SEGO ABANG PARI GOGO

Wednesday, March 29, 2017

Ada yang pernah denger ga kalau ada kuliner yang terkenal di daerah Wonosari, Gunung Kidul? Bagi yang tau atau bahkan sudah pernah mungkin tidak asing lagi dengan nama Sego Abang Pari Gogo, atau yang biasa disebut Sego Abang Mbah Jirak. Tempat nya bisa dibilang cukup jauh, yaitu sekitar 1,5jam dari pusat kota Yogyakarta, atau mungkin dengan kondisi seperti sekarang ini bisa ditempuh dalam waktu 2 jam kalau musim liburan. Karena letak nya yang dekat dengan Goa Pindul dan Gunung Api Nglanggeran bisa banget tu buat mampir ke obyek wisata itu, ataupun yang tujuan utamanya ke objek wisata itu lalu mampir ke rumah makan ini. Konon rumah makan ini banyak dari pejabat dan orang penting yang pernah mencicipi kelezatan dari sajian rumah makan ini seperti Bapak Presiden RI saat ini Bpk. Joko Widodo, Ibu Megawati, hingga Sri Sultan Hamengkubuwono X pun sering berkunjung ke rumah makan ini.
Rumah makan ini seperti 2 rumah dijadikan satu, tempat nya sederhana hanya terdiri dari meja kursi dan ada tikar bagi yang lebih suka makan dengan lesehan. Dibagian depan rumah makan ini ada banyak camilan seperti kerupuk, kacang, dan tidak terlewatan camilan khas gunung kidul yaitu belalang / walang bacem yang digoreng dengan berbagai rasa gurih, pedas, dan original. Bagi yang belom pernah mencoba belalang ini dan yakin sanggup memakannya wajib coba, rasanya sih cm kaya udang goreng kok, tp FYI bagi kalian yang punya alergi disarankan jangan mencobanya soalnya belalang ini proteinnya sangat tinggi jadi bisa memicu alergi.















Sego Abang Pari Gogo ini metode nya seperti rumah makan padang, begitu datang kita bisa langsung memilih tempat duduk lalu kita langsung ditanyai untuk makan berapa orang, lalu nasi merah beserta berbagai macam lauknya langsung datang ke meja kita layaknya rumah makan padang..
Saya langsung mencicipi satu demi satu semua lauknya, dan surprisingly enak semua! Tetapi dari semua lauknya yang paling BOOM sih empal dan sayur lombok ijo nya!

Nasi Merah

Sayur Daun Singkong

Sayur Trancam

Iso Bacem Goreng

Wader Goreng

Ayam Kampung Goreng Bumbu Kuning
Empal nya itu lho dimasak dengan bumbu bacem dan empuk banget, gurih dengan rasa bacem yang tidak terlalu manis.
Untuk sayur lombok ijo untuk ukuran saya yang bukan pencinta makanan pedas cukup kerasa pedas nya, dengan kuah santan yang sayur lombok ijo ini gurih, dan ada potongan tempe di dalamnya.
Empal Bacem Goreng



Sayur Lombok Ijo

Untuk porsi ber-3 dengan lauk lengkap seperti diatas total yang saya bayarkan 180k. Makanan yang mereka tawakan memang hanya itu, tetapi nasi merah dan lauknya itu sudah cukup puas dan mengenyangkan perut, tidak hanya kenyang tetapi juga enak banget makanannya, walaupun perjalanan nya hampir 2 jam tetapi makan disini worth it banget! Kalau kalian belom pernah coba, dan ada kegiatan di sekitaran Wonosari harus pake banget mampir ke rumah makan ini.



----------------------------------------------


Sego Abang Pari Gogo
Jalan Semanu RT 06 / RW 32
(barat Jembatan Jirak)
Wonosari, Semanu,
Gunung Kidul, Yogyakarta.
Opening hours : 6am - 4pm

Sego Abang Pari Gogo Google Maps


You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe