10 KULINER WAJIB YOGYAKARTA VERSI FOODANDFEAST!!

Monday, June 03, 2019

Salah satu hal yang sering saya tanyakan ke diri saya sendiri waktu mengunjungi ke suatu daerah adalah harus makan apa sih di daerah itu? Begitu pula pertanyaan yang sering saya dengar dari teman-teman dari luar kota jika hendak berkunjung ke Jogja sering terlontar pertanyaan serupa, wajib makan apa sih kalau ke Jogja? Saya akan sedikit mencoba memberikan beberapa kuliner yang menurut saya wajib di coba apalagi bagi kalian yang baru pertama kali datang ke Jogja. Berikut list nya :


  • GUDEG SAGAN

Kuliner pertama yang wajib di coba waktu mengunjungi kota Jogja tercinta ini adalah Gudeg, dan mungkin gudeg adalah makanan  paling identik dan ter-famous di kota ini sehingga julukan Kota Gudeg juga disematkan untuk kota Jogja. Penjaja gudeg di Jogja bisa dibilang sangat banyak dan mungkin tak terhitung, tetapi pilihan saya jatuh kepada Gudeg Sagan. Saya memilih gudeg sagan karena gudeg mereka mempunyai isian yang rata-rata enak semua, dari sayur nangka yang tidak terlalu manis, krecek yang tidak terlalu pedas, dan ayam nya empuk dan gurih. Bagi kalian yang sudah pernah coba Gudeg Sagan ini kalian bisa mencoba pilihan kedua saya yaitu Gudeg Song Djie Bu Atmo yang beralamat di Jalan Godean.

Gudeg Sagan
Jalan Prof. Dr. Herman Yohanes No. 53,
Yogyakarta.
Opening Hours : 9am - 12am (everyday)

  • SOTO KADIPIRO

Banyak daerah-daerah di Indonesia memiliki makanan yang satu ini, dan biasanya di setiap daerah memiliki ke-khas-an soto sendiri, begitu juga di Jogja mempunyai kuliner soto yang legendaris bernama Soto Kadipiro yang sudah ada sejak tahun 1928. Terlalu legendarisnya soto ini mempunyai tiruan yang memiliki nama yang hampir sama, awas jangan sampai salah mampir karena yang asli ini tidak memilki cabang dimanapun. Ayam yang mereka gunakan adalah ayam kampung, kuahnya pun juga dibuat menggunakan ayam kampung yang menjadikkannya gurih dan segar, kuahnya tidak pekat berwarna coklat kekuningan. Isian dari soto ini adalah nasi, suwiran ayam, kubis, dan perkedel. Kalian bisa minta tambah potongan ayam dan juga potongan tahu nacem sebagai lauk tambahan. 

Soto Kadipiro "Asli"
Jalan Wates No. 33
Yogyakarta.
Opening Hours : 8am - 2pm (everyday)


  • MANGUT LELE MBAH MARTO

Kuliner mblusuk yang terletak di dusun Nggeneng ini adalah salah satu kuliner yang wajib kalian coba. Yang membuat special disini mangut lele yang biasa digoreng, oleh Mbah Marto lele nya disini justu di asap. Yang asik lagi kalian bisa self service dengan masuk langsung ke dapur mereka yang masih mempertahankan tema dapur tempo dulu lalu makan di teras rumah dari Mbah Marto sendiri. Selain mangut lele ada menu lauk lainnya yaitu gudeg, sambel krecek, garang asem, oseng-oseng daun pepaya, opor ayam, dan tahu.

Mangut Lele Mbah Marto
Dusun Nggeneng, Sewon, Bantul (belakang ISI)
Yogyakarta.
Opening Hours : 10am - 4pm (everyday)


  • SATE KLATHAK PAK PONG

Bagi yang belom tau apa itu sate klathak, adalah daging kambing yang ditusuk menggukan besi panjang mirip jeruji sepeda dengan bumbu yang minim. Besi mirip jeruji sepeda tersebut digunakan untuk mengantarkan panas dari api agar lebih merata ke dalam daging. Klathak sendiri diambil dari bunyi percikan api ketika sate itu dibakar. Sekedar catatan apabila kalian hendak ke sini apabila sedang ramai bersiaplah untuk antri setidaknya 1-2 jam. Selain sate klathak Pak Pong, kalian juga bisa mencoba sate Klathak Pak Bari, sate klathak yang muncul dalam film AADC 2.

Sate Klathak Pak Pong
Jalan Sultan Agung No. 18, Jejeran II,
Wonokromo, Bantul, Yogyakarta.
Opening Hours : 9am - 11.30pm (everyday)


  • TEMPO GELATO

Dari yang awalnya hanya punya 1 gerai di Jalan Prawirotaman, sekarang Tempo Gelato punya 3 gerai dengan 2 lantai dan selalu penuh dengan penggemar gelato satu ini. Gelato satu ini sudah menjadi authentic dari Jogjakarta, selain harganya murah, enak, gelato satu ini juga punya rasa yang tidak bisa kalian temukan di gelato lain seperti rasa kemangi dan spicy chocolate.

Tempo Gelato
Jalan Kaliurang KM 5,2 No. 28
Yogyakarta.
Opening Hours : 10am - 11pm (everyday)


  • AYAM GORENG TOJOYO



Penjual ayam goreng yang tidak pernah sepi pembeli ini, selalu berhasil memikat pecinta kuliner baik dalam maupun luar kota. Menu wajib pesan disini selain ayam gorengnya adalah paru goreng nya yg super endez! Selain paru goreng juga ada jerohan lain baik sapi ataupun ayam, disini juga menyedikan sop ayam dan sop ayam tomat yang ga kalah enak nya.



Ayam Goreng Tojoyo 3

Jalan Urip Sumoharjo No. 133

Yogyakarta.

Opening Hours : 12pm - 10pm (everyday)


  • KOPI KLOTOK

Makan menu makanan Indonesia, dengan tema rumah joglo tempo dulu menjadikan Kopi Klotok salah satu destinasi wisata kuliner wajib kalau ke Jogja. Di musim liburan bersiaplah antri tidak hanya antri tempat duduk tetapi kalian wajib antri mengambil nasi dan sayur, antri telor goreng, dan antri pisang goreng. Menu wajib jika kesini adalah nasi megono, telor goreng crispy, dan pisang goreng nya. Dan lodeh mereka paling enak seantero Jogja!

Kopi Klotok
Jalan Kaliurang KM 16,
Pakem, Sleman, Yogyakarta.
Opening Hours : 7am - 10pm (everyday)



  • WARUNG BU AGENG



Selanjutnya bergenre masakan nusantara khususnya Jawa Tengah yang biasa disajikan untuk masakan rumahan. Terletak di kawasan turis yaitu di Jalan Tirtodipuran, beberapa pesohor negeri sampai pendiri Facebook pun pernah singgah ke tempat ini. Tempatnya pun berbentuk Joglo dan berarsitektur Jawa klasik membuat serasa berada di jaman dahulu. Menu andalan disini antara lain Nasi Campur Lele Njingkrung, Ayam Nylekit, Paru Ketumbar, dan lain sebagainya.

Warung Bu Ageng

Jalan Tirtodipuran No. 13,
Mantrijeron, Yogyakarta.
Opening Hours : 11am - 11pm (Monday Closed)



  • AYAM GEPREK BU MADE

Ayam Geprek sekarang seperti sudah menjadi kuliner iconic kota Jogja, sampai saat ini banyak di temui di kota lain mencoba menjual menu ayam geprek tetapi sejauh yang saya coba belom ada yang menandingi ayam geprek asli Jogja. Disini saya merekomendasikan Ayam Geprek Bu Made, walaupun beliau bukan pelopor ayam geprek tetapi sampai saat ini ayam gepreknya paling konsisten dibanding ayam geprek lainnya. Di sini ayam gepreknya dapat dipadukan kuah tongseng sebagai pendamping nasi, dan juga seperti ayam geprek pada umumnya kalian bisa bebas memilih berapa cabe sesuai selera.

Warung Tenda Biru Bu Made
Jalan Wulung, Jalan Demangan Baru No.26,
Yogyakarta.
Opening Hours : 8am - 8pm (everyday)


  • BAKMI JAWA PAK PELE


Ada banyak kuliner bakmi jawa yang ada di kota Jogja ini. Memang selain gudeg, bakmi jawa juga menjadi salah satu kuliner iconic Jogja. Di antara banyaknya bakmi jawa yang ada di Jogja, saya memilih Bakmi Jawa Pak Pele ini yang berlokasi di alun-alun utara sebagai best bakmi jawa di Jogja. Ada beberapa mie jawa yang terkenal juga di kota ini, tetapi kebanyakan dari mereka sudah melewati generasi keemasan sehingga rasanya mengalami degradasi sehingga tidak seenak dulu lagi. Favorite saya disini adalah bakmi godhog (rebus), kuahnya gurih dengan potongan ayam kampung yang empuk, mie nya pun bisa pilih antara mie putih (bihun) atau mie kuning.

Bakmi Jawa Pak Pele
Jalan Pojok Tengah Alun-Alun Utara,
Yogyakarta.
Opening Hours : 4pm - 11pm (everyday)

***

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe