TAIWAN BEST COFFEE SHOP!

Tuesday, September 19, 2017

Seperti layaknya negara-negara lain yang saya kunjungi, coffee shop menjadi destinasi wajib yang harus saya sambangi ketika berkunjung ke negara lain., tidak terkecuali Taiwan ini. Walaupun coffee Taiwan tidak se-terkenal coffee-coffee seperti di negara Jepang atau Austarlia tetapi bagi penggemar coffee seperti saya wajib mengunjungi coffee shop nya, dan pembahasan mengenai coffee shop ini juga merupakan part yang paling menyenangkan bagi saya. Yok langsung aja ini lah best coffee shop di Taiwan, supaya mudah penyusunannya saya urutkan dari alphabet.
  • ALPHA BLACK COFFEE


Coffee shop yang satu ini mempunyai 2 cabang yaitu di Nanjing San Min area dan yang satu adalah yang saya kunjungi ini di Daan area yang kebetulan sangat dekat dengan hotel tempat saya menginap. Alpha Black tidak mempunyai tempat untuk dine in yang cukup luas, hanya ada beberapa kursi, oleh sebab itu banyak pengunjung yang take away. Walaupun Alpha Black adalah specialty coffee place tetapi mereka juga mempunyai menu yang non coffee seperti chocolate atau jus.


Alpha Black Coffee (大安店)

No. 186, Section 3, Xinyi Road,Da’an District, Taipei City, Taiwan 106
Opening Hours : 7am - 7pm (daily)
Nearest MRT : Daan Station, exit 3.




  • COFFEE DPT
Untuk menuju ke mini coffee shop ini kita harus menuju ke Huashan 1914 Creative Park terlebih dahulu, karena coffee shop ini terletak di dalamnya. Terletak di dekat parking lot, Coffee DPT ini berada tepat di belakang DPT store.






Menunya disni sangat simpel, hanya ada beberapa menu coffee, tea, cookies, dan sandwich. Coffee DPT juga hanya mempunyai meja untuk dine in, tidak banyak hanya sekitar 6 meja. Coffee DPT juga menjadi pilihan tepat untuk beristirahat dan menikmati coffee apabila setelah kalian lelah berkeliling Huanshan 1914 Creative Park.


COFFEE DPT
(inside Huashan 1914 Creative Park)
100, Taiwan, Taipei City, Zhongzheng District, Section 1, Bade Road, 1號中 7B 館.
Opening Hours : 12pm - 8pm (Tue - Sun), 12pm - 7pm (Mon)
Nearest MRT : Zhongxiao Xinsheng Station, exit 1.




  • FIKA-FIKA CAFE


Fika Fika Cafe adalah salah satu dari top 3 coffee shop di Taiwan menurut saya. Selain suasanya cafe nya yang cozy tentunya kopinya juga enak.
Fika Fika adalah sebuah coffee shop yang berfocus di Nordic specialty coffee tetapi tetap tidak kehilangan rasa Taiwan. Pemiliknya bernama James Chen yang juga seorang penggiat coffee dan blogger memfokuskan roastingannya di tingkat bright roast. Untuk mempunyai nama di dunia coffee Taiwan, Fika Fika tidak memerlukan waktu lama. Semenjak James memenangkan Nordic Roasting Championship di tahun 2013, sama dengan tahun Fika Fika mulai berdiri.


















Selain coffee, Fika Fika juga menjual cake dan juga bermacam pilihan marchandise. Tempatnya yang nyaman dan lumayan luas bikin kita betah berlama-lama di tempat ini.




Fika Fika Cafe
No. 33, Yitong Street, ZhongShan Distric, Taipei City, Taiwan 10491.
Opening Hours : 8am - 9pm (Tue - Sun), 10.30am - 9pm (Mon)
Nearest MRT : Songjiang Nanjing Station, exit 4.



  • FONG DA COFFEE (蜂大咖啡)



Terletak di daerah terkenal yaitu di Ximending dan sudah mulai berdiri sejak tahun 1956, disebut-sebut sebagai Taipei Original Coffee Shop. Fong Da juga masih mempertahankan memakai peralatan yang sudah mereka pakai sejak dahulu, walaupun dunia per-coffee an sudah memakai alat-alat yang canggih seperti kebayakan coffee shop sekarang ini. Selain beroperasi sebagai cafe, Fong Da juga menjual berbagai peralatan coffee dan juga menjual beans dengan kualitas yang bisa diacungi jempol.
Mereka mempunyai menu signature dan saya liat waktu disana hampir semua orang yang berkunjung memesan minuman ini, Ice Coffee. Namanya sih simpel tetapi ice coffee mereka dijamin berbeda dengan ice coffee pada umumnya. Dan juga suasana cafe nya tetap terasa seperti cafe jaman dahulu, yang tidak akan kalian temukan di coffee shop masa sekarang di Taipei.


Fong Da Coffee (蜂大咖啡)
No. 42, Chengdu Road, Wanhua Distric, Taipei City, Taiwam 108.
Opening Hours : 8am - 10pm (daily)
Nearest MRT : Ximen Station, exit 1.


  • FUJIN TREE 353 CAFE BY SIMPLE KAFFA (富錦樹353咖啡)
Coffee shop bertema cafe bernuansa hipster ini terletak di Minsheng Community yang berupa jalan dimana kanan dan kiri nya di tumbuhi pepohonan atau yang sering disebut Fujin Tree Street dekat dengan Songshan Airport.
Owner dari cafe ini adalah Berg Wu yang merupakan seorang Barista Champion of Taiwan 2014.






Selain coffee nya, di cafe ini juga menjual berbagai makanan, cake, dan juga minuman lain selain coffee. Fujin Tree Cafe ini juga punya cake yang terkenal dan enak yaitu Castella dan Green Tea Roll Cake yang dibuat dengan Morihan Kyoto Uji Matcha powder yang terkenal dengan kualitas premium.


Fujin Tree 353 Cafe
No. 353 Fujin Street, Songshan Distric, Taipei City, Taiwan 105.
Opening Hours : 9am - 9pm (daily)
Nearest MRT : Songshan Airport Station.


  • GABEE



















Gabee sendiri artinya coffee dalam bahasa Taiwan, berdiri sejak tahun 2004 dan owner nya sebulan kemudian langsung jadi juara Taiwan Latte Art Championship. Tak hanya Taiwan Latte Art Championhip, GaBee juga sudah mengoleksi berbagai macam penghargaan bergengsi di dunia coffee, bisa di cek di WEB GaBee sendiri karena terlalu banyaknya. lol
Bicara masalah coffee nya, GaBee mempunyai varian menu yang lebih banyak dibanding coffee shop pada umumnya, mereka mempunyai berbagai jenis minuman kopi berkarbonasi, dan menggunakan bahan-bahan yang tidak biasa di dalam menu coffee nya seperti pumpkin, watermelon, potato, dan lain sebagainya.





GaBee
No. 21, Lane 113, Section 3, Minsheng East Road, Songshan Distric, Taipei City, Taiwan 105.
Opening Hours : 9.30am - 10pm (Mon - Fri), 9am - 10am (Sat & Sun)
Nearest MRT : Zhongshan Junior High School Station.


  • MEGANE CAFE



Sebelum masuk ke coffee shop ini saya langsung tau apa arti dari Megane yang juga merupakan nama dari coffee shop ini, dan mungkin kalian juga langsung tau melihat 3 foto diatas. Yak megane adalah bahasa Jepang yang artinya adalah kacamata.
Megane punya ruangan yang tidak terlalu besar namun cozy, terdiri dari ruangan indoor dan outdoor. 















Megane Cafe ini adalah my favorite coffee shop sekaligus top 3 coffee shop di Taipei bahkan sebelum saya mencoba coffee nya yang ternyta mereka mengambil bean dari Rufous Coffee yang nanti juga akan saya bahas di bawah, coffee shop yang bernuansa Jepang dan banyak hiasan-hiasan, buku-buku serta beberapa lukisan yang menurut saya "sedikit disturbing".
Saat itu saya memesan hot cappuccino, ice matcha latte dan untuk makanannya saya memesan Mapple & Jam Waffle. Selain coffee, tempat ini juga terkenal dengan ice matcha latte nya yang kabarnya malah ice matcha latte nya the best in town, dan memang benar ice matcha latte nya TOP! Di sini kalian harus order minimal 1 minuman per person, sedangkan makanan tidak ada minimal order.





Megane Cafe
No. 6, Lane 52, Siwei Road, Da'an Distric, Taipei City, Taiwan 106.
Opening Hours : 10am - 8pm (Mon-Sun), 10am - 6pm (Wed)
Nearest MRT : Daan Station, exit 6.


  • RUFOUS COFFEE









Coffee shop dengan kira-kira 30an seat yang bernuansa kayu mahogany ini sudah menjadi coffee shop favorite penduduk lokal Taiwan. Interior nya juga terlihat penuh sesak dihiasi berbagai macam jenis barang. Rufous juga merupakan salah satu pioneer speciality coffee shop di Taiwan, dimana mereka me-roast bean mereka sendiri, dan juga menjadi pemasok bean-bean berkualitas ke beberapa coffee shop yang ada di Taiwan.


Rufous Coffee
No. 339, Section 2, Fuxing South Road, Da'an Distric, Taipei City, Taiwan 106.
Opening Hours: 1pm - 10pm (Fri - Wed), Thursday Close.
Nearest MRT : Technology Building Station.


  • WILBECK CAFE
Yang satu ini adalah coffee shop dengan cabang paling banyak, setidaknya ada 5 cabang hingga kini di Taiwan. Yang saya datang ini adalah Wilbeck dengan konsep hanya untuk take away, memang ada beberapa kursi untuk menunggu pesanan kita ready tp jumlah nya hanya sekitar 5 kursi dengan 1 meja yang menempel di tembok.










Walaupun di tempat ini kecil tetapi tetap tidak mempengaruhi rasa coffee mereka, dan merekapun memiliki mesin roasting sendiri dan menjual bean untuk di take away. Tempat nya yang sengaja di design agak nyentrik ini bikin kita ga nyesel untuk memilih datang ke Wilbeck di cabang ini.




Wilbeck Cafe
No. 26-7, Xinyang Street, Zhongzheng Distric, Taipei City, Taiwan 100.
Opening Hours: 7.30am - 8pm (Mon - Fri), 8am - 8pm (Sat & Sun)
Nearest MRT : Taipei Main Station, Exit M8.


    • WOOLLOOMOOLOO COFFEE
    Coffee shop yang satu ini, aslinya berasal dari Australia. Tidak perlu jauh-jauh sebenarnya bila ingin mencoba Woolloomooloo ini karena di Jakarta pun ada di daerah Menteng. Woolloomooloo Coffee di Taipei punya 3 cabang dan termasuk salah satu coffee shop yang terkenal, yang saya datangi ini adalah salah satu cabangnya yaitu Woolloomooloo Out West.

















    Woolloomooloo Out West terletak di sebuah gang kecil di daerah Ximending, tetapi gang kecilnya penuh dengan mural warna warni. Sayangnya waktu saya datang sedang hujan deras, harus menunggu hujan agak reda bila ingin berfoto-foto di depan cafe ini.
    Coffee dari Woolloomooloo adalah salah satu coffee terenak yang saya minum di Taipei, oleh karena ini Woolloomooloo termasuk top 3 best coffee shop di Taiwan. Selain coffee mereka juga mempunyai beragam menu makanan berat sampai dessert.



    Woolloomooloo Out West
    No.2, Lane 120, Section 2, Wuchang St, Wanhua District, Taipei City, Taiwan 108.
    Opening Hours : 11am - 11pm (Mon - Thu), 10am - 12am (Fri, Sat, & Sun)
    Nearest MRT : Ximen Station, exit 6.


    • XIAOMIJO CAFE (小米酒咖啡館)
    Coffee shop yang satu ini dan juga yang terakhir yang saya bahas di Taipei terletak di daerah  Yong Kang Street yang merupakan dining destination di Taipei. Xiaomijo adalah coffee shop terunik yang saya datangi di Taiwan, bagaimana tidak? Di sini kita diharuskan apabila ingin berbicara harus menggunakan suara sekecil mungkin, atau bisa dibilang tidak boleh berisik sama sekali. Begitu kita datang dan kita duduk, waitress langsung memberikan menu sekaligus memperingatkan kita untuk tidak berisik bila ingin berbicara. Apabila kita secara sengaja atau tidak sengaja berbicara terlalu keras atau tertawa terlalu keras sang waitress langsung akan mendatangi kita untuk mengingatkan, agak seram ya? lol
    Selain cocok bagi coffee lovers, tempat ini juga cocok bagi kalian yang perlu ketenangan dan ingin mengerjakan sesuatu seperti tugas dalam ketenangan. 


    Xiaomijo Cafe (小米酒咖啡館)
    No. 5, Lane 41, Yongkang Street, Da'an District, Taipei City, Taiwan 106.
    Opening Hours : 1pm - 10pm (Tue - Fri), 12pm - 10pm (Sat & Sun), Monday closed.
    Nearest MRT : Dongmen Station, exit 5.



    BONUS
    • RETRO MOJO COFFEE




    Kenapa saya sebut bonus? Karena coffee shop ini tidak berada di Taipei, melainkan di Taichung. Coffee shop ini selain mempunyai coffee yang lumayan enak, tempat nya di desain sangat artistik. Coffee shop berlantai 2 ini dibuat hampir menyerupai perpustakaan dimana banyak berjejer buku-buku di rak yang besar dari kayu, dan di lantai dua nya pun separo lantainya terbuat dari kaca.

    Retro Mojo Coffee

    No.116, Section 1, Wuquan West Road, West District, Taichung City, Taiwan 403.
    Opening Hours : 8.30am - 8pm (Sun - Fri), 9am - 8pm (Sat)
    No MRT in Taichung.


    Karena terbatasnya waktu di Taichung, saya hanya sempat mengunjungi satu coffee shop ini. Semoga di lain waktu jika explore Taiwan lagi saya sempat explore coffee shop di daerah-daerah lain di Taiwan seperti Tainan, Kaoshiung, dan kota-kota lainnya.





    Coffee shop di Taiwan hampir semuanya punya drip coffee seperti ini, cocok untuk yang ingin menikmati coffee mereka dirumah, atau untuk sekedar oleh-oleh, kalau saya sih buat saya sendiri, dinikmati di rumah, enak dan praktis! 😂


    ***

    You Might Also Like

    0 comments

    Like us on Facebook

    Subscribe