NASI AYAM BALI

Monday, October 08, 2018

Selain tujuan wisatanya yang beragam, Bali juga mempunyai berbagai jenis makanan khas Bali yang beragam juga, diantaranya yang akan saya bahas pada blog post saya kali ini yaitu Nasi Ayam Bali. Kuliner ini pun dapat dinikmati bagi kalian yang tidak dapat makan makanan yang mengandung babi dikarenakan makanan ini halal. Nasi ayam biasanya berisi nasi putih hangat dengan sayur urap, satay lilit, tum (sejenis pepes), telor, kacang, ayam (biasanya ayamnya ada 2 jenis yaitu ayam betutu, dan ayam goreng), dan kuah pendamping.
Ada beberapa nasi ayam yang saya coba di Bali, walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak tetapi tetap akan saya bahas, siapa tau bisa membantu kalian jika bingung memilih mau makan nasi ayam apa yang enak di Bali.

  • NASI AYAM KEDEWATAN IBU MANGKU
Saya jadikan yang pertama dikarenakan memang nasi ayam inilah juga yang pertama saya coba di Bali. Saat ini Bu Mangku sudah punya 3 cabang di Bali, dan pusatnya berada di Ubud.
Di nasi ayam kedewatan Bu Mangku ini hanya menjual satu macam menu yaitu nasi ayamnya dan mereka menyebutnya disini sebagai nasi campur. Entah karena saya hanya makan di cabangnya atau bagaimana saya tidak merasakan sesuatu yang special dari nasi ayam ini, mungkin lain kali saya harus mencoba di pusatnya yang berada di Ubud dan saya berharap akan berbeda dengan cabangnya yang di Seminyak ini.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku
Jalan Raya Kedewatan No. 18,
Ubud, Bali.

Opening Hours : 8am - 7pm (everyday)

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Google Maps


  • NASI AYAM IBU OKI
Mempunyai jumlah gerai yang sama dengan Ibu Mangku, nasi ayam Ibu Oki ini juga salah satu penjaja nasi ayam terkenal di Bali. Dimulai dari berjualan nasi ayam di pinggir jalan di depan mini market dekat dengan tempat nya berjualan sekarang, nasi ayam ini sekarang sudah mempunyai tempat yang proper dan tidak pernah sepi dari pembeli.
Bagian paling enak dari nasi ayam Ibu Oki ini adalah bagian ayam gorengnya, ayamnya empuk dan tasty! Jika kalian bukan penggemar pedas, pastikan pada saat memesan nasi ayam ini jangan lupa bilang kepada pelayannya agar diberikan bumbu yang tidak pedas, karena kuah pedasnya tergolong pedas.

Nasi Ayam Ibu Oki
Jalan Celagi Basur No. 3Y,
Jimbaran, Kuta Selatan, Bali.

Opening Hours : 7am -  6pm (everyday)

Nasi Ayam Ibu Oki Google Maps


  • WARUNG LIKU
Berbeda dengan 2 nasi ayam diatas yang hanya menjual 1 macam menu, di Warung Liku ini menjual menu selain nasi ayam yaitu ayam betutu baik yang ayam utuh ataupun yang pairing dengan nasi.
Nasi ayam milik Warung Liku ini enak, dari semua lauknya bisa dibilang perfect. Dari mulai ayam betutu, sayur urap, telor, bahkan sampai kacang nya pun kriuk-kriuk gurih. Sambalnya pun enak walaupun sambal mereka yang paling pedas diantara sambal dari nasi ayam lainnya.

Warung Liku
Jalan Nakula No. 19A,
Seminyak, Kuta, Bali.

Opening Hours : 9am - 3pm (everyday)

Warung Liku Nakula Google Maps


  • WARUNG MEN JUWEL
Ini dia nasi ayam terenak yang saya makan di Bali! Biasa disebut Nasi Ayam Men Juwel atau Mek Juwel ini terletak di Ubud, dan tempatnya agak sedikit susah dicari. Oleh karena itu kita diharuskan berjalan kaki kira-kira 10menit untuk sampai ke lokasi dari parkir mobil kita,(jika naik motor akan lebih enak karena bisa langsung sampai di depan warungnya). Warung Men Juwel katanya sudah ada sejak tahun 1980, warung nya sederhana seperti di rumah traditional Bali dengan memanfaatkan gazebo-gazebo di halaman rumahnya untuk tempat makan dengan banyak pepohonan.
Semua part dari nasi ayam Men Juwel ini perfect, dan sedikit berbeda dengan 3 nasi ayam di atas disini mereka memakai bakmi. Porsi nasinya memang dibentuk setengah lingkaran seperti di foto ya, sampai-sampai pertama dihidangkan saya kira saya salah memesan 1/2 porsi, sampai dan setelah saya coba saya langsung tambah 1 porsi lagi. ENAK BANGET! Harus cobain klo ke Ubud ya..

Warung Men Juwel
Desa Sayan, Ubud (sebaiknya memakai Google Maps),
Bali.

Opening Hours : 8am - 6pm (everyday)

Warung Men Juwel Google Maps

  • WARUNG NASI BALI MEN WETI
Warung makan yang sudah ada dari tahun 1970 ini berada di dekat Pantai Segara Ayu, ketenaran nasi ayam racikan Men Weti ini bahkan sampai-sampai bisa dibilang mengalahkan Pantai Segara Ayu.


Keistimewaan dari nasi ayam ini adalah mempunyai rasa pedas yang khas dan sambal nya menyengat, dan yang membuatnya lain dari yang lain adalah potongan kulit ayam yang gurih dan crispy. Nasi Ayam Men Weti ini tidak hanya terkenal di kalangan lokal tetapi juga di kalangan turis internasional. Sepiring nasi ayam disini harganya 20k.
Pastikan kalian makan yang di pusatnya ya. Karena pertama kali saya coba, saya mencobanya di cabang nya tetapi kemarin saya mencoba di pusatnya ternyata yang di pusatnya enak bgt, rasanya jauh beda dari yg saya makan pertama kali.


Warung Nasi Bali Men Weti
Jalan Segara Ayu,
Sanur, Bali.

Opening Hours : 7am - 12.30pm (everyday)

Warung Nasi Bali Men Weti Google Maps



  • WARUNG WARDANI
Sejatinya Warung Wardani ini tidak bisa disebut dengan nasi ayam tetapi nasi campur, dimana lauknya kita lebih bebas memilih tidak seperti nasi ayam seperti yang saya bahas di atas. Tetapi karena hampir mirip saya masukkan saja sekalian di blog post ini, maafkan kalau nyasar.
Saya memesan nasi campur biasa dimana isinya nasi hangat dengan lauk yang sudah cukup beragam seperti sate lilit, sate ayam, telor, sayur kacang panjang, suwiran ayam, udang goreng, dan juga sambal. Menurut informasi dari empunya warung lauk famous mereka adalah dendeng sapi nya, tetapi dikarenakan saat itu perut kenyang karena habis makan nasi ayam yang lain jadi saya urungkan untuk memesannya. Walaupun tanpa lauk andalan tetapi semua lauk yang ada di piring saya enak semua! Seporsi nasi campur seperti di foto dihargai 38k.

Warung Wardani
Jalan Yudistira No. 2,
Dangin Puri Kauh, Denpasar, Bali.

Opening Hours : 8am - 4pm (everyday)

Warung Wardani Google Maps

  • NASI BEJEG NY. DJELANTIK
Baru sempat cobain beberapa waktu yang lalu dan langsung jadi favorite! Bagi yang belum familiar dengan nasi bejeg, akan saya jelaskan sedikit. Nasi Bejeg itu nasi dengan bumbu khas yang dibungkus daun pisang yang lauknya biasanya terdiri dari ayam suwir, sayur, tempe manis, telor, kacang saur, kripik kulit ayam, kripik ikan asin, dan dua macam sambal.
Awalnya Nasi Bejeg Ny. Djelantik ini hanya dibuat bila ada pesanan tetapi karena peminatnya semakin banyak mereka memproduksinya setiap hari. Kalian bisa membeli menu nasi bejek ini melalui ojek online atau datang langsung ke tempat nya, tetapi untuk datang ke tempatnya untuk saat ini mereka hanya menyediakan kursi-kursi tanpa meja bagi yang dine in. Seporsi nasi bejek nya di hargai 25k dan kalian bisa memilih mau nasi merah atau nasi putih.

Nasi Bejek Ny. Djelantik
Jalan Pulau Natuna No. 9,
Dauh Puri Klod, Denpasar, Bali.
Opening Hours : 7am - 4pm (daily)

Nasi Bejeg Ny. Djelantik Google Maps

  • WARUNG ADI
Pilihan nasi ayam di daerah Sanur selain Men Weti, memang sih tidak seenak Men Weti tetapi nasi ayam (betutu) nya not bad. Letaknya pun tidak jauh satu dengan yang lainnya.

Yang menarik nasi ayam nya selain rasanya lumayan enak, isian nya komplit dari udang hingga ayam. Selain itu nasi ayam ini pernah disambangi Presiden Jokowi, namun entah itu menjadi nilai tambah atau tidak.

Warung Adi
Jalan Danau Buyan No. 15,
Sanur, Bali.
Opening Hours : 7am - 3.30pm (daily)

Warung Adi Google Maps

Update!!
Di update kali ini mungkin saya akan lebih melebarkan kategori nasi ayam nya, yang biasanya saya hanya memasukkan makanan Nasi dengan lauk utama yang berbahan dasar ayam tapi sekarang saya akan memasukkan makanan dengan lauk yang penting ada ayam nya. Kurang lebih kira-kira seperti itu lah ya.

  • WARUNG NASI MEN LOTRI
Termasuk salah satu kuliner legend di daerah Denpasar. Mereka sampai saat ini punya 2 tempat, pusat nya di Kesiman Petilan, dan cabang nya di daerah Dangin Puri. Walaupun sudah legend tapi seperti nya warung nasi ini tidak familiar di kalangan turis.


Kalian bisa memesan berdasarkan harga seperti di warteg poada umumnya, bisa varian 10rb sampai 25rb. Lauk nya pun bermacam-macam dan bumbu nya masih medok Bali banget dan juga bagi kalian yang tidak suka pedas seperti saya tetap bisa makan karena lauk yang pedas tidak terlalu pedas. Lauk favorite saya itu antara lain antara lain gorengan mie, abon babi (atau ayam entahlah), be genyol nya. Jika malas makan di tempat kalian bisa pake jasa ojol, wlpun mungkin lumayan mahal biaya pengantarannya.

Warung Nasi Men Lotri
Jalan Noja I No. 24-16,
Kesiman Petila, Denpasar, Bali.
Opening Hours : 4pm - 1am (daily).

Warung Nasi Men Lotri Google Maps

  • WARUNG NASI AYAM BU SRI
Another nasi ayam yang kurang populer di kalangan turis tapi sangat terkenal bagi warga lokal bali. Waktu mau makan di tempat ini, benar saja sudah dipadati warga yang ingin bungkus nasi ayam ini, hanya sedikit yang makan di tempat hanya sekitar 6 orang termasuk saya.



Seporsi nasi ayam seperti di foto di atas hanya dihargai 15k, bahkan kita bisa minta 10rb hanya saja porsi nya akan lebih sedikit. Seporsi nasi ayam Bu Sri ini berisi cukup banyak antra lain lawar kacang panjang, toge, telor bumbu Bali, potongan ikan bakar, tum ayam, tempe santan, telor krispy, sambal matah, sambal terasi,  kacang tanah, dan semangkuk kuah bening. Seharusnya ada juga sate lilit hanya saja waktu itu sudah habis. Lauk se banyak itu tidak ada satupun yang fail, sudah murah, enak, mau cari apa lagi?

Warung Nasi Ayam Bu Sri
Jalan Griya Anyar No. 104,
Pemogan, Denpasar, Bali.
Operation Hours : 7am-4pm (Sun Closed)

Warung Nasi Ayam Bu Sri Google Maps

  • WARUNG POJOK NANGKA
Sebenar nya warung ini hanya bernama Warung Pojok, tetapi di tambah kata Nangka karena terletak di Jalan Nangka, mungkin agar tidak tertukar dengan Warung Pojok yang lainnya. Nasi campur ini juga salah satu favorite warga lokal Bali, dan juga tidak familiar untuk kalangan turis baik lokal maupun international.

Nasi campur nya adalah yang terbaik sepanjang saya mencoba kuliner nasi campur dan nasi ayam sampai saya menulis blog post ini. Lauk nya semua enak, dan jika disini kalian wajib pake banget extra lauk kulit ayam nya. Uhh heaven!

Warung Pojok Nangka
Jalan Nangka No. 168,
Dangin Puri Kaja, Denpasar, Bali.
Opening Hours : 7am - 5pm (daily)

Warung Pojok Google Maps

  • WARUNG TEGES
Salah satu kuliner lejen yang bisa kalian coba kalau kalian pergi ke daerah Ubud. Warung Teges ini sudah ada sejak tahun 70-an, dan menu yang mereka tawarkan hanya nasi campur dengan 3 varian yaitu nasi campur ayam, nasi campur babi, dan nasi campur vegetarian.

Tempatnya walapun mungkin dari depan tidak terlalu besar namun mereka punya tempat lagi di belakang yang luas, jadi tidak perlu khawatir tidak dapat tempat duduk jika makan di sini. Saat itu saya memesan nasi campur komplit , agar dapat merasakan daging ayam dan babi nya. Isinya kurang lebih seperti suwiran ayam, potongan babi panggang, sosis babi, lawar sayur, telor pindang, kulit ayam dan sate lilit. Penampakannya kira-kira seperti foto saya di atas. Untuk rasanya ya enak namun tidak meninggalkan kesan bagi saya.

Warung Makan Teges
Jalan Cok Rai Pudak,
Peliatan, Ubud, Bali.
Opening Hours : 7.30am - 6pm (daily)

Warung Makan Teges Google Maps

  • WARUNG MAKAN PAK NACA


Entah Naca memang nama dari penjualnya atau kepanjangan Nasi Campur saya kurang tau, tetapi yang saya tau warung makan ini adalah salah satu tempat makan lejend di daerah Bangli, lokasi nya tidak jauh dari Babi Guling Pande Bangli (baca disini). Sepiring nasi campur punya dominan rasa gurih dan pedas, balance banget dengan olahan ayam yang bermacam-macam. Tidak hanya enak rasanya harganya pun super murah, dari mulai 5k sampai 15k kalian sudah bisa makan kenyang disini.

Warung Makan Pak Naca
Jalan Erlangga (di belakang Balai Banjar Gunaksa),
Bangli, Bali.
Opening Hours : 9am - habis

Tidak Ada di Google Maps.

***

You Might Also Like

1 comments

  1. Akupun salah satu penggemar Nasi Ayam Bali, yang belom aku cobin adalah Nasi Ayam Men Juwel sih, jadi penasaran... Satu lagi cobain nasi ayam Men Weti di Sanur itu uenak poll juga... ada kulit ayam kriuknya pula... *jadi pengen ke Bali* hahahahaa

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Subscribe