JAPAN RAMEN GUIDE

Tuesday, March 20, 2018

Seperti kita semua tahu, ramen adalah makanan khas dan berhubungan erat dengan negara Japan. Tidak hanya di Japan, sekarang ramen sudah dapat kita temui mungkin hampir di seluruh negara, mulai dari restaurant hingga bahkan kaki lima menjual mie khas Japan ini. Di post blog kali ini saya akan coba mengulas ramen yang saya coba di negara asalnya yaitu Japan.
  • IPPUDO (風堂)
Nama ramen yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita semua, dan mungkin banyak dari kalian malah sudah pernah mencoba ramen restaurant chain satu ini. Ippudo sudah mempunyai cabang di berbagai negara, salah satunya juga di Indonesia dan bukan hanya cabangnya banyak di berbagai negara, di Japan pun cabangnya juga berjibun, ada sekitar 65 branch di Japan.
Ramen yang mempunyai karakter mie yg tipis dan pork broth yang tidak terlalu kental dan oily, barangkali ada yang penasaran dengan rasa aslinya di negara asalnya kaya saya? Saya mencoba Ippudo Ramen ini di Japan karena kebetulan hanya beberapa langkah saja dengan hotel tempat saya menginap di daerah Ginza. Ippudo menurut saya cukup bisa menjaga konsistensi rasa di seluruh cabangnya baik di dalam ataupun luar negeri, rasanya sih sama kok 11-12.

Ippudo Ginza (風堂)

4-10-3 Ginza, Chuo Ward,
Tokyo.
Opening hours : Mon.-Thurs.: 11am - 2am, Fri./Sat./Day before a holiday: 11am - 3am, Sun./Holiday: 11am - 1am
Tel. : 03-3547-1010
Nearest Station: Ginza Station, exit A8 (1 minute walk from West Ginza Station Exit A8 on the Toei Asakusa Line)

Ippudo Ginza Google Maps



  • ICHIRAN RAMEN (蘭)


Yang satu ini hampir sama dengan ramen pertama yang saya bahas diatas, sama-sama tonkotsu ramen dan sama-sama mempunyai cabang yang banyak baik di Japan ataupun di luar Japan. Ichiran yang awalnya bernama Futaba Ramen pada tahun 1960an, yg awalnya berbentuk food stall. Ichiran juga merupakan tourist favorite apabila mengunjungi Japan, oleh karena itu walapun outletnya banyak tidak jarang kita jumpai kalau makan ke sini harus antri terlebih dahulu.
Dari segi ramennya, pork base tonkotsu soup milik Ichiran ini tidak terlalu kental tp milky dan gurih bertopping pork slice yang tipis tetapi empuk dan gurih. Jika kalian penyuka pedas dapat ditambah topping Ichiran original red papper sauce.
Cara memesan di sini memakai vending machine, tinggal pilih menu yang kita kehendaki setelah itu kita dipersilahkan duduk di ruangan panjang berisi bilik-bilik yang bisa dibilang di Indonesia seperti warnet, itu dimaksudkan agar kita lebih intim dengan makanan yang akan kita nikmati.


Ichiran (蘭) Harajuku
〒150-0001 東京都渋谷区 神宮前6丁目5−6 サンポウ綜合ビル2F
〒150-0001 2F, 6-5-6 Jingumae Sibuya-ku Tokyo-to
Opening Hours :10am - 10.45pm
Nearest Station : Meiji-Jingumae Station (1 minute walk from Tokyo Metro Fukutoshin Line and Chiyoda Line)

Ichiran Harajuku Google Maps


  • ABC RAMEN 


Nah ini dia, BEST RAMEN I had in Tokyo so far!! Sumpah ini enak nya kebagetan, sampe-sampe waktu itu mangkuk nya bersih aku jilatin, dan rasanya masih kebayang-bayang sampai sekarang (maaf berlebihan).
ABC ramen sudah eksis menjajakan ramen di Ginza sejak 1977. Signature bowl mereka adalah  the Mahjan Men, tonkotsu-based broth dengan tantanmen flavours dengan sesame dan chili paste didalamnya. Mie nya handmade dibuat langsung sebelum disajikan, oleh karena itu sudah pasti rasanya fresh, statisfying texture!
Kabarnya ABC Ramen ini saat jam makan antrinya bakalan horror bisa sampai 2 jam, nampun beruntung saya waktu itu datang di saat sudah akan tutup sehingga saya bisa langsung masuk dan dipersilahkan duduk, buat kalian yang ke Jepang pastikan cobain ini ramen, dijamin ga nyesel!!

ABC Ramen Ginza
3 Chome-5-5 Ginza, Chūō, Tokyo 104-0061, Japan
Opening Hours : 11.30am -12am
Telp : +81 3-3564-2709
Nearest Station : Ginza Station, Exit A9.

ABC Ramen Ginza Google Maps




  • MUTEKIYA RAMEN (麺創房無敵家)
Ramen yang satu ini adalah one of the best ramen di Tokyo, setelah ramen diatas yaitu ABC ramen. Apabila kalian ingin mencoba Mutekiya Ramen ini saya sarankan hindari kesini pada saat jam makan, walaupun tetap akan antri tetapi minimal tidak akan se-horror jika kalian datang waktu jam makan.
Most popular menu ramen disini adalah Mutekiya Ramen Nikutama, dengan kuah thick tonkotsu pork thighbone yang direbus selama 16 jam dan dengan topping flavoured softboiled egg, dan 3 sliced roast pork yang tender dan uwenak pokoknya. Kekuatan Mutekiya sebenarnya terletak di kuahnya yg flavourful membuat dimakan bersamaan dengan mie dan topping nya menjadi perfect!

Mutekiya Ramen 麺創房無敵家
1-17-1 Minami-Ikebukuro, Toshima-ku
東京都豊島区南池袋1-17-1
Tokyo, Japan.
Tel: + 03 3982 7656
Nearest Station : Ikebukuro Station East Exit
Opening hours : 10.30am - 4am

Mutekiya Ramen Google Maps



  • AFURI RAMEN (阿夫利)
Afuri Ramen berbeda dengan ramen yang sudah saya bahas diatas, kenapa? Karena Afuri Ramen tidak menggunakan kuah tonkotsu melainkan menggunakan ligher chicken based stock dengan citrus yuzu di dalam kuah kaldunya, berpadu gurih dan segar di dalam mulut.
Di Afuri mereka mempunyai 2 menu pilihan broth yaitu salt based Shio dan soya based Shoyu, yg penting kalian harus mencobanya dengan Yuzu! Ramennya selalu disajikan dengan potongan grilled pork BBQ over charcoal, half seasoned ajitama egg, seaweed dan mizuna leaves.
Dan kabarnya air yang digunakan untuk proses pembuatan ramennya menggunakan air dari mata air Mount Afuri, walapun saya tidak tau apakah berpengaruh terhadap rasa ramennya atau tidak. lol

Afuri Ramen (阿夫利)
B1 Roppongi Hills North Tower,
6-10-1 Roppongi, Minato-ku,
Tokyo.
Opening hours : 11am -11pm
Nearest Station : Roppongi Station

Afuri Ramen Google Maps



  • TSUTA ()
Tsuta punya 3 jenis kuah kaldu yaitu Shoyu (soy-based sauce), Shio (salt-based sauce), dan Miso. Tetapi signature disini adalah yang Shoyu Soba, dengan truffle oil blended. Dan Tsuta ini adalah satu-satunya ramen shop yang mendapat Michelin Star, one star pada tahun 2015 dan mempunyai cabang di Singapore yang pernah saya bahas di post blog sebelumnya. Lebih lanjut tentang Tsuta bisa di lihat disini.

Tsuta (蔦)
1-14-1 Sugamo, Toshima-ku, Tokyo.
Tel : +81 31-3943-1007
Opening hours : 11am - 4pm, 6pm - 9pm (closed on Wednesday)
Nearest Station : Sugamo Station

Tsuta Google Maps



  • KYUSU JANGARA RAMEN (九州じゃんがら)

Ramen yang berlokasi di dekat Meiji Shrine ini adalah salah satu ramen yang favorite  penduduk lokal Japan, terbukti saat saya makan disana hanya penduduk lokal yang saya temui. Sekilas style ramen ini mirip dengan Ichiran, yang membedakan tekstur dari mie nya, mie nya panjang dan tipis.
Menu signature dari Kyusu Jangara adalah Kyusu Jangara A yang isinya marinated pork, seasoned cod roe, dan flavored boiled egg. Yang saya suka dari ramen ini hanyalah mie nya saja, ramen ini enak, tp bukan one of the best bagi saya.


Kyushu Jangara (九州じゃんがら)
Jingumae 1-13-21, 1F & 2F, Shibuya 150-0001,
Tokyo Prefecture
(Harajuku Station, Meiji Jingu-mae Station Exit 3)
Opening hours: 10.45am - 12am (Mon - Fri), 10am - 12am (Sat and Sun)
Nearest Station : Harajuku Station, Meiji Jingu-mae Station Exit 3.

Kyusu Jangara Google Maps




  • HACHIDAIME KEISUKE FUGU RAMEN (ふぐだし潮 八代目けいすけ)




Ramen yang satu ini sengaja saya taruh di urutan paling bawah bukan karena paling tidak enak atau bagaimana, tetapi ramen ini adalah ramen yang paling unik diantara semua ramen diatas. Ramen ini terletak di lantai B2F Tokyu Plaza Ginza, dan adalah ramen fugu pertama di Japan bahkan di dunia. Yak, seperti kita tau fugu bukanlah jenis ikan sembarangan, apabila di dalam pengolahannya tidak benar bisa menyebabkan kematian bagi siapa yang memakan olahan dari ikan ini, oleh karena itu dibutuhkan chef yang berpengalaman bahkan bersertifikat untuk mengolah ikan Fugu ini. Tidak heran juga makanan dengan olahan ikan Fugu akan berharga sedikit lebih mahal.
Ramen ini diorder juga dengan menggunakan Mesin, jenis dan topping yang kita kehendaki tinggal memasukan uang dan pencet apa yang kita inginkan. Menu popular disini sesuai yang waitress sarankan adalah yang berjenis Shio, dan saya memilih paket lengkap maka kita akan mendapatkan seperti di foto ke-2 diatas. Fugu broth nya tidak kental namun asin, rich in umami, tidak amis sama sekali karena mereka juga menggunakan extra yuzu untuk menghilangkan rasa amis dari ikan Fugu. Topping dari ramen fugu ini juga ada slice of fugu sashimi di dalamnya, ada bamboo shot, napa cabbage, dan flavored egg. Owh iya klo kesini jangan lupa order fried fugu nya ya, rasanya asin dan gurih.

Hachidaime Keisuka Fugu Ramen (ふぐだし潮 八代目けいすけ)
Tokyu Plaza Ginza
Floor B2F lot 9
東京都中央区銀座5-2-1
Tokyo, Chuo-ku, Ginza 5-2-1
Opening hours : 11am - 11pm
Neares Station : Ginza Station, exit C2.

Hachidaime Keisuke Ramen Google Maps





Sebenarnya masih ada list ramen shop yang ingin saya kunjungi di Japan, tapi sayangnya masih belom sempat untuk saya kunjungi. Lain waktu saya ke Jepang lagi pasti akan saya coba dan akan saya update lagi blog post ini, so stay tune ya untuk updatean berikutnya.
Thank You.

***

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe