GAGGAN - NO 4 WORLD'S 50 BEST RESTAURANT 2019

Saturday, June 29, 2019

Restaurant yang terletak di Bangkok, Thailand ini adalah restaurant yang paling membuat saya penasaran di antara daftar World's 50 Best Restaurants ataupun Asia's 50 Best Restaurants. Mengapa saya begitu penasaran dengan Gaggan?  Alasan yang pertama Gaggan di Asia selalu bertengger di posisi pertama selama empat tahun berturut-turut (2014-2018) sayang nya di tahun 2019 ini mereka turun peringkat ke posisi 2 dan digantikan Odette, dan di posisi dunia di tahun 2019 restaurant ini adalah satu-satunya yang berasal dari Asia yang berada di urutan 5 besar, dan unik nya lagi Gaggan ini style of foodnya adalah Indian Cuisine. Selain ada di list World's 50 Best Restaurants, Gaggan Restaurant ini juga mendapat 2 stars Michelin Guide Bangkok di tahun 2019.









Untuk makan di Gaggan kalian diharuskan reservasi terlebih dahulu seperti restaurant fine dining kebanyakan, reservasi bisa kalian lakukan lewat email ataupun call dan untuk detail email dan phone number saya sertakan di bagian akhir post ini. Gaggan hanya melayani dinner dengan 2 pilihan waktu yaitu di jam 5.30 pm dan 9.30pm, dan untuk harganya dibanderol ฿ 8000 ++ /person.
Aktor di balik nama besar Gaggan Restaurant adalah seorang chef bernama Gaggan Anand, yang juga beberapa tahun terakhir ini juga memiliki beberapa restaurant yang terkenal di Bangkok diantaranya Suhring, Gaa, Meatlicious, Mihara Tofuten, dan Wet Wine Bar. Bagi kalian yang ingin mencoba restaurant ini sebaiknya kalian bergegas karena di tahun 2020 (setelah 10 tahun melayani), Gaggan akan menutup restaurantnya dan akan membuka restaurant barunya di Fukuoka, Japan bersama chef Asia's 50 Best Restaurants lain yaotu chef Takeshi 'Goh' Fukuyama of La Maison de la Nature Goh.

Seperti yang saya sudah sebutkan di atas, style of food dari Gaggan Restaurant ini adalah progressive Indian cuisine yang disajikan secara menarik dengan menggunakan emoji untuk setiap menunya. Dan menu-menu kreasi Kolkata-born chef Anand membuat Indian cuisine berevolusi menjadi makanan yang dapat dinikmati banyak orang karena menu-menu yang tercipta terinfluence dari restaurant di seluruh dunia.
summer 🏺 pitcher

yogurt 💥 explosion
The classic yogurt explosion ini bisa dibilang new signature menu setelah Lick It Up yang akan kalian temukan setelah menu ini. Menu ini bisa dibilang seperti popping boba, tetapi dalam ukuran yang lebih besar dan akan kalian temukan Chaat Masala didalamnya.
lick ur 👅 way up
Menu Lick It Up ini adalah menu signature dari Gaggan Restaurant. Di menu ini kalian tidak diberi alat makan seperti menu lainnya, disini kalian diharuskan menjilat apa yang ada di atas plate tersebut, arahnya terserah bisa dari bawah, atas, kanan atau kiri. Berbeda arah jilatan berbeda pula rasa yang akan kalian dapatkan. Rasa curry India akan kalian dapatkan di menu ini.
chilli 🥚 nest

khandvi ❄️ snow

green peas 🌾  kachori

kolkata 🍪 jhalmuri cookie

aloo bonda 🥔 charcoal

Lima menu di atas, apabila digabungkan plate nya akan membentuk negara India yang juga merupakan tempat kelahiran chef Gaggan dan juga style of food dari restaurant ini. Hal ini cukup kreatif karna bisa mengisi waktu luang sembari menunggu menu selanjutnya.
brain 🧠 damage
Menu yang satu ini termasuk menu yang unik, tetapi dalam hal ini penyajiannya. Untuk memakan menu ini kalian diwajibkan ditutup matanya dengan penutup mata yang sudah dipersiapkan oleh mereka, dan kita di bantu untuk memakan menu yang disajikan di atas benda seperti foto saya di atas. Disini saya tidak menyertakan detail apa yang akan terjadi saat mereka menutup mata kita dengan tujuan agar waktu kalian mencoba kalian akan merasakan experience yang lebih, dan juga foto diatas hanya alat untuk menyajikan saja yang bisa saya foto karena waktu menu itu tersaji mata saya sudah tertutup sehingga tidak bisa mengambil foto.
fake 🍄 truffles

tomato ikura 🍅 sundae

foie gras 🌽 corn dog
assam tea 🍊 oranges  & eel

uni & onion 🤤 orgasm

sushi 🍣 tribute

tea 🌱 ceremony



prawn 🦐 balchao

idiyappam 🍜 vindaloo

a hater 💨 called it as a fart

king crab 🦀 death star


fish paturi 🔥 experience


pebbles in 🍈 water

mango 🥭 milkshake 

bon 🌳 sai

what's ur score 🕹 on pacman
Makan di Gaggan Restaurant ini adalah pengalaman yang menarik bagi saya, selain memenuhi rasa penasaran saya tentang restaurant yang punya segudang prestasi dan nama besar sang Chef Gaggan Anand, saya juga mendapat pembendaharaan lain tentang makanan India, karna kebetulan juga saya baru saja mengunjungi negara India sebulan lalu sebelum saya berkunjung ke Gaggan. Selain itu makanan india yang disajikan di sini kali ini berhasil mempertahankan rasa authentic India tetapi di sajikan dalam bentuk yang lebih modern, bahkan di beberapa menu di kolaborasikan dengan menu dari negara lain. Everything is perfect, dari uniknya menu yang dilambangkan dengan emoji, outstanding service,dan perfect waiting time antar menu. Hanya saja mungkin karena saya sehabis berkunjung ke India sehingga lidah saya familiar dengan rasa-rasa yang disajikan, atau bisa dibilang tidak terlalu impressed, dan juga saya waktu itu mendapat dinner time di paruh kedua sehingga waktu makan saya akan selesai pada 12.30pm (dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk makan disini) , agak terlalu malam bagi saya.

***

Gaggan

68/1 Soi Langsuan, Ploechit Road,
Lumpini, Bangkok, 10330.
+66 2 652 1700

Opening Hours : 5.30pm - 8.30pm ; 9.30pm - 12.30am (Sunday closed)

Gaggan Google Maps

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe