PEKING DUCK WAR

Sunday, December 01, 2019

Tidak lengkap rasanya apabila mengunjungi China, khususnya kota Beijing tanpa mencoba signature dish yang sudah tidak asing lagi di telinga kita yaitu Peking Duck. Makanan satu ini aslinya memang berasal dari Beijing dan sudah ada sejak imperial era. Daging dari bebek peking ini biasa disajikan dengan dipotong tipis-tipis. Biasanya disajikan dengan daun bawang, mentimun, dan sweet bean sauce, lalu digulung dengan kulit pangsit. Dan biasanya sang chef memotong bebeknya langsung di hadapan kita sebelum disajikan, skill dari chef dalam memotong ternyata memiliki peran penting dalam rasa peking duck, karena dalam memotong daging bebek peking harus balance antara lemak, kulit, dan daging nya.
Di beberapa tempat masih menggunakan cara traditional dalam memakan bebek peking. Pertama-tama mereka akan menyajikan kulitnya saja untuk dimakan menggunakan gula pasir sebelum kita memakan daging nya.
Di Beijing ada beberapa restaurant terkenal yang mempunyai speciality dish berupa bebek peking dan saya mencoba beberapa restaurant tersebut, mari kita bahas satu-persatu. Sebelum mulai pembahasannya saya memohon maaf apabila foto yang saya tampilkan tidak lengkap dan terkesan seadanya karena pada hari ke 3 di Beijing saya tidak sengaja menghapus file backup foto saya dari hari pertama, untung sudah sempat ambil beberapa file foto peking ducknya, harap maklum.
  • LI QUN (利群烤鸭店)
Restaurant bebek peking pertama yang saya coba di Beijing. Selain yang pertama restaurant ini juga satu-satunya yang tidak mempunyai cabang lain dan tempatnya pun paling sederhana dibanding restaurant lain yang saya coba.
🎞 : Biru Ceria 250; devscan by soupnfilm
Seperti kebanyakan restaurant peking duck di Beijing, di Liqun pun kalian diharuskan memesan 1 ekor (utuh) bebek. Seekor bebek peking disini dihargai ¥190.

Tipe daging bebek disini cenderung kering dan tidak terlalu berminyak, berbeda dari restaurant bebek peking lainnya yang saya coba disini bagian tulang yang masih menempel sedikit daging nya mereka olah lagi dengan dimasak goreng kering dan di bumbui salt pepper yang ENAK BANGET, rasanya gurih dan asin bikin ga bisa berhenti makan, sampai-sampai walaupun waktu itu kami dalam keadaan kenyang tetapi tetap saja habis tidak bersisa. Menu duck bone salt pepper ini bisa kalian beli terpisah walaupun kita tidak memesan menu bebek peking mereka. Sebenarnya tempat makan mereka proper dan bersih, tetapi karena waktu itu saya makan waktu udara sedang dingin dan mungkin ruangan mereka tidak terlalu hangat, daging bebek yang dihidangkan jadi cepat dingin sehingga mengurangi kenikmatannya. Selain duck bone salt papper, yang mencuri perhatian saya dari LiQun adalah plum sauce nya yang enak.

LiQun Roast Duck Restaurant

No. 11 Beixiangfeng, Zhengyi Rd (northeast of Qianmen)
Qianmendong St, Beijing.
东城区前门东大街正义路南口北翔凤胡同11号


Opening Hours : 11am - 10pm

LiQun Baidu Maps

  • DA DONG (北京大董烤鸭店)
Beda dengan restaurant sebelum nya, peking duck specialist restaurant kali ini mempunyai banyak cabang. Cabang nya tidak hanya ada di Beijing, tetapi di luar Beijing seperti Shanghai pun ada. Sederet penghargaan juga diperoleh diantaranya 2 branch nya di Shanghai, dan 2 di Beijing masing-masing mendapat One Michelin Star.
Tipe peking duck disini adalah yang paling kering dan tidak greasy sama sekali, dan disini pun mereka mempunyai 2 pilihan bebek peking yaitu yang berukuran kecil dan yang berukuran besar dengan harga yang sama yaitu ¥298. Menurut mereka bebek yang kecil daging nya lebih gurih dan enak sehingga saya memutuskan untuk memesan bebek yang kecil.
Bisa dilihat dari foto yang saya cantumkan di atas,warna kulit dari bebek peking Da Dong ini lebih dark di antara yang lain, dan terlihat sangat bersih dari lemak. ketika dipotong chef akan memisahkan lemak dari kulit dan daging bebeknya terlebih dahulu. Da Dong ini juga adalah penemu cooking methods modern dalam mengolah peking duck dengan menggunakan spherical wood fired oven karena biasanya traditional method menggunakan square oven. Oleh karena itu, peking duck milik Da Dong digadang-gadang lebih sehat karena lebih tidak oily, dengan tidak mengesampingkan rasa enak yang tercipta saat memakan bebek pekingnya.

Da Dong Roast Duck Restaurant

5/F, Jinbao hui Shopping Center, 88 Jinbao Jie,
Dongcheng District, Beijing.
东城区金宝街88号金宝汇购物中心5楼(近府饭店)

Opening Hours : 10am - 10pm


Da Dong Baidu Maps



  • QUANJUDE (全聚德)
Restaurant ini bisa di bilang spot turis, dan bagi saya sedikit overrated. Tidak hanya punya 8 cabang di Beijing, Quanjude ini sudah ada sejak tahun 1864 ini juga punya cabang di luar China, walaupun sangat terkenal tetapi Quanjude ini bukan roast duck restaurant tertua di China.
🎞 : Pro Image 100; devscan by soupnfilm
Pemilik Quanjude pertama membayar chef dari palace yang sudah pensiun untuk mendapatkan imperial recipe. Store pertama mereka berlokasi di Yangrou Hutong, Qianmen yang saat itu adalah area tersibuk di Beijing.

Menu mereka di buat cukup unik, di susun menyerupai bunga yang mereka namakan Peony Roast Duck yang harganya ¥298. Bebek peking disini kalau dilihat ukurannya adalah yang paling besar, karena waktu disajikan pun sampai 4 piring. Tetapi roast duck mereka too greasy dan sangat berlemak. Terlihat juga dari foto penampakan bebek mereka too oily sehingga baru makan dalam jumlah yang sedikit langsung enek rasanya. Sejatinya rasa roast duck mereka enak walaupun too greasy waktu memakannya.

Quanjude
Bldg 14, Qianmen Xidajie, Xuanwu District,
Beijing.
宣武区前门西街14号楼

Opening Hours : 11am - 2pm; 4.30pm - 8.30pm.


  • BIANYIFANG
Ini dia granddaddy dari segala roast duck yang ada di Beijing. Selain menjadi the oldest Peking duck di Beijing, mereka juga merupakan the oldest restaurant in Beijing. Gimana engga mereka sudah ada sejak 1416, uda berapa ratus tahun tu coba kalian hitung!
Saat ini Bianyifang mempunyai kurang lebih 7 cabang di Beijing. Bagi orang lokal China sendiri Bianyifang tetap merupakan kingpin nya roast duck, sampai-sampai karena begitu terkenalnya ada beberapa restaurant yang mengaku-ngaku sebagai Bianyifang dengan menggunakan nama yang mirip.

Roast duck mereka bertipe harmpir mirip dengan Quanjude, oily tetapi masih dalam batas wajar. Sehingga saya pun masih enjoy dalam menikmatinya. Mereka mengolah bebeknya dengan cara teknik memasak closed oven yaitu memanggang bebeknya dalam oven tertutup, hal ini memerlukan teknik tersendiri karna jika dipanggang dalam closed oven temperaturenya harus pas, sebelum dipanggang mereka memasukan kaldu dan flavour ke dalam bebeknya. Dikabarkan mereka juga mematenkan teknik infused flavour mereka dalam mengolah roast duck ini, oleh karena itu tidak heran jika bebek yang dihasilkan sangat enak. 

Bianyifang
4/F Guorui Da Sha (Glory Plaza),
Chongwen District, Beijing.

崇文区崇外大街国大厦4楼

Opening Hours : 11.30 am - 2 pm ; 5.30 am - 9pm.

Bianyifang Baidu Maps

Masing-masing roast duck pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau diminta memberikan peringkat, favorite saya adalah Bianyifang diikuti Da Dong, lalu LiQun dan yang terakhir Quanjude. Mengapa demikian? sebenarnya Bianyifang dan Da Dong tidak bisa di bandingkan, karena walaupun mereka sama-sama mengolah roast duck tetapi roast duck mereka memiliki karakteristik yang berbeda, yang satu berjenis healthy dan satunya oily tetapi saya masih enjoy dalam memakannya. Jadi juga tergantung selera kalian lebih prefer yang mana. Untuk LiQun saya sangat sangat merekomendasikan Duck Bone Salt Pepper mereka, keterlaluan dah enak nya. Untuk Quanjude apa ya? Enak aja tetapi too greasy.

***

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe