BLANCO PAR MANDIF

Thursday, May 31, 2018

Post blog saya kali ini masih tentang restaurant di Bali. Kali ini giliran saya akan membahas sebuah restaurant yang berada di daerah Ubud, Bali bernama Blanco par Mandif. Blanco par Mandif ini berlokasi di kompleks Musem Blanco karya seniman terkenal Mario Antoni0 Blanco dan juga restaurant ini disebut-sebut salah satu the best restaurant in Ubud bahkan di Bali.












Aktor di balik Blanco par Mandif bernama Chef Mandif Membramo Warokka, yang sudah malang melintang di dunia kuliner dan juga menjadi juri di beberapa Indonesia TV shows. Genre makanan di Blanco par Mandif ini adalah local Indonesia food dengan degustation style menu. Bagi yang belom tau apa sih sebenarnya degustation menu itu, Dégustation is the careful, appreciative tasting of various foods, focusing on the gustatory system, the senses, high culinary art and good company. Dégustation is more likely to involve sampling small portions of all of a chef's signature dishes in one sitting (sumber : Wikipedia. Degustation mereka punya 2 pilihan yaitu 7 courses (IDR 1.100k/2.200k with beverage pairing) dan 9 courses (IDR 1.250k/2.500k with beverage pairing).


Sebelum mulai makan, seperti budaya orang Indonesia kita di wajibkan cuci tangan sebelum makan, mungkin simpel sih mencuci tangan sebelum makan tetapi mempunyai dampak yang besar terutama bagi kesehatan.







Setelah mencuci tangan acara selanjutnya adalah menikmati aperitif. Aperitif adalah minuman beralkohol yang diminum sebelum makan untuk menstimulate kita. Disini mereka memberikan martini dengan pilihan yang sesuai keinginan kita apakah mau normal, dry atau super dry yang langsung dibuat di depan mata kita.


Pickles














Makanan di atas masih dalam termasuk Amuse Bouche, baru setelah menu diatas masuklah ke 7 courses yang sebenarnya.
Tabanan Farm Cabbage (sesame, kencur, palm sugar)


Yellow Fin Tuna (tomato, torch ginger, basil, vinaigrette)




Cakalang Hand Pulled Noodles (smoked skipjack tuna, kemangi)


Octopus (red bean emulsion, parsley aioli, confit potato)


Tiger Prawn (calf brain, cassava leaves, yellow curry)


Red Snapper (kenikir chimichuri, dhabu dhabu relish, burnt leek)






Tokusen Wagyu (smoked green chili sambal, Cilembu sweet potatoes)




Kelapa Tart (cinnamon custard, raisin, rum)


Cassava "Getug" (raspberry, peanut butter ice cream)


Mignardises








Pengalaman makan di Blanco par Mandif ini menambah pengalaman saya makan fine dining dengan menu Indonesia, menu yang disajikan jenis nya cukup bervariatif dan menarik, hanya saya di sini saya sedikit merasa kebingungan dengan menu-menu yang di sajikan, memang waitress menjelaskan secara lengkap tentang hal yang berhubungan dengan menu seperti menu ini mempresentasikan apa, dibuat dari apa dan bagaimana, tetapi informasi yang diberikan tentang "how to eat" masih kurang bagi saya seperti apa yang sebaiknya dimakan terlebih dahulu atau bagaimana cara menyantap hidangan tersebut apakah per part boleh di mix jadi satu atau sebaiknya dimakan per part, atau mungkin memang menu yang diberikan bisa dimakan terserah dengan style kita masing-masing. Owh iya dan satu lagi semua menu yang disajikan dominan dengan rasa manis, mungkin dominan rasa manis bisa di variasi dominan dengan rasa asin atau yang lainnya sehingga bisa menambah pembendaharaan rasa di mulut.


***

BLANCO PAR MANDIF
Jalan Raya Tjampuhan, Museum Blanco Complex
Ubud - Gianyar, Bali.
📞 +62361 - 4792284
📱+6281277773000
Opening hours: 12pm - 2pm (lunch), 6pm - 8.30pm (dinner).


BLANCO PAR MANDIF GOOGLE MAPS

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe