JAPAN COFFEE SHOP

Sunday, March 25, 2018

Coffee shop adalah salah satu tempat yang menjadi destinasi wajib bagi saya dalam mengunjungi suatu daerah atau negara, apalagi di negara Jepang ini yang coffee nya terkenal enak. Seperti post blog sebelum-sebelumnya kali ini saya akan sedikit mengulas beberapa coffee shop yang saya kunjungi di Jepang beberapa waktu lalu. 


  • THE ROASTERY BY NOZY COFFEE

Jika kalian sedang berada di daerah Shibuya, kalian bisa sekalian mampir ke tempat ini. Coffee shop ini mempunyai speciality di single originnya, tetapi karena saat itu saya sedang ingin coffee yang ada campuran susunya saya memesan hot flat white dan ice cappuccino. Mereka mempunyai koleksi bean dari berbagai negara dan coffee shop ini salah satu top rate espresso di kota Tokyo.


Selain menikmati coffee di tempat, The Roastery ini juga menjual berbagai macam bean yg bisa kalian bawa pulang, dan mereka juga menjual soft serve yang ga kalah enak dengan coffee nya, ada softserve dengan rasa original dan rasa espresso.



The Roastery by Nozy Coffee

5-17-13, Jingumae, Shibuya-ku,

Tokyo, Japan.

Opening hours : 10am - 10pm

Nearest station : Meiji-jingumae (Harajuku) Station.



The Roastery by Nozy Coffee Google Maps



  • ONIBUS COFFEE

Coffee shop ini mungkin sudah tidak asing lagi, saya pun sering melihat foto coffee shop ini di sosial media, entah dibuat iklan atau orang yang berkunjung ke sini lalu foto di tempat ini. Coffee shop yang satu ini terkesan kecil dan minimalis, tetapi walaupun begitu mereka mempunyai lantai 2 untuk kalian yang ingin menikmati coffee di tempat. Onibus ini juga salah satu specialty coffee roasters di Tokyo.


Original location dari Onibus ini adalah di daerah Okusawa, lalu mereka buka cabang di daerah Nakameguro ini. Namun saya memilih untuk datang kesini karena store yg Nakameguro ini lebih mengundang perhatian saya karena traditional Japan element nya terlihat jelas.

Onibus Coffee Nakameguro
Meguro-ku, Kamimeguro 2-14-1,
Tokyo, Japan.
Opening hours : 9am - 6pm
Nearest Station : Nakameguro Station.

Onibus Coffee Nakameguro Google Maps



  • SHOZO COFFEE STORE
Coffee shop yang letak  nya persis di sebelah Blue Bottle Coffee Aoyama ini mungkin satu-satunya yang coffee nya tidak mengena di hati, alias saya tidak suka. Terus kenapa saya masukkan di list Japan coffee shop ini? Jawabannya karena tempatnya uber cute, minimalis tp bergaya Japan banget, cocok untuk bagi kalian yang mau OOTD.

Shozo Coffee Store
港区Minamiaoyama, 3丁目13,Tokyo, Japan.
Opening hours : 9.30am - 6pm (Mon - Fri), 11.30am - 6pm (Sat, Sun)
Nearest Station : Omote-sando Station (exit A4)

Shozo Coffee Store Google Maps




  • BLUE BOTTLE COFFEE

Sudah pasti tidak asing lagi dengan logo coffee shop satu ini, yak Blue Bottle Coffee adalah salah satu coffee shop yang sangat femez di Japan walaupun aslinya bukan berasal dari Japan tetapi berasal dari Oakland, California. Coffee mereka adalah salah satu favorite saya di Japan, dan mungkin favorite kalian juga?

Di Jepang sendiri ada sekitar 7 cabang dari Blue Bottle ini, di sini kalian juga dapat membeli bean untuk di bawa pulang dan beberapa merchandise yang bergambar botol biru yang sudah terbukti kualitasnya.

Blue Bottle Coffee Aoyama
3-13-14 Minamiaoyama, Minato-ku,
青山カフェ, 〒107-0062 東京都港区南青山 3-13-14

Opening hours : 8am - 7pm
Nearest Station : Omote-sando Station (exit A4)

Blue Bottle Coffee Aoyama Google Maps




  • THE AIRSTREAM GARDEN COFFEE


Saya pertama kali tahu tempat ini dari post dari account instagram yang menjual perlengkapan coffee, dan ternyta itu adalah sebuah coffee shop yang ada di Tokyo. Coffee shop ini cukup unik, terbuat dari mobil van yang di buat sedemikian rupa sehingga dipergunakan sebagai coffee shop.




Selain coffee (jangan berharap lebih ya untuk coffee-nya) mereka juga mempunyai menu lunch box, pie, dessert, dan minuman lain selain coffee. Jika kalian sedang strolling di daerah Omote-sando tidak ada salahnya mampir ke tempat ini.

The Airstream Garden Coffee

4-13-8, Jingumae, Shibuya-ku,
Tokyo, Japan.
Opening hours : 11am - 6pm
Nearest Station : Omote-sando Station (3-min walk from exit A2)

The Airstream Garden Coffee Google Maps



  • FUGLEN COFFEE
Tidak jauh dari Yoyogi Park, Fuglen sudah ada dari tahun 2012, Fuglen aslinya berasal dari Oslo, Norway adalah campuran antara coffee shop, bar, dan vintage boutique. Selain coffee dan tea, mereka juga menjual beberapa furniture.
Cafe yang merupakan perpaduan dari Scandinavia dan Japan ini tidak hanya terlihat dari interior nya, tetapi juga di menu mereka yang menjual Japanese dan Norwegian beers, dan juga cocktails nya. Walaupun saya juga penggemar minuman beralkohol tetapi konsen saya tetap di menu coffee nya, dan mereka juga mempunyai good coffee.

Fuglen Coffee

1-16-11, Tomigaya, Shibuya-ku,
Tokyo, Japan.
Opening hours : 8am - 10pm (Mon, Tue), 8am - 12am (Wed), 8am - 1am (Thu), 8am - 2am (Fri), 9am - 2pm (Sat), 9am - 12am (Sun).
Nearest Station : Yoyogi-Koen Station.

Fuglen Coffee Google Maps




  • LITTLE NAP COFFEE STAND
Dari namanya sudah dapat ditebak, adanya kata "stand" sudah menggambarkan coffee shop ini tidak lah besar dan tempat duduk yang disediakannya pun tidak terlalu banyak. Tetapi walaupun di dalam tidak terlalu besar tetapi tempatnya cozy dan juga di depannya disediakan kursi-kursi kecil untuk kalian yang ingin menikmati udara segar Tokyo sambil menikmati coffee buatan mereka.
Terletak berseberangan dengan Yoyogi Park dan tidak jauh dari Fuglen Tokyo, coffee shop yang sudah berdiri sejak tahun 2011 ini mempunyai coffee yang enak, dari single origin sampai espresso base.

Little Nap Coffee Stand

5 - 65 - 4 Yoyogi, Shibuya-ku
Tokyo, Japan.
Opening hours : 9am - 7pm (Mon Closed)
Nearest Station : Yoyogi - Hachiman Station

Little Nap Coffee Stand Google Maps




  • KOFFEE MAMEYA
Setelah Omotesando Koffee mengumumkan untuk tutup di tahun 2015 lalu, penggemar Omotesando Koffee banyak yang kecewa. Eiichi Kunimoto selaku owner memutuskan untuk mengembalikan kejayaan Omotesando Koffee dengan konsep yang lain yaitu Koffee Mameya. Di buka pada 27 Januari 2017 di tempat yang sama dengan Omotesando Koffee tetapi dengan bangunan yang baru, Koffee Mameya menawarkan konsep lain, yaitu bean specialist shop.


Bean yang mereka jual beragam, dari bean asli Japan ataupun dari luar Japan, bahkan bean dari Indonesia pun mereka ada. Selain memang coffee shop ini fokus di bean store tetapi kalian bisa juga memesan single origin yang langsung dibuatkan oleh masternya. Kita pertama-tama akan di tanya ingin coffee dengan karakteristik seperti apa, yang asam kan tau yang maniskah, ingin note seperti apakah, dan lain sebagainya sehingga barista dapat menentukan bean yang cocok untuk kita bean yang apa.

Koffee Mameya

4 - 15 - 3 Jingumae, Shibuya-ku
Tokyo, Japan.
Opening hours : 10am - 6pm
Nearest Station : Omote-sando Station (exit A2)

Koffee Mameya Google Maps

 



  • CAFÉ KITSUNÉ

Selain di Paris, brand music record label dan fashion label ini juga mempunyai cafe di Tokyo. Walaupun berlabel cafe tetapi Cafe Kitsune ini mempunyai speciality di menu coffee nya yaitu Matcha Latte yang enak.


Cafe yang tidak jauh dari Blue Bottle Coffee Aoyama ini mempunyai ruangan indoor dan outdoor yang kental berbau Japan, yang menarik perhatian saya adalah bagian outdoor nya dengan dinding dari bambu-bambu yang mengelilingi tempat duduk simpel dari kayu.



Café Kitsuné

3 Chome - 17 - 1, Minamiaoyama,

Tokyo, Japan.

Opening hours : 9am - 7pm

Nearest Station : Omote-sando Station (exit A4)



Café Kitsuné Google Maps



  • GRANKNOT COFFEE
Setelah membahas coffee shop Tokyo di atas, akhirnya sampai juga di Osaka. Dan coffee shop pertama yang saya bahas adalah Granknot Coffee. Coffee shop yang berada di daerah Yotsubashi (Nishi Ohashi) ini punya nama bagi penggemar coffee di kota Osaka.


Begitu masuk ke coffee shop ini, bau kopi langsung menyengat membuat saya tidak sabar untuk mencicipi coffee buatan mereka. Coffee mereka mempunyai rasa sedikit bitter, enak!

Granknot Coffee

1 - 23 -4, Kitahorie, Nishi-ku Osaka-shi,
Osaka, Japan.
Opening hours : 9am - 6pm (Mon to Fri), 11am - 6pm (Sat, Sun), Thu Close.
Nearest Station : Nishi-Ohashi Station.

Granknot Coffee Google Maps




  • MEL COFFEE ROASTERS

Coffee shop kedua di Osaka adalah Mel Coffee Roaster, dan ini adalah coffee shop terkecil dari smua coffee shop yang saya kunjungi di Japan. Mel Coffee Roaster bahkan bisa dibilang tidak mempunyai tempat untuk minum di tempat, hanya ada kursi panjang di depan store nya.
Walaupun mempunyai tempat yang tidak besar, tetapi coffee mereka adalah salah satu yang terbaik di Osaka, itu terbukti dari banyaknya pembeli silih berganti mampir ke coffee shop ini untuk take away.

Mel Coffee Roasters

1 chome - 20 - 4, Shinmachi, Nishi Ward,
Osaka, Japan.
Opening hours : 9am - 7pm (Tue to Fri), 11am - 7pm (Sat, Sun), Closed on Monday.
Nearest Station : Nishi-Ohasi Station.

Mel Coffee Roasters Google Maps




  • LILO COFFEE ROASTERS
Open dari tahun 2014, Lilo Coffee Roasters adalah salah satu coffee shop lokal yang muncul ke dunia per-kopi-an di Osaka. Dengan mesin roasting kecil, mereka meroasting sendiri coffee-coffee dari berbagai belahan dunia. Coffee shop yang kira-kira hanya dapat menampung tidak lebih dari 10 orang ini terlihat "ramai" dengan berbagai macam pernak pernih yang menghiasi setiap sudut coffee shop ini.

Setiap coffee yang di sajikan mereka akan memberikan semacam catatan yang bisa dibilang mirip dengan kartu nama yang isinya menjelaskan kopi apa yang akan kita nikmati dan juga tasting notes nya. Saat itu saya memesan flat white salah satunya, dan flat white mereka damn good!

Lilo Coffee Roasters

1 Chome - 1 - 10 - 28, Nishishinsaibashi, Chuo,
Osaka, Japan.
Opening hours : 11am - 11pm
Nearest Stations : Shinsaibashi Station.

Lilo Coffee Roasters Google Maps






  • STREAMER COFFEE COMPANY
Coffee shop ini aslinya ada di Shibuya, Tokyo sejak tahun 2010. Berhubung waktu itu sehabis dari Lilo Coffee Roasters saya tidak sengaja melewati coffee shop ini jadi saya mampir sekalian. Owner coffee shop ini bernama Hiroshi Sawada yang merupakan latte artist yang cukup terkenal di dunia per-coffee-an di Japan. Mereka mempunyai 3 menu coffee andalan yaitu Streamer Latte, Revolver Latte (6 shots espresso), dan Military Latte (Green Tea x White Chocolate x Espresso).

Streamer Coffee Company

1 Chome - 10 - 19, Nishishinsaibashi, Chuo,
Osaka, Japan.
Opening hours : 8am - 10pm
Nearest Station : Shinsaibashi Station.

Streamer Coffee Company Google Maps




  • VERMILLION ESPRESSO BAR
Akhirnya sampai juga di kota Kyoto, tidak banyak coffee shop yang saya kunjungi di Kyoto ini hanya ada sekitar 3 coffee shop salah satunya yang pertama ini bernama Vermillion. Vermillion terletak di depan Fushimi Inari Taisha, top rated tourist attraction in Kyoto.
Di Vermillion ini saya order Matcha Latte Hot dan Cappuccino Hot. Coffee mereka rich dan fruity, dan bagi kalian penggemar matcha harus coba matcha latte mereka meiliki rasa pahit yang mellow dan aftertaste yang sedikit manis, kedua minuman ini enak!

Vermillion Espresso Bar


85 Fukakusa Inarionmaecho, Fushimi Ward,
Kyoto, Japan.伏見区深草稲荷御前町85. 京都
Opening hours : 10am - 5.30pm
Nearest Station : Inari Station

Vermillion Espresso Bar Google Maps

 

  • % ARABICA
% Arabica atau biasa di sebut Arabica Kyoto ini adalah coffee shop yang sangat terkenal karena bukan hanya karena mereka memiliki great coffee tetapi juga karena salah satu baristanya yaitu Junichi Yamaguchi pernah menjuarai latte art world barista championship beberapa tahun yang lalu.








% Arabica ini juga menjadi no. 1 coffee favorite saya selama di Japan so far. Kabarnya % Arabica ini punya coffee farm sendiri di Hawaii. Coffee shop nya yang saya datangi ini berada di daerah Higashiyama dekat dengan Kiyomizu-dera ini bergaya minimalis namun cozy, dengan logo khas Arabica yang berbentuk simbol % ini, kita pun dapat melihat dari proses meroasting hingga para barista menyiapkan coffee kita hingga siap ke tangan kita. Mereka pun menjual berbagai macam merchandise dan coffee bean roastingan mereka sendiri disini. % Arabica sendiri punya 3 cabang di Kyoto dan beberapa di luar Japan.

% Arabica Higashiyama

87-5 Hoshino-cho, Higashiyama-ku 
Kyoto, 605-0853 Japan.
Opening hours : 8am - 6pm
Nearest Station : Higashiyama Station.

% Arabica Higashiyama Google Maps




  • STARBUCKS COFFEE KYOTO NINENZAKA YASAKA CHAYA BRANCH
Lho kok Starbucks?! Tenang, ini cuma bonus aja kok, ternyata di Jepang ada salah satu cabang Starbucks yang lain dari pada cabang yang lain. Ya disini di Starbucks Ninenzaka ini adalah the world's first Starbucks with Tatami. Di dalamnya sangat kental dengan nuansa Jepang, karena rumah yang dipakai pun masih rumah Jepang traditional jaman dulu. Penasaran kaya apa? Langsung aja yukz!
















Starbucks Ninenzaka

Japan, 〒605-0826 Kyoto Prefecture, Kyoto, Higashiyama Ward, 
高台寺南門通下河原東入桝屋町349番地
Opening hours : 8am - 8pm
Nearest Station : Higashiyama Station.

Starbucks Ninenzaka Google Maps




Yak kira-kira seperti itulah coffee shop yang berhasil saya kunjungi waktu saya ke Jepang kemarin, pastinya masih banyak coffee shop lain yang punya coffee yang enak di Jepang yang saya belom sempat kunjungi. Dan pastinya besok waktu ke Jepang lagi saya akan berburu coffee shop lain dan akan saya buat Japan Coffee Shop part 2, nantikan yaa!

***

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe