NAMAAZ DINING

Tuesday, February 21, 2017

Pasti kalian sudah pernah dengar tentang "Molecular Gastronomi". Saya melihat dan mengetahui tentang molecular gastronomi pertama kali dari televisi, dan saat itu saya melihat tayangan "Bukan Hitam Putih" yang dahulu masih bernama "Hitam Putih". Saat itu bintang tamu nya Andrian Ishak yang saat itu memperkenalkan menu nya yg bernama Dragon Breath, yaitu semacam cookies yang diberi liquid nitrogen sehingga apabila dimakan si pemakan akan bisa mengeluarkan asap dari mulut nya. Sejak saat itu saya mencari informasi tentang molecular gastronomi, dan saya menemukan ternyata Adrian Ishak mempunyai restaurant yang bernama NAMAAZ DINING.
Lalu saya langsung penasaran ingin mencoba dikarenakan menunya yg unik-unik dan saya ingin tahu makanan seperti itu rasanya seperti apa. lol
Menu yang saya review di post saya ini bertemakan SUPERMARKET, dan ini kunjungan saya yang ke-3 dan sampai kunjungan ini saya masi tetap amazed dengan menu kreasi mereka dan cara penyajiannya yang saya belom pernah menemui yang seperti ini. Untuk datang kesini kita diharuskan reservasi terlebih dahulu di web nya, di sana kita bisa memilih tanggal berapa kita akan melakukan reservasi dan jam berapa, ada 3 jam yang dapat kita pilih yaitu jam 7.30pm, 8pm, dan 8.30pm. Setelah selesai melakukan reservasi kita dikirimin email konfirmasi dan kita diharuskan membayar penuh terlebih dahulu dengan cara transfer. Untuk kunjungan ke-3 ini yang bertemakan "Supermarket" saya memperoleh harga 1.250k/orang, harga itu sudah mengalami kenaikan dibanding kunjungan pertama saya dahulu.
Menurut saya di harga 1.250k/orang terbilang murah, Namaaz menyajikan set menu berjumlah 17 menu dalam rentang waktu makan 2-3jam, dan ide yang mereka keluarkan untuk membuat setiap menunya pantas diberi harga segitu dan bahkan lebih menurut saya. Walapun terbilang berukuran kecil di setiap menunya tapi percayalah itu mengenyangkan sekali, dan saran saya jangan makan/ngemil terlebih dahulu sebelum kesini. Untuk kalian yang ada moment seperti ulang tahun, ingin menembak gebetan, ataupun ingin melamar silahkan sertakan keinginan kalian di kolom keterangan pada saat reservasi, mereka akan memeberikan satu menu gratis dan pasti unik. Owh iya, mereka cuma melayani max 28 orang setiap malamnya, jadi kalian bisa makan dengan lebih private, dan tema supermarket masuk ke season 7 dan mereka berganti tema/menu setiap 8 bulan sekali.
Langsung saja ya begitu duduk kalian akan di info tentang tema kita kali ini bakalan seperti apa dan mereka mempunya slogan yaitu "what u see is not what u get" dan semenjak mengenal slogan itu di Namaaz Dining saya jadi tidak percaya lagi apa yang saya lihat bakalan sama dengan apa sebenarnya rasa yang bakalan kita dapatkan. lol



Di meja sudah tersedia sebuah dompet berwarna silver, dan selayaknya kita berkujung ke supermarket sudah ada daftar belanjaan dan uang di dalam dompet, dan daftar belanjaan itu adalah juga menu makanan kita.
  • Pecah Belah


Ini dia list belanjaan kita yang pertama, mereprentasikan barang pecah belah. Bisa tebak ini apa? Ini rasa sebenarnya adalah rujak mangga, rujak mangga tradisional dengan bumbu kacang.
  • Pembersih Kaca





Ini adalah sayur bening, kalian pasti sudah pada tau kan sayur bening, sayur bayam dengan kuah bening, isinya selain sayur bayam ada jagung, tomat, dan juga bawang merah. Cara memakannya seperti kita membersihkan kaca, semua isi sayur bening nya di wipe ke bawah lalu tinggal dimakan seperti biasa.


  • Detergent






Detergent actually adalah manisan carica, buah khas dari daerah Dieng Wonosobo ini dipergunakan dengan mempresentasikan detergent, cairan yang dituangkan tersebut adalah cairan lemon dan akan bereakasi mengeluarkan busa seperti pakaian yang diberi detergent. such a fun experiment!
  • Roti & Selai
Selanjutnya kita akan berbelanja roti dan selai, roti dan selai yang bisanya untuk kita sarapan kali ini memang sih berbentuk selai dan roti sungguhan tp tunggu dulu yang ini bukan "roti & selai" yang sebenar nya! Mari kita lihat penampakkannya.














Melihat penampakannya aja pasti kalian bingung, dari mana bisa roti dengan berbagai macam selai seperti itu bisa disebut gudeg? Tunggu dulu guys, di atas saya sudah sebutkan kalau jargon mereka itu "what u see not what u get" benar-benar diimplementasikan kedalah menu mereka yang satu ini. Roti nya yang digunakan pertama sebagai dasar sebelum "selai" nya dioleskan adalah kuah opornya dan untuk "selai" nya yang berwarna merah adalah sambal krecek, yang berwarna coklat adalah gudeg nya, yang berwarna kuning adalah telor, dan yang berwarna hijau adalah seledri, seledri disini digunakan sebagai bahan pengganti daun singkong. dan yang terakhir yang berbentuk mirip keju diatas nya adalah ayam yang sering kita jumpai sebagai lauk dari gudeg yang sebenarnya. Unik bukan?
  • Mie Instant







Semua pasti sudah perna membuat, minimal makan mie instant ya? Mie instant pada umumnya memerlukan waktu paling sedikit 3menit untuk membuat nya, lain hal nya dengan menu satu ini, kita hanya perlu membuat mie instant dalam hitungan detik saja. Untuk sayur nya yang berada di dalam plastik tinggal di masukkan ke kuah di dalam mangkok, tidak perlu di buka dl plastiknya karena plastiknya dapat dimakan dan larut di dalam air, dan berikut nya bahan yang ada di dalam botol tinggal di-crut-kan ke dalam kuah nya langsung jadi deh mie nya tinggal dimakan sperti biasa.
  • Daging Giling


Yang satu ini actually adalah fruit cocktail, yang menyerupai daging giling berwarna merah itu adalah semangka yang di keringkan sedemikan rupa sehingga seluruh cairan yang terkandung di dalamnya dapat habis dan apabila dimakan rasanya jadi menyerupai tomat kering. Cara memakannya adalah pertama kita makan yang menyerupai daging giling nya terlebih dahulu setelah dikunyah beberapa saat lalu minum dari cairan yang ada di dalam cangkang telor nya dimana itu adalah orange juice yang dibikin menyerupai kuning telor.
  • Udang


Seperti yang kita lihat di supermarket, udang selalu di display dengan menggunakan es batu di bagian bawah nya. Seperti juga dish kita satu ini yang apabila dimakan ternyata adalah Urap Bali.
  • Ikan


Dish kita selanjut nya adalah Ikan, kali ini mereka mempresentasikan Ikan yang selalu di tawarkan di supermarket dengan di balut plastik bening di atasnya, yang ini juga mirip ada bagian putih bening di bagian atas nya dan bisa dimakan. Di dalamnya adalah nasi ikan pesmol, yang ikan nya adalah nasi, ikan kakap merah, sayur, dan sambal dadak, dan yang terpenting diatasnya yang berwana hijau adalah petai/pete yang dikeringkan dan di grinder sampai halus dan ditaburkan diatasnya. Hati-hati guys yang tidak suka petai/pete.. XD
  • Cumi







Kalau dilihat sekilas makanan yang satu ini tidak berhubungan sama sekali dengan cumi, sekilas seperti kulit lumpia yang di gambar dengan barcode dan ada sayur dan sedikit sauce di pinggie nya, tetapi gambar barcode itu bukan sembarang gambar guys, gambar barcode itu benar-benar bisa di scan dan apabila di scan akan muncul makanan apakah yang disajikan kali ini. Ya benar, apabila dimakan ini benar-benar Tumis Cumi dalam bentul lain dari biasanya tentunya.
  • Buah Segar




Melihat jala berwarna putih pasti pikiran kalian langsung teringat buah di swalayan yang seperti apel, jeruk, pear biasanya dibungkus menggunakan plastik berbentuk jala. Yang ini adalah Kari Kambing, bagian yang dibungkus jala itu adalah kuah kari nya.
  • Saos Sambal




 Kenapa dinamakan Saos Sambal untuk menu kali ini? karena di 5 titik yang disajikan diatas piring terdapat 5 jenis sambal khas Indonesia. Dari yang paling tidak pedas (bulatan paling besar) sampai ke yang paling pedas (bulatan paling kecil). Jenis sambalnya antara lain; sambal dadak, sambal ijo, sambal kacang, sambal terasi, dan sambal korek, tetapi maafkan saya lupa urutannya.. Untuk ayam nya itu adalah ayam kodok, ayam yang cara pengolahannya dikeluarkan smua daging nya dicincang lalu dimasukkan lagi ke dalam ayam nya sehingga menyerupai utuh kembali, tetapi disini unik nya ayam kodok nya dibuat benar-benar sebesar kodok.


  • Makanan Kaleng




Apakah ini caviar? Ternyata bukan guys (walapun saya berharapnya ini benar-benar caviar) Ini adalah arem-arem, dan menurut saya ini juga menu paling enak. Yang mirip caviar itu adalah kaldu sapi diberi kecap dan dibawah nya terdapat nasi, telor, dan daging sapi seperti layaknya arem-arem, dan dikemas seperti makanan kaleng.


  • Parfum




Tibalah kita di menu dessert, dan dessert pertama kita adalah parfum? Dinamakan parfum karena terdapat 3 aroma yang bisa dipilih untuk menemani dessert kita yang berbentuk seperti bulatan di atas tempat berbentuk setengah telor yang dimana ini adalah Gemblong, kue tradisional khas Indonesia ini disni tidak mempunyai rasa, rasanya kita dapatkan dari botol mirip parfum, ada 3 rasa yaitu coffee, rhum, dan durian. Jadi pertama nya kita makan gemblong nya yang berasa tawar setelah itu kita cium aroma dari "parfum" yang kita pilih dan gemblong yang kita makan tadi bakalan berasa seperti aroma yang kita cium!


  •  Lipstik
Daftar belanjaan kita selanjutnya atau bisa dibilang dessert ke-2 kita selanjutnya adalah Lipstik. Loh kok listik? Tenang guys ini adalah Clorot, kue tradisional khas Bali ini memamg mempunyai kemiripan dengan lipstik, cara menggunakannya/memakannya adalah sama-sama dengan memunculkan ujung nya agar bisa digunakan/dimakan, uniknya lagi kue clorot yang berbentuk lipstik ini diberi warna sehinggal benar-benar apabila dioleskan ke kulit/bibir kita dapat meninggalkan warna merah seperti lipstik sebenar nya, dan juga disajikan bersama dengan cermin, jadi bagi kalian yang ingin touch up bisa sekalian pake clorot ini.. lol

  • Bedak Bayi




Dessert kita terakhir dari set menu bertema Supermarket ini adalah bedak bayi. Bedak bayi didapat dari aroma pertama kali dibuka dan mengeluarkan asap, dan dessert ini presentasi dari dadar gulung. Semua yang ada di dalam wadah nya itu bisa dimakan termasuk bunganya.



Dan itu lah set menu dari Namaaz Dining season 7 yang bertemakan Supermarket, semua merupakan new menu dan tidak bakalan ditemui di season sebelumnya. Tapi tunggu dulu jangan bersedih, ternyata seperti yang saya sampaikan di awal, mereka memberikan bonus 2 course untuk tema kali ini, dan 2 course tambahan itu adalah:





Ini adalah jelly buah, dessert awalnya yang nampak biasa aja ini terlihat beda ketika semua lampu di restaurant dimatikan dan seketika dessert ini menjadi glow in the dark. Es nya yang berbentuk hati itu adalah es batu biasa dan yang bagian kuning nya itu adalah jelly dengan rasa buah-buahan. 
Seharusnya waktu course Jelly Buah ini kita mengeluarkan uang mainan yang ada di dalam dompet waktu kita pertama kali datang yang ada di atas meja, tetapi saat itu mereka nampaknya lupa menginfokannya kepada kami. Di uang itu terdapat tulisan yang dapat menyala di dalam gelap.














Sebelum extra course ini keluar mereka membagian jas hujan plastik kepada semua yang sendang berada di dalam restaurant, karena dessert ini sudah pernah ada di beberapa season sebelum nya saya tentu tidak bingung. Dessert kali ini adalah ES PODENG! 
Setelah semua sudah memakai jas hujan dan menutupi seluruh barang-barang bawaan para tamu yang ada, mereka lantas membagian piring yang terdiri dari beberapa part yang saya sendiri tidak tau pasti apa saja yang ada di dalamnya, dan setelah itu mereka menuangkan semacam bola (yang tentunya bisa dimakan) yang sudah direndam di dalam liquid nitrogen, lalu bola coklat nya dipecahkan oleh mereka dan percikan hebat langsung seketika terjadi, seperti permen pop rock yang bisa meledak-ledak di mulut. Saran saya sebelum mereka menyajikan menu ini, segera tutupin smua barang termasuk handphone dan tas kalian kalau tidak ingin terkena percikan nya dan jadi kotor dan lengket. Dan jangan lupa juga pakai jas hujan yang sudah diberikan, tutup smua sampai ke rambut kalian ya guys. FYI dulu waktu dessert ini pertama diberikan saya tidak diberikan jas hujan atau pelindung sama sekali, dan setelah itu mereka belajar dari pengalaman dan mungkin menerima komplain dari para konsumen sehingga mereka sekarang memberikan jas hujan dan menutupi seluruh barang bawaan kita. *kasijempol*
Es Podeng ini juga merupakan salah satu menu favorite saya, dan mungkin jadi favorite orang banyak juga, jadi mereka memberikan ini sebagai extra course setiap makan di Namaaz Dining, dan saya tidak tau mereka bakalan memberikan ini sampai season berapa.



Setelah Es Podeng ini, dinner kali ini benar-benar selesai. Ini kunjungan ke-3 saya dan setiap saya berkunjung kesini saya selalu amazed dengan semua menu dan semua yang dilakukan mereka di setiap seasonnya. Untuk harga yang tertera di web, kalian sudah mendapatkan free flow mineral water, dan apabila kalian menginginkan wine, kalian juga dapat memesannya dan tentunya ada biaya tambahan untuk itu. Walapun ini sudah kali ketiga saya mencoba dinner di Namaaz, saya tidak pernah bosan untuk datang lagi untuk mencicipi menu di season lainnya yang sudah dipastikan bakalan beda dan unik.
Lain waktu apabila saya mencoba makan di Namaaz lagi untuk season berikutnya saya pasti akan sharing dengan kalian lewat post diblog saya ini, dan saya mungkin juga akan mem-post kunjungan ke Namaaz saya 2 season terdahulu (dikarenakan fotonya baru dicari.lol). Nantikan ya Guyz!




------------------------------------------


NAMAAZ DINING
Jalan Gunawarman No. 42
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jakarta 12110
Phone : +628111557798
Email : info@namaazdining.com
Opening Hours : Tuesday 5pm-12am, Wed - Sat 6.30pm-12am
Sunday & Monday Closed
Reservation Only, thru Namaaz Reservation


Namaaz Dining Google Maps


You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe