Khet Phra Nakhon, Krung Theo Maha Nakhon,
Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 2.30pm - 12pm (Tue - Sat)

Jay Fai Google Maps




  • SABX2 WANTON MEE
Kali ini adalah sebuah restaurant penjual mie yang menurut saya overrated. Kenapa? Ya memang sih rasanya lumayan tetapi dengan servis yang sedikit tidak ramah, kurang worth-it untuk di antri sepanjang itu. Karena terlalu ramai nya mereka sampai "ditiru" oleh orang di Singapore dan sempat dikira cabang dari Bangkok ini, hingga mereka memasang pengumuman bahwa mereka tidak punya cabang di manapun.



SabX2 Wanton Mee

4/32-33 Soi Petchburi 19, Pratunam,
Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 9am - 3pm (everyday)

SabX2 Wanton Mee Google Maps



  • NHONG RIM KLONG

Tiba saatnya saya membahas makanan Thailand yang bisa dibilang paling terkenal dibanding makanan khas Thailand lainnya, yaitu Tom Yum. Ada beberapa restaurant yang punya menu andalan Tom Yam inilah yang pertama, Nhong Rim Klong.


Letaknya memang cuma di pinggir sungai tetapi warung makan ini tidak pernah sepi pembeli, apalagi jika jam makan siang kalian harus bersiap untuk waiting list bila makan disini. Sebenarnya tidak hanya tom yum nya yang special, mereka punya banyak macam makanan khas Thailand lainnya seperti pad kee mao crab, fried shrimp with garlic, dan lain sebagainya.










Nhong Rim Klong

Ekkamai Soi 21, Klong Tan Nuea,

Kate Wathana, Bangkok, Thailand.

Opening Hours : 8.30am - 4pm (Mon - Sat)



Nhong Rim Klong Google Maps

  • PE AOR TOM YUM KUNG NOODLE
Ada yang menyebutnya Pee Aor adapun yang disebut P'aor merupakan salah satu restaurant yang terkenal karena Tom Yum nya dan juga the best Tom Yum yang pernah saya makan sampai saat ini.


Untuk Tom Yum mereka punya 2 versi yaitu versi normal yang memakai kuah dan yang versi tanpa kuah. Daging nya pun punya banyak pilihan, mulai dari river prawn, mussels, lobster, sapi sampai babi. Kuah Tom Yum nya sangat rich, creamy, dan perfect balance antara manis, asam, dan asin.

Pe Aor Tom Yum Kung Noodle

68 51 Phetchaburi Rd, Thung Phaya Thai,
Ratchatdewi, Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 10am - 9pm (Mon Closed)

Pe Aor Google Maps



  • JEH O CHULA
Tom Yum terenak kedua setelah tom tum di atas jatuh kepada tom yum nya Jeh O Chula. Sebenarnya restaurant ini punya banyak sekali ragam menu masakan, tetapi mereka juga punya menu tom yum yang juga sangat terkenal yang sering dijuluki Tom Yam Mama. Tetapi saya ingatkan sebelumnya jika kalian ingin kesana dan ingin memesan menu tom yum signature mereka, kalian baru bisa memesan menu tom yum mulai pukul 10.30pm, walaupun resto mereka jam 5.30pm sudah buka.



Tom yum disini ada berbagai macam pilihan walapun tidak sebanyak di P'Aor, disini kalian bisa memilih tom yum dengan isian antara lain ayam, cumi-cumi, babi, sapi, atau all in. Yang agak unik disini mereka memakai bumbu dari mie instan merk mama dengan rasa tom yum yang mereka modifikasi dengan bumbu rahasia sehingga menghasilkan tom yum yang enak. Menu lainnya juga sepertinya menarik, lain waktu saya ingin kesana lagi dengan mencoba menu lainnya. Siap-siap antri ya kalau mau makan disini, tp antri nya fast kok.

Jeh O Chula
113 ซอย จรัสเมือง Rong Muang,
Pathum Wan District, Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 5.30pm - 1am (everyday)

Jeh O Chula


  • MIT KO YUAN

Last recommended tom yum yang saya coba di Bangkok. Restaurant yang terletak di daerah old part of Bangkok ini juga punya menu signature tom yum.


Disajikan di sebuah mangkok sederhana, jauh dari kata fancy tom yum seperti yang lain membuat saat makan ini lebih terasa authentic dari makanan khas Thailand satu ini. Yang membedakan lagi tom yum ini dengan yang lain yaitu mereka tidak menggunakan evaporated milk untuk membuat kuah nya creamy tetapi mereka menggunakan oil dari kepala udang. Walaupun tidak menggunakan evaporated milk tetapi broth dari tom yum mereka creamy, rich, sour nya balance with hit of sweetness.



Mit Ko Yuan

186 Dinso Rd, Sao Chingcha,

Phra Nakhon, Bangkok, Thailand.

Opening Hours : 11am - 2pm ;  4 - 10pm (everyday)



Mit Ko Yuan Google Maps

  • PAD THAI NAROK TAEK
Setelah tom yum mari kita beralih ke makanan khas Thailand lainnya yang ga kalah terkenal yaitu Pad Thai. Untuk definisi pad thai sekiranya saya tidak perlu menjelaskan lebih lanjut, bisa kalian cari tahu sendiri bagi yang kurang paham apa itu pad thai di google. Pad Thai pertama yang saya bahas ini saya dapat rekomendasi dari abang-abang grab yang saya tumpangin di Bangkok.


Mereka hanya punya satu menu yaitu Pad Thai dan mereka tidak punya menu bahasa inggris jadi waktu itu saya pesan terserah chef nya yang penting enak. Setelah makanan keluar menu pad thai mereka di hidangkan di atas piring hot plate dengan isian yang sangat beragam seperti fish maw, fresh river prawn, crispy prawn, prawn cracker, bacon, dsb. Saya suka pad thai mereka karena rasanya ga terlalu manis dan rasa asam nya juga tidak terlalu kuat.Toppingnya pun enak dan komplit.

Pad Thai Narok Taek
286 Lat Ya Road, Khlong Ton Sai,
Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 5.30pm - 10pm (Mon Closed)

Pad Thai Narok Taek Google Maps



  • THIPSAMAI
Pad thai berikutnya sangat terkenal di kalangan turis,dengan antrian yang lumayan panjang apalagi saat jam makan. Bagi saya pad thai mereka memang enak dan termasuk salah satu pad thai legend di bangkok tetapi nothing special dan overrated.






Saran saya jika kalian ingin ke Thipsamai, yang wajib kalian coba bukan pad thai mereka tetapi Orange Juice nya saja. Orange juice mereka manis, dengan bulir-bulir ukuran besar di dalamnya, best orange juice so far!

Thipsamai
313 315 Maha Chai Rd, Samran Rat,
Phara Nakhon, Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 5pm - 1am

Thipsamai Google Maps



  • PAD THAI EKKAMAI
Butuh sarapan tapi malas untuk keluar hotel berakibat buka aplikasi grab adalah jalan ninjaku untuk makan, dengan cara itu lah saya menemukan pad thai ini. Punya rating yang tinggi, buka 24jam, dan menjual makanan khas Thailand membuat saya langsung memesan makanan mereka. Ternyata usut punya usut pad thai mereka adalah salah satu yang terbaik di Bangkok.
Jenis pad thai mereka termasuk ke dalam jenis pad thai normal yang biasa kita pesan di tempat lain, rasanya enak pake topping udang besar-besar lagi.

Pad Thai Ekkamai
303/4 Soi Sukhumvit 63, Khlong Tan Nuea,
Watthana, Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 24 hours

Pad Thai Ekkamai Google Maps


  • MONT NOM SOD
Ini juga merupakan salah satu bakery legend yang ada di Bangkok. Berlokasi sangat dekat dengan Mit Ko Yuan yang sudah saya bahas di atas, awalnya bakery ini hanya stand kecil yang menjual toast with milk (Nom Sod) di tahun 1964, mereka sekarang mempunyai 3 cabang salah satunya di Chiang Mai.


Nom Sod nya ada 2 tipe toasted n steamed bread, dengan topping yang bermacam-macam seperti condense milk, coconut custard, chocolate, pandan custard, dan lain sebagainya. Favorite saya yang toasted version, crispy, salty, dengan topping yang enak smua, ga eneg!

Mont Nom Sod
160 1-3 Dinso Rd, Sao Chingcha,
Phra Nakhon, Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 2pm - 11pm

Mont Nom Sod Google Maps




  • SOMSAK PU OB
Jika kalian big fans of Thai seafood, kalian wajib kesini! Dan ini juga menjadi best food yang saya makan di kunjungan di Bangkok kemarin, restaurant ini juga masuk ke list Bib Gourmand Michelin Guide Bangkok 2020.


Makanan yang mereka jual mempunyai nama asli goong ob woon sen, yang seharusnya topping nya jumbo prawn tetapi disini saya memilih untuk menggantikannya dengan crab. Bisa kalian lihat sendiri diatas walapun kepiting nya tidak terlalu besar tetapi telor nya sangat banyak, hampir di setiap bagian nya dilapisi telor kepiting yang tebal, daging nya pun penuh berisi. Sementara itu glass noodle mereka tidak plain, bumbu dari seafood nya merasuk ke dalam glass noodle nya. Heavenly for food lovers!

Somsak Pu Ob
234 Lat Ya Road, Khlong San,
Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 4pm - 10pm (Mon Closed)

Somsak Pu Ob Google Maps




  • SOMBOON SEAFOOD
Another seafood restaurant legend in Bangkok since 1969 juga masuk ke dalam Michelin Guide Bangkok 2020 kategori The Plate sekarang sudah mempunyai 8 cabang di Bangkok.






Signature dish mereka yaitu fried curry crab menjadi favorite orang banyak termasuk saya. Crab cooked with egg and curry sauce cukup dimakan dengan nasi putih hangat saja sudah cukup membuat saya menghabiskannya hingga sauce di piring nya, delicious!

Somboon Seafood (Surawong)

169 / 7 - 12 Thanon Surawong, Suriya Wong,
Bang Rak, Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 4pm - 11.30pm (everyday)

Somboon Seafood Google Maps



  • SORNTHONG
Mempunyai tipe restaurant yang hampir sama dengan Somboon bisa di bilang Sornthong ini "saingan" dari restaurant di atas. Sornthong ini juga masuk ke dalam list Michelin Guide Bangkok 2020 kategori The Plate.






Menu yang wajib dipesan apabila makan di restaurant ini adalah garlic n chili crab, pork satay, yellow curry crab, fried oyster on a hot plate, stir fried morning glory. Walaupun kalian makan di fish and seafood restaurant, di sini kantong kalian tidak akan "sebolong" jika kalian makan di Somboon.. lol

Sornthong
2829 31 Rama IV Rd, Khlong Toei,
Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 4pm - 1.30am (everyday)

Sornthong Google Maps



  • POJ SPA KAR

Saya yakin tidak banyak orang yang tau Thai Restaurant satu ini. Berlokasi dekat dengan Grand Palace, restaurant ini di sebut-sebut sebagai resaturant tertua di Bangkok. Sudah ada sejak tahun 1925, awalnya pemilik dari restaurant ini adalah chef dari kerajaan di Thailand lalu setelah pensiun, beliau membuka restaurant untuk meneruskan legacy nya dan sampai sekarang resepnya sudah diwariskan secara turun-temurun ke generasi berikutnya.












Dari semua menu yang saya pesan tidak ada yang tidak enak. Terutama Lemongrass omelete nya sampai sekarang masih terngiang-ngiang di kepala saya, simple but tasty. Jika kalian ke sini jangan lupa sekalian mampir ke Kor Panich karena jaraknya berdekatan sekali dengan restaurant ini. Apa itu Kor Panich? Bisa kalian baca disini.


Poj Spa Kar
443 Thanon Tanao, Sao Chingcha,
Phra Nakhon, Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 10am - 5pm (everyday)

Poj Spa Kar Google Maps


  • MR. JOE CRISPY PORK
Nama lain dari restaurant ini adalah Kuay Jab Mr. Joe, karena memang sebenar nya menu signature mereka adalah makanan khas Thailand bernama Kuay Jab. Kuay Jab adalah Thai-Chinese soup yang isinya rice noodle rools dengan kuah porky peppery, dengan condiments beberapa jenis pork organs dan crispy pork belly.








Restaurant ini juga ada di list Michelin Guide Bangkok 2020 di kategori Bib Gourmand. Saya suka kuah dari Kuay Jab nya karena kuah nya tidak terlalu peppery dan tidak over asin, tetapi yang paling menonjol memang crispy pork belly nya sih.

Mr. Jo Crispy Pork
313/7 Thanon Chan, Wat Phraya Krai,
Bang Kho Laem, Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 8am - 4.30pm (everyday)

Mr. Jo Crispy Pork Google Maps



  • GUAY JUB OUAN POCHANA
Another Guay Jub (Kuay Jab / Kway Chap) in Bangkok, located at Yaowarat (China Town at Bangkok). Yang ini juga awarded Michelin Bib Gourmand Bangkok 2020, sudah berjualan sekitar 50 tahun dan hampir selalu antri.




Noodle nya tender but chewy, tetapi disini kuah nya lebih peppery dibandingkan Kuay Jab punya nya Mr. Jo. Ku lebih prefer ke Mr. Jo tapi ini juga enak.

Guay Jub Ouan Pochana
408 Yaowarat Rd, Chakkrawat,
Samphanthawong, Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 6pm - 3am (Tue Closed)

Guay Jub Ouan Pochana



  • PRACHAK PET YANG

Walaupun bukan authentic Thailand food tetapi di Bangkok kalian akan sering melihat makanan ini di jual di beberapa restaurant apalagi di daerah yang ter-infuse budaya China. Salah satu penjaja roasted duck di Bangkok adalah Prachak Pet Yang yang sudah ada sejak 1909.




Saya memesan Pet Yang (large duck plate) dan Char Siew Pork Rice. Daging bebek dan pork nya sama-sama soft and tender, disajikan pakai sauce special sweet and savoury dengan herbs and spices yang tipis tapi berasa.



Prachak Pet Yang
1415 Charoen Krung Rd, Silom, Bang Rak,
Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 8am - 8.30pm (everyday)

Prachak Pet Yang Google Maps

  • SAWANG BAMI KAM PU (SI PHRAYA)
Another food from Michelin Bib Gourmand Bangkok 2020. Restaurant ini terkenal oleh signature dish nya, Thai Wanton Noodles with Crab Claws.


Jika ingin kesini saya sarankan dalam keadaan perut kosong, karena porsi nya hanya cocok untuk snack di malam hari walaupun ada 3 ukuran porsi. Disini saya sampai pesan 3 porsi, bukan hanya karena porsi nya yang kecil tetapi juga karena ini enak! Tekstur hand pulled egg noddle nya al dente, dimasak pakai pork lard dan sedikit secret sauce membuat mie nya ada rasa. Untuk topping, mau crab ataupun bbq pork sama-sama enak tinggal pilih mau yang mana.

Sawang Bami Kam Pu (Si Phraya)
264 Si Phraya Rd, Maha Phruttharam,
Bang Rak, Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 4.30pm - 10.30pm (Mon Closed)

Sawang Bami Kam Pu (Si Phraya) Google Maps



  • HOI-TOD CHAW LAE

Dua restaurant terakhir ini punya menu andalan salah satu makanan khas Thailand favorite saya yaitu Hoi Tod. Hoi Tod adalah oyster omelette, biasanya mereka ada 2 tipe yaitu crispy dan soft. Hoi Tod biasanya disajikan dengan bean sprouts, spring onion, dan chilli sauce. Tidak hanya oyster tetapi kadang ada versi mussels nya.







Di Chaw Lae ini saya prefer pesan yang crispy side, rasanya yang asin, gurih, kriuk nya perfect di mulut berpadu dengan premium oyster, dan juga homemade chilli sauce mereka tidak boleh terlewatkan. Tetapi disini ada beberapa oyster nya yang sedikit berasa amis, tetapi overall enak. Di sini juga terkenal akan pad thai nya, tetapi karena saya tidak mencoba nya saya tidak bisa me-review pad thai mereka.

Hoi-Tod Chaw Lae Restaurant
25 ถนน สุขุมวิท 55 Jhlong Tan Nuea,
Watthana, Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 8am - 10pm (everyday)

Hoi-Tod Chaw Lae Google Maps

  • NAI MONG HOI THOD
Best Hoi Thod yang pernah saya makan so far. Cuma ada 2 yang membekas di hati saya, Hoi Tod Chaw Lae di atas dan yang best of the best ya ini Nai Mong Hoi Thod yang juga lagi-lagi ada di dalam list Michelin Bib Gourmand Bangkok 2020.







Disini mau crispy or soft sama-sama enak, oysters nya benar-benar premium and fresh sama sekali tidak amis. Best of the best!

Nai Mong Hoy Tod
539 Phlap Phla Chai Rd, Pom Prap,
Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 11am - 8.30pm (Mon Closed)

Nai Mong Hoi Tod Google Maps



Demikianlah kira-kira Bangkok Food Guide versi foodandfeast. Saya akan terus update blog post ini jika saya ada kesempatan untuk traveling ke Bangkok lagi di lain waktu, saya harap blog post saya ini dapat membantu kalian jika mencari tempat makan enak di Bangkok ataupun kalian yang bingung must try food apa kalau berkunjung ke Bangkok. Owh iya, FYI aj, list di atas saya buat dalam 3x kunjungan ke Bangkok. Terima kasih sudah menyempatkan membaca blog post ini.

***

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe