KOPI MENOREH PAK ROHMAT

Friday, November 18, 2016

Di sebelah barat Yogyakarta, ada suatu kedai kopi yang mepunyai kopi andalan yaitu robusta dan kopi lanang khas perbukitan Menoreh. Memang sih tempat nya cukup sulit untuk sampai kesana, tapi bagi pecinta kopi sejati kalian wajib coba. Kopi yang dihasilkan di kedai ini adalah hasil dari kebun Bapak Rohmat sendiri yang berjarak 10 menit dari kedai kopi nya ditempuh dengan berjalan kaki.



















Pertama saya datang saya langsung disambut oleh Bpk Rohmat nya sendiri, beliau merekomendasi kan sendiri kopi apa yang menjadi andalannya. Beliau menjelaskan kalau di tempat beliau kopi robusta nya lebih baik dibanding dibanding kopi arabikanya dikarenakan kebun tanamnya terletak kurang tinggi. Di kedai kopi ini selain menjual berbagai macam kopi, mereka juga menjual makanan berat dan camilan khas seperti geblek, kacang, mendoan. Bagi yang belom tau apa itu geblek, geblek adalah camilan khas Kulon Progo yang terbuat dari tepung tapioka direbus, diuleni lalu digoreng sebelum disajikan. 



Kopi yang dihasilkan juga di roasting sendiri oleh Bpk Rohmat dengan mesin yang sangat sederhana, saat kita memasuki area warung kopi ini pasti akan langsung terlihat karena terletak di dpn teras rumah beliau.




Kopi di kedai ini di brew dengan cara yang tradisional juga, yaitu dgan hanya di rebus dengan air panas atau lebih dikenal dengan nama turkish brew. Saya memesan beberapa kopi untuk saya coba, diantaranya kopi lanang dan kopi luwak original. Bagi yang belom tau apa itu kopi lanang yang sering disebut Peaberry Coffee, biasanya kopi berbiji  2 (dikotil) sedangkan kopi jenis ini hanya berbiji satu, kopi lanang ini tergolong istimewa karena jumlahnya yang sangat jarang dan tidak bisa direkayasa. Kopi lanang ini mempunyai citarasa yang lebih tinggi, aromanya lebih wangi dan rasanya lebih full..





Kopi berikut nya yang saya pesan adalah kopi luwak, kopi yang mendapat predikat kopi termahal di dunia ini juga bisa dipesan disni. Owh iya kalau memesan kopi di warung ini bisa sekaligus paket dengan camilan komplit.







Paket 4 (Nasi + Rica-Rica Entok 25k)
Nasi + Sayur Lompong + Ayam Kampung Goreng (26k)




Selain menyajikan kopi yang diseduhkan di tempat, kita juga dapat membeli kopi olahan Pak Rohmat dalam kemasan dan dapat di bw pulang apabila ingin diseduh sendiri di rumah atau untuk oleh-oleh.





KOPI MENOREH PAK ROHMAT
Madigondo RT. 26/10, Sidoharjo, Samigaluh
Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.
(+62) 878-4319-6105

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe