XIMENDING 西門町 TAIWAN FOOD GUIDE

Friday, September 22, 2017

Ximending atau yang kadang orang menyebut Ximenting adalah suatu pedestrian zone pertama dan terbesar yang ada di Taiwan. Ximending juga merupakan shopping distric dan juga surga bagi pecinta kuliner. Seperti layaknya suatu pusat kuliner, pasti akan ada berbagai jenis pilihan makanan. Dan karena perut kita hanya terbatas menampung makanan, maka saya akan sedikit memberikan panduan apa saja yang enak dan yang worth it untuk dibeli.


  • JI GUANG XIANG XIANG JI (继光香香鸡)
Apabila kita masuk ke daerah Ximending yang dimana terdapat store H & M di sebelahnya, kita akan langsung dapat menyaksikan suatu gerai makanan yang terdapat antrian yang cukup panjang. Yak itu sudah bisa dipastikan Ji Guang Xiang Xiang Ji! Sudah dapat ditebak dari namanya, Xiang Xiang Ji yang dimana artinya adalah fragrant fragrant chicken menjajakan street food fried chicken. Lalu apa istimewanya Ji Guang Xiang Xiang Ji?


Ji Guang sendiri berasal dari Taichung dan sudah berdiri kira-kira 40 tahun hingga sekarang, dan di Ximending ini bukanlah satu-satunya cabang Ji Guang, masih ada cabang yang lain. Potongan ayam bagian dada dengan ukuran sedang yang empuk dan lembut digoreng hingga berwarna kuning keemasan dan dibumbui dengan bumbu rahasia campuran merica dan beberapa Chinese herb menjadikan jajanan fried chicken ini lain dan membuat para pembelinya rela mengantri.


Ji Guang Xiang Xiang Ji (继光香香鸡)

No. 121-1, Hanzhong St, Wanhua District, Taipei City, Taiwan 108
台北市萬華區漢中街121-1號
Opening Hours : 11.30am - 11pm



  • AY CHUNG RICE NOODLES (阿宗麵線)
Yang satu ini adalah jajanan favorite saya di Ximending, terhitung hampir tiap hari saya beli Ay Chung.





Makanan ini adalah salah satu tujuan utama saya datang ke Taiwan! Bowl nya yg terdapat logo berwarna ijo sudah eye-catching bgt di mata saya, kabar yg saya dengar ini enak bgt. Ternyta kabar burung yang berhembus benar, ini ENAK MAMPUS!! Terhitung di Taiwan 1 minggu saya hampir setiap hari jajan ini.. 😂 Ah Zong Mian Xian 阿宗麵線 punya beberapa cabang dan cabang yang sering saya kunjungi adalah yg di Xi Meng Ding 西门町 area selalu antri dan hendaknya kita makan dengan berdiri wlpun ada kursi2 dalam jumlah terbatas bagi yang membutuhkan. Mee Sua nya yg lembut dan kenyal dengan kuah kental yg super gurih, dengan potongan ikan di kuah nya yg menurut saya itu semacam smoked tuna flakes. Dan untuk harga cukup murah, ukuran bowl kecil seharga NT$ 50 dan untuk ukuran besar NT$ 60. Harus beli klo ke Taiwan lagi! ••• #aychungflourricenoodle #阿宗麵線 #ahzongmianxian #foodandfeastTaiwan
A post shared by Surya Wijaya | 📍JOGJA 🇮🇩 (@nyonyokecil) on
Seperti yang post saya di Instagram, makanan satu ini makanan wajib bukan hanya bila kalian ke Ximending tetapi must buy kalau kalian ke Taiwan.


Ay Chung Rice Noodles (阿宗麵線)
No. 8-1 Emei Street, Taipei Wanhua District, Taipei City
台北市峨嵋街8號之1

Opening Hours: 10am - 10.30pm (Mon - Thu), 10am - 11pm (Fri - Sun)



  • YU'S ALMOND TOFU (于記杏仁豆腐)
Lokasinya terletak di dekat CityInn Hotel Plus Ximending, tempat ini specialist menjual berbagai macam dessert yang bahan utamanya terbuat dari almond milk.


Mereka menjual berbagai olahan susu almond, mulai dari susu almond original, snowflakes ice, almond tofu, bermacam kue, dan lain sebagainya. Jajanan ini termasuk jajanan sehat karena almond nya 100% original dan rasanya tidak manis.




Yu's Almond Tofu (于記杏仁豆腐)
No. 101, Héngyáng Rd, Zhongzheng District, Taipei City, Taiwan.
台北市中正區衡陽路101號一樓
Opening Hours : 10.30am - 10.30pm (daily)




  • MUAH CEE (麻糍)


Muah Cee (glutinous rice balls coated with peanut and sugar), atau kita biasanya menyebut mochi. Di Taiwan muah cee nya beda dari mochi versi biasanya, disini muah cee tanpa isi, lebih kenyal dan tidak terlalu manis.

Muah Cee di Ximending bisa kalian temui di pinggir-pinggir pedestrian zone, mereka hanya berjualan dengan stall.





  • 50 LAN (50嵐)
Yang satu ini adalah bubble tea. Sebagai negara asal muasal bubble tea, sudah pasti ini tidak boleh terlewatkan. Pertama saya ke Taiwan saya langsung mencari brand bubble tea favorite saya yaitu KOI, tetapi aneh, saya tidak menemukan ada store KOI di Taipei. Ternyata 50 Lan adalah KOI di Taiwan, mereka membuka cabang di negara lain dengan nama KOI. 50 Lan sudah ada di Taiwan sejak tahun 1994 dan merupakan cikal bakal bubble tea yang sedang booming saat ini, dan cabangnya pun di seluruh Taiwan ada 50 cabang, walaupun nama 50 Lan tidak ada hubungannya dengan jumlah cabang nya saat ini, sang owner kabarnya menamai 50 Lan hanya supaya mudah diingat.






Untuk jenis minuman mereka hampir mirip dengan KOI (ya iya lah kan memang sama), mereka mempunyai 5 main type drink yaitu tea, jelly, milk tea, latte, and juice. Rasanya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, TOP!!

50 Lan (50嵐)

Lane 50, Section 2, Wuchang St, Wanhua District, Taipei City, Taiwan 108.
Opening Hours : 10am - 10pm
50 Lan Facebook



  • PRINCE CHEESE POTATO (王子起士馬鈴薯)
Pada awalnya jajanan ini populer karena sering muncul di acara televisi, seperti nampak di storefront mereka. Kentang deep fried, ditambah dengan kira-kira 10 toping yang bermacam-macam seperti bacon, ham, telor, jagung, tuna, brokoli, dan lain sebagainya, setelah itu di guyur dengan saos keju panas. Kekuatan mereka ada di saus keju panasnya, gurih dan tidak eneg, cheese lover pasti suka. Owh iya lokasi Prince Cheese Potato satu deret dengan 50 Lan.








Prince Cheese Potato (王子起士馬鈴薯)

No. 49-3, Emei St, Wanhua District, Taipei City
台北市萬華區峨嵋街49-3號
Prince Cheese Potato Facebook


  • JAPANESE GRILLED MOCHI (沖繩日式碳烤麻糬)





Stand muah chee ini masi berderetan dengan stand 50 Land dan Prince Cheese Potato, stand Japanese Grilled Mochi ini terletak paling pojok. Mochi/muah chee yang satu ini sedikit berbeda dengan muah cee biasa, walaupun bahan dasarnya muah chee biasa tetapi disini muah chee nya dibakar terlebih dahulu sebelum disajikan dengan beberapa pilhan sauce.
Jujur pada awalnya saya sedikit meragukan makanan ini, apakah memang enak sehingga pembeli secara bergantian memadati stand mereka yang dihiasi lampion merah. Grilled muah chee nya disajikan dalam keadaan panas, wangi dari muah chee waktu dipanggang membuat saya penasaran, ada beberapa pilihan sauce seperti Japanese soy sauce, peanut, cheese, condense milk, dan lain-lain. Pertama coba saya langsung putuskan beli lagi dengan rasa lainnya, muah chee nya gurih dan chewy dengan bagian luar yang crispy, dari semua rasa yang saya coba cocok-cocok smua dipadu dengan muah chee nya, jadi ga perlu khwatir mau pilih yang rasa apa, tergentung selera kalian.


Okinawa Japanese Grilled Mochi (沖繩日式碳烤麻糬)

No. 49, Emei St, Wanhua District, Taipei City 萬華區峨嵋街49號
Opening Hours : 12pm - 10pm (daily)



  • HOT-STAR LARGE FRIED CHICKEN
Kok Hot-Star? Jauh-jauh ke Taiwan kok makannya Hot-Star juga? Eits jangan salah, rumus bahwa makanan lebih enak di tempat asalnya juga berlaku untuk makanan ini. Fried chicken yang memang aslinya dari Taiwan ini, memang lebih enak daripada cabang-cabangnya yang ada di negara lain.


Hot-Star Large Fried Chicken

No. 36, Hanzhong Street, Wanhua District, Taipei City, Taiwan 108.
Hot-Star Website





  • SNOW KING ICE CREAM (雪王冰淇淋)
Sebuah ice cream shop yang sudah ada sejak tahun 1947 ini mempunyai 70 varian ice cream berbeda. Sebenarnya apabila dilihat dari store nya terlihat seperti ice cream shop biasa. Yang membuat ice cream shop ini wajib kalian coba bila datang ke Ximending adalah rasanya yang tidak biasa, malah bisa dibilang rasanya tidak biasa untuk rasa sebuah ice cream.
Setelah membaca menu saya langsung memesan se-scoop ice cream dengan rasa Abon Babi, aneh kan? Sebelum mencobanya saya juga sempat sangsi, apa enak? Apa tidak aneh? Ternyta enak! Rasanya seperti benar-benar abon babi tetapi dalam bentuk ice cream, gurih dan dingin Dan pork floss nya tidak hanya perasa makanan saja, tetapi benar-benar ada potongan abon babi di dalam ice cream nya. Selain abon babi, mereka juga mempunyai pilihan rasa aneh lainnya seperti sesame oil stewed chicken, wasabi, pork knuckle, gingseng, rice cake, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagi yang ingin rasa ice cream normal jangan khawatir, mereka juga punya rasa-rasa ice cream normal kok.


Snow King Ice Cream (雪王冰淇淋)
100, 65號, Section 1, Wuchang St, Zhongzheng Distric, Taipei City, Taiwan.
Opening Hours : 12pm - 8pm



Tidak hanya kuliner di Ximending, tetapi saya juga punya refernsi apabila ingin membeli buah tangan yang berupa makanan yang bisa dibawa dan tahan sampai di tanah air. Makanan yang saya referensikan untuk di beli ini unik dan asli dari Taiwan.
  • SOPHISCA 


Sophisca adalah sebuah candy brand yang berdiri sejak tahun 1997, dan mempunyai spesialisasi dalam produk chocolatenya. Yang membedakan dengan chocolate lain adalah bentuk dari chocolate nya, ada yang berbentuk pembalut wanita, lipstick, condom, bra, celana dalam, dan juga ada yg berbentuk balsem dengan bau nya balsem juga.


Sophisca
No. 22, Lane 50, Section 2, Wuchang St, Wanhua District, Taipei City, Taiwan 108.


  • GAYKE
Gayke atau biasa yang disebut Penis Cake sejatinya adalah waffle dengan bermacam sauce yang membalurinya. Gayke ini bisa kalian dapatkan di Ximending ini ataupun di Shilin Night Market dimana di Shilin Night Market lebih banyak yang menjual nya dan lebih bermacam variasinya. Selain rasa manis, gayke ini juga ada yang rasa asin dengan sosis sebagai isi nya, layaknya hot dog.


***

XIMENDING 西門町
Nearest MRT : Ximen Station, exit 6.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe