GOA MARIA SENDANGSONO

Wednesday, October 12, 2016


Makin banyak bermunculan tempat wisata yang ada di Jogja ini, ada suatu tempat dimana mungkin kebanyaakan orang sudah tau karena tempat ini bukanlah tempat wisata baru. Nama tempat ini adalah Goa Maria Sendangsono, tempatnya ada di Desa Banjaroyo Kecamatan Kalibawang Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.
Tempat wisata rohani yang satu ini bukan cuma tempat wisata biasa, tetapi kalian jg bisa sekaligus berdoa. Bagi umat Katholik kalian bisa berwisata dan sekaligus mencari ketenangan dan memanjatkan doa di tempat ini.















Tempat ini dinamai berdasarkan letaknya, disana terdapat mata air (sendang) di bawah pohon sono,  di tempat sekitar tahun 1904 Pastor Van Lith membaptis beberapa warga Kalibawang, dan mulai saat itulah tempat ini menjadi tempat ziarah bagi umat Katholik, tempat ini skg dijuluki Lourdes-nya Indonesia atau disebut Goa Maria Lourdes Sendangsono.










 

Di area ini jg ada komplek makam lingkungan Semagung, diantaranya ada makam Barnabas Sarikromo yang merupakan sahabat baik Pastor Van Lith dan merupakan salah satu warga yang dibaptis disana pada tahun 1904, Beliau juga salah satu warga penggerak komunitas Katholik Sendangsono.















Patung Bunda Maria didatangkan langsung dari Spanyol








 Selain berdoa, para pengunjung biasanya mengambil air dari sumber mata air disini, karena mereka percaya bahwa air tersebut dapat menyembuhkan penyakit.
















Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama saya, pertama saya memasuki wilayah Goa Maria Sendangsono ini saya amazed karena memang tempat nya sangat bagus sekali, saya sendiri tidak mengira tempat nya sangat hening, nyaman, dan bagus dari segi penataan nya dan keberisihan komplek nya.
Bagi yang belom pernah kesini, tempat ini sangat cocok dijadikan tujuan wisata rohani tetapi tetap tujuan yang utama untuk berdoa ya baru setelah itu bonus nya bisa foto-foto di tempat ini karena tempat nya yg bagus banget, dan satu lagi selalu jaga kebersihan ya supaya tempat ini tetap indah.



GOA MARIA SENDANGSONO 
Desa Banjaroyo
Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo
Daerah Istimewa Yogyakarta

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Subscribe