MANGO STICKY RICE JOURNEY IN BANGKOK

Friday, March 06, 2020

Mango Sticky Rice atau yang punya nama asli Khao Niew Ma Muang adalah salah satu kuliner yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Tidak hanya kita temui di negara asalnya Thailand, di Indonesia pun kita dengan mudah dapat menjumpai kuliner ini. Tetapi di luar Thailand tidak satupun yang saya coba identik dengan yang di jajanan di Thailand, terutama karena faktor mangga Thailand mempunyai rasa yang berbeda dengan mangga di luar Thailand.

Di Thailand pun mango sticky rice dapat kita jumpai di banyak tempat, tetapi dari beberapa yang saya coba langsung hanya beberapa saja yang membuat saya berkesan saat memakan hidangan ini. Walaupun kita dapat memakan mangga di Thailand sepanjang tahun tetapi tetap saja mempunyai musim mangga (April dan Juni), dan di saat musim mangga tersebut mangga di Thailand akan lebih juicy dan lebih manis. Di bawah ini akan saya list beberapa penjaja sticky mango rice yang membekas di hati.

  • MANGO TANGO
Yang pertama ini buka mulai tahun 2001 dan punya beberapa cabang di Bangkok dan Chiangmai, di Bangkok salah satu cabang mereka yaitu di Central World. Selain mempunyai beberapa cabang, menu mereka pun bermacam-macam dan tentu saja semua berbahan dasar mangga.


Mango Tango
Siam Square Soi 3, Rama 1 Road, Pathum Wan,
Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 12pm - 10pm (everyday)

Mango Tango Google Maps




  • MAE VAREE
Tidak hanya menjual mango sticky rice, Mae Varee yang sudah ada sejak 20 tahun lalu ini juga menjual mangga dalam bentuk buah. Ada beberapa tingkatan mangga yang mereka jual, semakin kualitas nya bagus semakin mahal pula harga yang harus kita bayarkan.
Jika ingin membeli mango sticky rice mereka biasanya hanya ada pukul 6am - 11pm walaupun store mereka buka 24jam. Mereka menjual mango sticky rice nya sudah dalam packaging satu ukuran yang dijamin fresh dibuat hari itu juga. Yang disayangkan dari mango shop ini yaitu mereka tidak menyediakan meja dan kursi sehingga akan lebih disarankan untuk take away kecuali kalian ingim makan di tempat dengan berdiri.

Mae Varee
1 Thonglor Road, Khlong Tan Nuea,
Watthana, Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 24/7

Mae Varee Google Maps


  • KOR PANICH


Sejatinya kekuatan utama dari mango sticky rice adalah nasi ketannya, baru diikuti buah mangga dan coconut milk nya, dan Kor Panich memiliki segalanya. Berlokasi dekat dengan Grand Palace, Kor Panich sudah ada sejak tahun 1932 menjadikan Kor Panich sangat melegenda, kabarnya juga mango sticky rice mereka menjadi langganan Keluarga Kerajaan Thailand dan juga satu-satunya mango sticky rice shop yang masuk ke dalam list Michelin Bib Gourmand Bangkok.





Sticky rice mereka memakai bahan yang berasal dari Chiang Rai bagian utara, dan diproses dengan cara traditional sehingga rasa yang dihasilkan tetap sama seperti pertama didirikan hingga menghasilan glutinous rice yang soft texture tetapi bentuk rice nya masih terlihat, PERFECT! Untuk mangganya tidak usah ditanya lagi, mereka pasti memilih mangga terbaik untuk menemani sticky rice buatan mereka. Selain mangga mereka juga punya menu durian.



Kor Panich
431 433 Thanon Tanao, San Chao Pho Sua,
Phra Nakhon, Bangkok, Thailand.
Opening Hours : 7am - 7pm (daily)

Kor Panich Google Maps



Perjalanan saya menjelajahi Mango Sticky Rice tentu tidak hanya sampai disini, apabila di lain waktu saya berkunjung ke Bangkok lagi, akan saya lanjutkan perjalanan saya mencari mango sticky rice enak dan akan saya update di blog post ini. Nantikan!

***

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe