DEWAKAN - FIRST MALAYSIAN RESTAURANT ON ASIA'S 50 BEST RESTAURANTS

Wednesday, May 01, 2019

Pada waktu list Asia's 50 Best Restaurant 2019 keluar, saya melihat ada satu restaurant yang menarik perhatian saya. Nama restaurant itu adalah Dewakan dan waktu saya lihat lokasinya ternyata Dewakan ini terletak di negara Malaysia. Kenapa begitu special? Karena sebelumnya tidak ada satupun restaurant yang masuk ke dalam list Asia's 50 Best Restaurant yang berasal dari Malaysia, itu berarti Dewakan ini adalah restaurant pertama dari Malaysia yang masuk ke dalam jajaran tersebut, mereka menempati urutan 46, dan otomatis menjadi best restaurant in Malaysia 2019. Congratulations to Dewakan!




Karena kebetulan waktu itu saya ada rencana untuk pergi ke Malaysia maka sekalian saya jadwalkan untuk mencoba makan di restaurant ini. Restaurant ini berlokasi di dalam sebuah kampus yaitu KDU University College di daerah Shah Alam, sekitar 1 jam dari Kuala Lumpur.


Style of food dari Dewakan adalah Modern Malaysian food. Mereka mempunyai 2 pilihan menu yaitu Menu Kayangan (17 menu)  dan Menu Nusantara (9 menu). Menu Kayangan di harga RM370 dan menu Nusantara di harga RM300. Chef Darren Teoh menggunakan  semua ingredients berasal dari Malaysia. Perlu diketahui juga di menu Kayangan dan Nusantara tidak ada menu yang menggunakan daging sapi, entah apa alasannya.

choy sum nori

mushroom tartlet

baby corn

mango curry

yoghurt and roselle

prawns warmed in starfruit juice with herbs

savoury cake

banana heart & kerdas

goat tartare

roast eggplant with keluak & candlenut oil

slow cooked red snapper with a broth made from temu





black banana porridge

kid goat from boden farm with petai-so



tapai and pickled rose

sweet leaf sorbet & nam nam

temuan chocolate with jaggery ice cream
popsicles
Saya memilih menu Kayangan waktu itu, ada beberapa menu yang menurut saya unik seperti goat tartare yang mungkin biasanya menggunakan beef tetapi disini mereka menggunakan goat. Standout dishes mereka adalah prawn warmed with starfruit juice with herbs yang juga merupakan menu favorite saya, di menu itu mereka berhasil memadukan antara rasa gurih, manis, dan asam secara perfect sehingga menghasilkan rasa yang unik namun enak.
Overall saya impressed dengan semua menu yang disajikan di Dewakan ini, chef Darren Teoh berhasil menggunakan ingredients yang mungkin sudah pernah saya rasakan sebelumnya tetapi disini diolah dengan berbagai ingredients lain sehingga menghasilkan rasa dan pengalaman baru di mulut saya. Kekurangannya hanya waiting time yang terlalu lama, sehingga waktu itu saya sampai merasa bosan karena waktu itu dinner saya sekitar 3 jam.


***

DEWAKAN
Lower Ground Floor
KDU University College, Utropolis Glenmarie,
Jalan Kontraktor U1/14, Seksyen U1,
40150 Shah Alam, Selangor, Malaysia

For reservation :
+60355650767 or by website.

Opening hours : 6.30pm - 10pm (Sunday closed)

Dewakan Google Maps

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe