STEAK OTSUKA KYOTO (おおつか)

Sunday, February 04, 2018

Kali ini saya akan membahas sebuah restaurant yang bisa dikategorikan steak house, karena memang mereka hanya menjual menu dan spesialisai di bidang steak. Steak house ini bernama Setak Otsuka, letak nya satu daerah dengan Arashiyama Bamboo Forest, dan Steak Otsuka ini saya kategorikan menjadi salah satu tempat yang WAJIB kalian kunjungi setiap pergi ke daerah Arashiyama ini, terutama bagi kalian penggemar steak!
Sebelum saya membahas lebih lanjut tentang Steak Otsuka, karena pada saat itu cuaca Kyoto yang dingin dan bikin saya mager, menyebabkan saya tidak memiliki foto tempat dari Steak Otsuka. Sebagai gantinya saya akan mendeskripsikn melalui tulisan saya bagaimana tempat dan keadaan disana pada waktu itu.
Hampir seluruh tempat yang terkenal dan enak di Jepang mengharuskan kita untuk antri sebelum dapat menikmati sajian mereka termasuk juga Steak Otsuka ini. Steak Otsuka ini mempunyai jam buka yang tergolong sangat singkat, yaitu hanya 3,5 jam per harinya itupun kalau stock mereka habis untuk hari itu mereka tutup lebih awal. Waktu pertama datang ke tempat ini saya datang pada jam 2pm dan ternyata saya sudah tidak bisa ikut antri lagi karena waktu itu sudah memenuhi kuota mereka hari itu, karena penasaran saya datang lagi keesokan harinya. Keesokan harinya saya datang jam setengah 12, dan ternyta sudah penuh sesak dengan orang mengantri. Langsung tanpa basa basi saya ikut mengantri dengan cara menuliskan nama kita di secarik kertas yang tersedia di depan pintu masuk. Enaknya antri disini kita diberikan kursi dengan jumlah yang lumayan banyak jadi kita tidak perlu mengantri berdiri. Jeda waktu sampai saya dipanggil masuk adalah 2,5 jam dengan 30 orang mengantri di depan kita. Owh iya kalau kalian antri sebaiknya jangan ditinggal-tinggal ya soalnya kalau mereka memanggil nama kalian 2x dan tidak ada respon kalian akan dinyatakan gugur dan diwajibkan antri dari urutan paling akhir.
Short Plate Beef Set (¥ 1,700)

Murasawa Sirloin Steak 150g  (¥ 6,200)
Spesialis disini memang daging wagyu nya, tetapi ada menu yang lebih special lagi Steak Otsuka ini dan mungkin jenis daging sapi ini juga tidak mudah dijumpai di Jepang, yaitu Murasawa Beef. Murasawa Beef ini termasuk legendary beef yang asli berasal dari Jepang, awalnya nama Murasawa diberikan sama dengan nama pemilik sapi ini, dan beliau hanya mengirimkan 80 sapi saja per tahun untuk dijual. Sapi Murasawa ini juga masuk di kategori A5, yang sudah kita tau bahwa grade daging di lvl ini merupakan yang tertinggi dari segi marbling dan juga firmness.
Begitu gigitan pertama Murasawa Sirloin Steak ini benar-benar membuat saya terkejut (agak lebay sih, tapi memang begitu yang saya alami saat itu), daging nya super lembut, juicy, dan mereka mengolah nya dengan perfect! Tidak puas hanya dengan 1 porsi, saya memesannya 1 porsi lagi. Setelah makan Murasawa Beef ini membuat saya otomatis membandingkan degan kobe beef yang saya makan sebelum nya dan menjadikan Kobe Beef tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Murasawa Beef ini, beef terenak yang saya makan sampai saat ini!!


 ***

OTSUKA (おおつか)
20-10, Sagatenryuji Setogawacho, Ukyo-ku Kyoto-shi, Kyoto
Phone : 075-864-7989
Opening Hours : 11:00 AM - 2:30 PM (Closed on Thu & Sun)
Nearest Station : JR Saga-Arashiyama Station
Otsuka (おおつか) Google Maps

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe