ASIA'S BEST BAR [UPDATE]

Monday, July 02, 2018

Tidak dapat dipungkiri selain coffee, minuman ber-alkohol atau liquor adalah jenis minuman yang juga sangat saya gemari. Oleh karena itu di culinary list saya apabila mengunjungi suatu negara pasti menyisipkan tujuan bar yang terkenal di negara tersebut. Di bar yang saya kunjungi saya pasti memesan cocktail kreasi mereka dan hampir tidak pernah memesan liquor per glass, ya tau sendiri lah ya kalau liquor per glass mana puas mending per bottle sekalian beli di airport waktu akan pulang ke Indonesia. lol
Disini saya akan coba sedikit share pengalaman saya mengunjungi bar-bar yang bisa dibilang terkenal di negaranya dengan harapan bisa membantu kalian jika memang ingin mengunjungi bar di negara yang ada di list saya nanti dan karena jumlahnya yang tidak terlalu banyak maka saya menjadikannya satu blog post. Ingat ya minum minuman beralkohol sah-sah aja tetapi tetap always drink with responsibility ya!
  • SKYBAR (MALAYSIA)
Diawali dari bar yang berasal dari negara tetangga terdekat kita terlebih dahulu yaitu Malaysia. Beberapa kali kunjungan ke Malaysia juga ada beberapa bar yang saya datangi, tapi disini saya hanya akan memasukkan beberapa bar saja yang saya anggap memang layak. Yang pertama ini bernama SkyBar, terletak di lantai 33 di Traders Hotel Kuala Lumpur.
Yang membuat special dari bar ini adalah bar ini mempunyai pool indoor di tengahnya, dan karena terletak di lantai yang lumayan tinggi dan lokasi Traders Hotel yang berdekatan dengan Twin Tower Petronas maka kita dapat melihat Twin Tower dengan jelas dan juga bisa berfoto dengan background Twin Tower.



SKYBAR
Traders Hotel Kuala Lumpur, Kuala Lumpur Convention Center,
Stall 7, Jalan Pinang, Kuala Lumpur, Malaysia

Opening Hours : 10am - 1pm (Sun to Thu), 10am - 3pm (Fri & Sat)

SkyBar Google Maps



  • PS150 (MALAYSIA)

Dinamakan PS150 dikarenakan terletak di jalan Petaling Street No. 150, China Town Kuala Lumpur. Cocktail bar yang terletak di bawah salah satu cafe terkenal di Kuala Lumpur yaitu Merchant's Lane dan bar satu ini saya katakan unik, selain tempatnya yang tidak terduga yaitu hanya memiliki pintu kecil yang mirip dengan stationery shop. Tempatnya didesain seperti cafe jaman dahulu, dan mempunyai tiga seating area.
Source from PS150 Website


Tidak hanya tempatnya berdesign jadul, tetapi cocktailnya pun mempunyai tema yang sama. Mengambil tema dengan cita rasa Asia Tenggara dan juga mengambil bahan dari negara-negara asalnya, cocktail list di PS150 juga dikelompokkan menjadi 5 sejarah district area yaitu vintage, prohibition, tiki, disco, dan contemporary. Untuk menu lengkap cockatil dari bar ini tersedia di web nya yang akan saya tulis di bawah.

PS150
GF, 150, Jalan Petaling, 
50000 Kuala Lumpur, Malaysia.

Opening Hours : 7pm - 1 am (Mon), 6pm - 2am (Tue - Sat), 4pm - 12am (Sun)


PS150 Google Maps



  • OMAKASE + APPRECIATE (MALAYSIA)

Bar yang satu ini pernah masuk 50 Asia's Best Bar tetapi di tahun 2017, menduduki urutan ke 41 dan merupakan satu-satunya best bar yang masuk list tersebut yang berasal dari Malaysia, tetapi di tahun 2018 mereka terlempar dari urutan tersebut. FYI, Asia's Best Bar adalah penghargaan bergengsi layaknya Asia's Best Restaurant yang sudah sering saya sebut-sebut di blog pos blog post saya sebelumnya tetapi disini hanya tentang bar.




Omakase + Appreciate juga memiliki entrance yang tergolong unik, tidak nampak seperti bar pada umum nya. Omakase dalam bahasa Jepang berarti I'll leave it to you, itu berarti disini pun mixologist yang di buatkan oleh award-winning mixologist yaitu Shawn Chong dan Karl Too akan membuatkan cocktail hanya untuk kita, mereka akan menanyakan kita tipe spirit apa yang kita suka dan taste yang sedang kita inginkan. Tempatnya walaupun kecil namun stylist and cozy, dan karena tempatnya tergolong kecil, tempat ini cocok untuk kalian yang datang berdua untuk intimate night out.




OMAKASE + APPRECIATE
Ampang Bangunan Ming Annexe, Jalan Ampang,
50100 Kuala Lumpur, Malaysia.



Opening Hours : 5pm - 1am (Tue - Fri), 9pm - 1am (Sat), Closed on Sunday and Monday.



Omakase + Appreciate Google Maps



  • PAHIT (MALAYSIA)
Bar yang satu ini speciallist di minuman Gin, apabila kalian penggemar Gin kalian harus menyempatkan datang ke bar yang satu ini. Dari gin-based cocktails sampai ke classic gin and tonics.








Pahit bar mempunyai tempat dengan design seperti tahun 1920an, terletak di antara Jalan Hang Jebat dan Jalan Pudu dekat dengan VCR coffee shop. Tempatnya ada indoor dan outdoor dengan kursi rotan di bagian outdoornya cocok untuk bersantai sepulang kerja. Tempat ini juga merupakan surga bagi pecinta gin kaya saya, karena disini tersedia gin from all over the world.



PAHIT
3, Jalan Shin Chew Kee, Bukit Bintang,
50150 Kuala Lumpur, Malaysia.

Opening Hours : 5pm - 1 am (Tue - Sunday, Mon Closed)

Pahit Google Maps



  • OPHELIA (HONG KONG)
Setelah dari Malaysia kita berpindah ke Hong Kong, ada 2 bar yang akan saya review di negara ini salah satunya ada lah Ophelia. Ophelia ini sudah pernah saya review sendiri di blog post saya beberapa waktu yang lalu, jika ingin melihatnya lebih lengkap silahkan klik disini.

OPHELIA
Shop No. 41A, 1/F The Avenue, 200 Queen's Rd E,,
Lee Tung St, Wan Chai, Hong Kong.

Opening Hours : 6pm - 2am (Mon - Thu), 6pm - 3am (Fri, Sat), Closed on Sunday.

Ophelia Google Maps



  • QUINARY (HONG KONG)
Nama Quinary diambil berdasarkan artinya sendiri secara harafiah yaitu 5 base, yang juga sesuai dengan philosophy nya yaitu Multisensory Mixology. Bar yang masuk ke dalam daftar Asia's 50 Best Bars 2017 berada di urutan ke 7 ini kembali masuk ke list yang sama di tahun 2018 tetapi mengalami penurunan ke No. 15, dan juga mereka ada di list World's 50 Best Bar 2017 urutan ke 40.
Di balik kesuksesan Quinary adalah seorang Antonio Lai yang pernah memenangkan Diageo World Classs 2015 Hong Kong & Macau. Quinary mempunyai menu signature yaitu Earl Grey Caviar Martini.
Earl Gray Caviar Martini


Marshmallow Duo



QUINARY
56-58 Hollywood Road Central,
Hong Kong.

Opening Hours : 5pm - 1am (Mon - Sat). Closed on Sunday


Quinary Google Maps



  • CHINA ROUGE (MACAU)
Bar selanjutnya berasal dari Macau, namanya China Rogue. China Rogue desainnya terinspirasi dari sultry salon di Shanghai sekitar tahun 1930, berdesain luxury dengan warna dominan merah, bar ini terasa sangat mewah.


Di China Rouge bisa dikategorikan nightclub karena mereka di beberapa kesempatan mengundang world-class singer and dancer. Mereka juga mempunyai menu makanan yang lumayan lengkap, dari mulai snack hingga makanan agak berat. Tempatnya yang cukup luas juga memungkinkan kita untuk datang dalam kelompok yang lumayan besar.



CHINA ROUGE
Galaxy Macau, Cotai,
Macau.

Opening Hours : 9pm - 2am (Sun, Tue - Thu), 9pm - 3am (Fri - Sat), Closed on Monday.

China Rouge Google Maps



  • ALICE CHEONGDAM (SOUTH KOREA)
Bar selanjutnya berasal dari Korea Selatan. Kalau dilihat namanya memang cukup unik, mengapa dinamakan seperti itu? Nanti juga kalian akan mengetahuinya. Terletak di distrik yang tersohor di Korea Selatan yaitu Gangnam mempunyai tempat yang tricky untuk ditemukan. Kalian hanya perlu menemukan rabbit signs, lalu kalian akan menuruni anak tangga dan menemukan pintu rahasia di bagian belakang flower shop yang tidak ada orang.




Tidak hanya di bagian depan mirip dengan scene yang berhubungan dengan Alice, interior di dalam bar nya pun banyak yang berhubungan dengan Alice, dan juga ada salah satu signature cocktail mereka yang bernama Think the Hippity Hoppity yang berisi Absout Elyx vodka, elderflower, and aloe vera di presentasikan menggunakan mug berbentuk kelinci. FYI Alice Cheongdam ini juga masuk ke dalam Asia's 50 Best Bar 2017 No. 15 dan di tahun 2018 melorot ke posisi 26.
Think the Hippity Hoppity






ALICE CHEONGDAM
Cheongdam-dong, Gangnam, Seoul,
84-20, Seoul, South Korea.

Opening Hours : 7pm - 3am

Alice Cheongdam Google Maps



  • HIGH FIVE (JAPAN)

Terletak di basement sebuah banguan in the heart of the Ginza district, bar ini membuat saya sedikit kesulitan menemukannya. High Five juga merupakan penghuni Asia's 50 Best Bar di tahun 2017 dan 2018, seperti bar-bar diatas yang sudah saya bahas lagi-lagi bar ini juga mengalami penurunan peringkat, High Five ada di posisi 3 di tahun 2017 dan di tahun 2018 ada di urutan 6, sangat disayangkan.




Hidetsugu Ueno yang adalah seorang legendary bartender yang juga merupakan aktor di balik High Five tau benar tentang Japanese Cocktail dan disini kalian dapat menemukan 200 lebih strong whisky list dan banyak diantaranya adalah whiskey asli Jepang, dimana kalian bisa menikmati cocktail with Japanese style with great service from waiters and bartender too.




HIGH FIVE

Efflore Ginza 5 Bldg, B1F 5-4-15 Ginza Chuo-Ward,
104-0061 Tokyo, Japan.

Opening Hours : 5pm - 11.30pm (Closed on Wed & Sun) 

High Five Google Maps


  • INDULGE EXPERIMENTAL BISTRO (TAIWAN)
Dari semua bar yang saya bahas di atas mungkin hanya Indulge yang ber-genre "bistro", tetapi karena disini saya tidak akan membahas banyak tentang makanan mereka karena pada saat saya mencobanya, saya tidak menemukan sesuatu yang special tentang makanan di sini.


Pada saat saya berkunjung kesana, waktu itu di tahun 2017 mereka masuk ke dalam Asia's 50 Best Bar 2017 di No. 5, dan tidak seperti bar-bar di atas Indulge ini di tahun ini mereka kembali masuk ke list Asia's 50 Best Bar 2018 naik lumayan drastis ke No. 2. Congratulations!
Di balik nama besar Indulge sang owner, Aki Wang yang mendapat julukan " The Cocktail Godfather" karena kepiawaiannya dalam meramu cocktail dan juga beliau adalah three-time world champion mixologist, sudah tidak diragukan lagi bukan cocktail racikan dari Indulge ini?









INDULGE EXPERIMENTAL BISTRO
No. 1, Lane 219, Section 1, Fuxing South Road,
Da'an District, Taipei, Taiwan 106.

Opening Hours : 6pm - 2am (Mon - Thu), 6pm - 3am (Fri, Sat)

Indulge Experimental Bistro Google Maps



  • MANHATTAN (SINGAPORE)
Safe the best for the last, mungkin kalimat itu yang cocok untuk menggambarkan Manhattan di blog post saya yang satu ini. Inilah dia Manhattan, urutan pertama Asia's 50 Best Bar dua tahun berturut-turut yaitu 2017 dan 2018. Di Singapore sebenarnya banyak sekali bar yang masuk ke dalam jajaran Asia's 50 Best Bar 2018, dan sepertinya mungkin manjadi negara dengan bar terbanyak yang masuk list tersebut, tetapi sayangnya saya baru mencoba satu bar dari semua bar yang masuk ke dalam list dari negara Singapore ini, tetapi pastinya saya akan mencobanya satu-persatu dan akan saya review di kemudian hari.










Bar yang berukuran cukup luas dengan interior mixing dark wood, marble, dan leather menjadikannya terlihat mewah. Philip Bischoff yang merupakan bar manager dari Manhattan membuat signature drink mereka, Manhattan menggunakan Michter's US1 Straight Rye whiskey, bagi penggemar whiskey pasti sudah tidak asing lagi dengan nama wihiskey satu ini. Mereka juga mempunyai menu signature lain yaituSolera-aged Negroni dan Mad Dog. Semua yang saya coba disana PERFECT! Dan service mereka excellent!
New York Sour (S$ 25) & The Manhattan (S$ 25)


MANHATTAN
Regent Hotel Singapore, 1 Cuscaden Road level 2,
249715 Singapore.

Opening Hours :
5pm - 1am (Mon - Thu, Sat), 5pm - 2am (Fri), 12pm -3pm ; 5pm - 1am (Sun)

Manhattan Cocktails Menu


Manhattan Google Maps


***

Sebelum saya tutup, ada beberapa yang hendak saya sampaikan dan saya akan coba memberikan tips bagi kalian yang mungkin muncul pertanyaan yang ada di benak kalian. yang pertama untuk masalah harga, cocktail di bar-bar yang telah saya bahas di atas berkisar antara IDR 150k - 200k, kecuali Alice Cheongdam di Korea dan Manhattan di Singapore yaitu sekitar IDR 250k. Lalu untuk datang ke bar-bar tersebut apakah perlu reservasi? Sebaiknya reservasi terlebih dahulu untuk menanggulangi tempat full dan kalian tidak dapat masuk, tetapi walaupun saya menganjurkan reservasi terlebih dahulu dari semua bar di atas semua saya lakukan dengan walk-in alias langsung datang tanpa reservasi hanya di Indulge saya walk-in ternyata hari itu sedang ada acara sehingga menggharuskan saya reservasi untuk hari berikutnya. Selanjutnya apa lagi ya? Kayanya itu aja deh. Nantikan ya Asia's Best Bar part 2 by foodandfeast.


[UPDATE]


Beberapa hari lalu The World's 50 Best Bars mengumumkan daftar bar yang masuk ke dalam list nya untuk tahun 2018, dan momentum itulah juga saya gunakan untuk melakukan beberapa update untuk blog post saya ini tentang Asia's Best Bar.

  • POTATO HEAD BEACH CLUB BALI
Ini kunjungan kali kedua saya ke tempat ini, sebetulnya saya berencana memasukkan tempat ini waktu pertama kali saya membuat blog post tentang best bar ini tetapi dikarenakan foto waktu 10 tahun yang lalu itu tidak ketemu maka rencana tersebut urung saya lakukan. Bar ini adalah baru satu-satunya yang berasal dari Bali tetapi bukan satu-satunya yang berasal dari Indonesia. Potato Head ini selain bar mereka juga mempunyai beach club dan juga restaurant.



Terletak di belakang hotel Katamama di kawasan Petitenget ini, Potato  Head Bali di tahun 2018 ini, Potato Head Bali kembali masuk  ke dalam TheWorld's Best Bar di urutan ke 100, yang sebelumnya mereka masuk sebagai new entry di urutan  99. Semoga tahun depan Potato Head Bali dapat mempertahankan posisinya ya atau bahkan naik peringkat.


POTATO HEAD BEACH CLUB BALI
Jalan Petitenget No. 51B
Kerobokan Kelod, Bali.

Opening Hours : 10am - 2am (everyday)

Potato Head Beach Club Bali Google Maps

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe